-->

iklan banner

Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor Dan Mobil

Cara Cek Plat Nomor Motor – Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermotor, baik itu motor ataupun mobil. Cara ceknya juga sangat gampang, alasannya yakni sudah dapat dilakukan secara online melalui aplikasi ataupun website resmi yang disediakan masing-masing daerah. Dengan mengecek plat nomor yang kita miliki, maka nantinya akan muncul berapa pajak motor yang harus dibayar.


Informasi yang kami sampaikan kali ini masih bekerjasama dengan isu sebelumnya mengenai “Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor“. Hanya saja kami akan memberikan isu lebih lengkap mengenai cara cek plat nomor secara online di masing-masing daerah, sehingga akan mempermudah pengunjung otomotifo.com dalam mengentahui besaran pajak motor serta dendanya apabila mengalami ketelatan.




Manfaat dari cek plat nomor tak hanya untuk mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan, namun juga melihat isu kendaraan bermotor, ibarat merek kendaraan, tipe kendaraan, warna, mesin, samsat terdaftar, hingga masa simpulan STNK. Selain itu, kita juga dapat membayar pajak motor secara online, ibarat yang kami sampaikan pada artikel berikut “Cara Bayar Pajak Motor Online“.


Setiap kawasan mempunyai layanan cek plat nomor online berbeda-beda. Namun sayangnya belum semua kawasan mendukung layanan tersebut. Kami yakin kedepannya semua kawasan akan menyediakan layanan serupa demi memudahkan warganya untuk mengecek plat nomor sekaligus membayar pajak kendaraan bermotor. Nah untuk mengetahui mana saja kawasan yang sudah mempunyai layanan cek plat nomor online, silahkan simak dibawah ini.


Cara Cek Plat Nomor Online Terbaru 2019


1. Jawa Tengah


 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan MobilCara cek plat nomor online untuk wilayah Jawa Tengah dapat memakai aplikasi berjulukan “SAKPOLE e-SAMSAT JATENG“. Aplikasi tersebut dapat did0wnl0ad secara gratis di Play Store dan merupakan aplikasi resmi yang dibentuk oleh Bapenda Provinsi Jawa Tengah. Semua plat nomor di Wilayah Jawa Tengah, ibarat Magelang, Solo, Cilacap, Purwokerto, dll dapat dicek melalui aplikasi Sakpole.


Bisa dikatakan aplikasi ini merupakan aplikasi cek plat nomor online terbaik, alasannya yakni praktis dipakai dan mempunyai user interface sangat bagus. Terlebih fiturnya sangat lengkap, di antaranya yakni sebagai berikut



  1. Informasi Pajak Kendaraan Bermotor

  2. Informasi Status (Blokir) Kendaraan Bermotor

  3. Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor

  4. Pencarian Lokasi Kantor Samsat, Lokasi ATM, Lokasi Kantor Jasa Raharja, Lokasi Kantor Polisi, Lokasi RS/Klinik/Dokter


Perlu diingat, bahwa aplikasi Sakpole hanya dapat menampilkan isu plat nomor untuk wilayah Jawa Tengah. Masbro juga dapat menggunakanya untuk membayar pajak kendaraan bermotor secara online. Kemudian untuk pembayarannya dilakukan melalui ATM ataupun Internet Banking. Setelah itu tinggal melaksanakan pengukuhan STNK di Samsat tanpa perlu mengantri.


Yah, membayar pajak kendaraa online akan mempermudah proses birokasi, sehingga kita tidak perlu mengantri berlama-lama. Namun untuk pembayaran pajak 5 tahunan harus dilakukan secara pribadi di Kantor Samsat, alasannya yakni harus melewati cek fisik kendaraan bermotor untuk melihat nomor rangka dan nomor mesin kendaraan.




2. Jawa Timur


 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan MobilSelanjutnya cara cek plat nomor online untuk wilayah Jawa Timur dapat memakai aplikasi E-Smart Samsat Jatim yang dapat did0wnl0ad di Play Store. Aplikasi tersebut akan menampilkan isu pajak motor sesuai plat nomor yang masbro masukan. Kita juga dapat melihat besaran pajak untuk pengukuhan STNK 1 Tahun dan 5 Tahun. Lalu ada pula isu untuk mengecek bea balik nama kendaraan serta pajak mutasi.


