-->

iklan banner

Belajar Menyajikan Suatu Fungsi

Pagi, teman bangkusekolah.com bertemu lagi dengan kami. pada ketika ini kita akan membahas bahan gres yaitu fungsi, ada yang tahu apa itu fungsi? Pastinya teman bingung. Ok teman kita eksklusif saja ke materinya.


Belajar Menyajikan Suatu Fungsi


fungsi merupakan bentuk khusus dari suatu relasi. Ada tiga cara dalam menyajikan suatu fungsi yaitu dengan memakai diagram panah, diagram Cartesius, dan juga himpuan pasangan berurutan.


dalam penyajian suatu fungsi teman haruslah paham dengan cara memilih nilai suatu fungsi. Untuk lebih paham wacana cara menyajikan suatu fungsi yang telah kita bahas diatas kita coba perhatikan teladan sebagai berikut.


contoh


Misalkan P = {0, 3, 5} dan Q = {–3, –2, –1, 0