Yah, isu yang ditampilan aplikasi E-Smart Samsat Jatim memang sangat lengkap. Aplikasi tersebut dapat menjadi alternatif selain website esamsat.jatimprov.go.id yang sering kali sulit di jalan masuk saat mengecek plat nomor kendaraan bermotor. Namun sayangnya aplikasi cek plat nomor motor tersebut belum dilengkapi fitur untuk membayar pajak kendaraan secara online.





 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil




Price: To be announced



3. Jawa Barat



Sambara merupakan kependekan dari Samsat Mobil Jawa Barat. Aplikasi tersebut dapat dipakai untuk membayar pajak kendaraan wilayah Jawa Barat sekaligus mengecek besaran pajak sesuai plat nomor kendaraan yang diinputkan. Bagi yang berdomisili di wilayah Jawa Barat, ibarat Pangandaran, Bandung, Sukabumi, Ciamis, dll, maka kami sarankan untuk menginstal aplikasi Android tersebut.


Tak hanya itu, Samsat Mobile Jawa Barat juga dapat dipakai untuk melihat update status kepemilikan kendaraan bermotor. Namun sebelum itu, wajib pajak harus terlebih dahulu melaporkan kendaraannya yang telah dijual semoga nantinya dapat mendapat update mengenai kepemilikan kendaraan bermotor, apakah sudah di balik nama atau belum.





 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil




Price: To be announced



4. Jakarta


 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan MobilBagi yang tinggal di wilayah Jakarat dan ingin isu pajak kendaraan bermotor yang dimiliki dapat mencoba aplikasi “Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta”. Untuk memakai aplikasi tersebut, masbro harus terlebih dahulu login dengan akun Google. Kemudian masukan nomor polisi kendaraan dan nomor induk kependudukan (NIK). Setelah itu akan muncul isu mengenai plat nomor kendaraan yang kita masukan, ibarat tipe, tahun produksi, nilai jual, jumlah pajak pendaraan, hingga denda pajak yang harus dibayarkan.





 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil




Price: To be announced



5. Yogyakarta


 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan MobilSelanjutnya untuk wilayah Provisni Daerah spesial Yogyakarta dapat mengecek plat nomor motor ataupun kendaraan beroda empat melalui website http://infonjkbdiy.com. Masbro tinggal memasukan nomor kendaraan yang ingin dicek, kemudian klik sumbit dan secara otomatis akan muncul isu mengenai nilai jual kendaraan, besaran pajak kendaraan bermotor serta tanggal jatuh temponya.


Bagi yang lebih menentukan memakai aplikasi, maka dapat mencoba aplikasi berjulukan Pajak Kendaraan Yogyakarta. Sayangnya aplikasi ini bukan aplikasi resmi dari Pemerintah Daerah Yogja, jadi jangan harap dapat membayar pajak kendaraan bermotor memakai aplikasi tersebut. Meskipun begitu, masbro tetap dapat menggunakannya untuk melihat pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan.




6. Aceh


 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan MobilTak ingin kalah dari Provinsi lainnya, Ditlantas Polda Aceh meluncurkan aplikasi berjulukan Peluit. Nah yang menarik dari aplikasi cek plat nomor online ini mempunyai fitur E-Samsat dan E-SIM. Selain itu, tersedia pula formulir pengaduan secara online dan tombol kecelakaan yang nantinya dapat dipakai untuk meminta pinjaman dari Polisi terdekat apabila terjadi kecelakaan. Bagi yang hobi touring dan membutuhkan pengawalan juga dapat memakai aplikasi cek plat nomor online ini untuk meminta layanan PJR dari Ditlantas Polda Aceh.





 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil




Price: To be announced



7. Riau


 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan MobilE-Samsat KEPRI dapat menjadi solusi bagi pemilik motor atau kendaraan beroda empat di Kepulauan Riau untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Cara memakai aplikasi Android tersebut sangat mudah. Masbro cukup memasukan plat nomor kendaraan, kemudian akan muncul isu mengenai detail nomor polisi serta pajak kendaraan bermotor. Selain itu, tersedia pula sajian untuk melihat harga pasaran kendaraan beroda empat bekas yang diubahsuaikan dengan merek serta tahun produksinya.





 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil




Price: Free



8. Sulawesi Utara


 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan MobilAplikasi cek plat nomor motor ini tergolong simple. Pasalnya aplikasi yang dibentuk Bapenda Provinsi Sulawesi Utara ini hanya sebatas untuk mengecek PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) beserta isu kendaraan. Itu artinya, masbro tidak dapat membayar pajak kendaraan memakai aplikasi tersebut. Andai saja fitur yang disediakan lebih lengkap, tentu akan sangat membantu masyarakat Sulawesi Utara untuk membayar pajak kendaraan yang merek miliki.





 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil




Price: To be announced



9. Nusa Tenggara Barat


 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan MobilBanyak orang malas tiba ke kantor Samsat untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Mengerti akan hal itu, Samsat Nusa Tenggara Barat meluncurkan aplikasi berjulukan Samsat Delivery. Nah yang menarik dari aplikasi ini yakni menyediakan metode pembayaran pajak COD (Cash On Delivery), sehingga memudahkan masyarakat yang tinggal di kawasan terpencil untuk membayar pajak kendaraan bermotor tanpa perlu pergi ke ATM ataupun tiba pribadi ke Samsat.


Inovasi yang dilakukan Samsat NTB patut diacungi jempol, alasannya yakni belum ada kawasan lain yang mengadopsi sistem serupa. Selain itu, aplikasi Samsat Delivery juga menyediakan sajian untuk melihat isu pelayanan dan klaim asuransi. Namun yang paling penting, kita dapat melihat isu pajak kendaraan bermotor dengan cara memasukan plat nomor kendaraan pada form Cek PKB yang tersedia pada aplikasi tersebut.





 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil




Price: Free



10. Sumatera Selatan


 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan MobilBagi yang tinggal di wilayah Sumatera Selatan juga dapat cek plat nomor motor online memakai aplikasi berjulukan e-Dempo Samsat Online Sumsel. Aplikasi ini mempunyai kegunaan untuk melihat detail PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) serta info kendaraan bermotor. Sayangnya tidak disediakan sajian pembayaran pajak motor online, jadi masbro harus tetap tiba ke kantor Samsat terdekat untuk membayar pajak motor ataupun mobil.




Provinsi Lainnya


Selain 10 aplikasi cek plat nomor online di atas, masih banyak aplikasi lainnya yang disediakan setiap provindisi daerah. Nah untuk mengetahui apa saja aplikasinya, silahkan simak dibawah ini.



































11. Lampung

12. Sulawesi Selatan



 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil




Price: To be announced


13. Kalimantan Utara



 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil




Price: To be announced


14. Pontianak



 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil




Price: To be announced


15. Kalimantan Tengah



 Tujuan mengecek plat nomor yakni untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermo Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil




Price: To be announced










Kesimpulan


Membayar pajak kendaraan bermotor sudah menjadi kewajiban seluruh masyarakat Indonesia yang mempunyai motor ataupun mobil. Nah hadirnya aplikasi cek plat nomor online dibutuhkan akan memudahkan masyarakat Indonesia dalam membayar kewajibannya.






Overall

5



























Sending


















User Review


5
(1 vote)

























Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Motor LambrettaCek Dinamo Starter Mobil
Harga Kiprok MotorPembersih Kaca Mobil Berjamur 

Dengan semakin banyaknya layanan cek plat nomor kendaraan bermotor online, tentu semakin mempermudah masyarakat Indonesia untuk mengetahui isu kendaraan yang mereka miliki. Kaprikornus sebelum masbro membayar pajak motor ataupun mobil, kami sarankan untuk terlebih dahulu mengecek besaran pajak yang harus dibayar memakai salah satu aplikasi di atas. Nah demikianlah informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menjadi materi referensi.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor Dan Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel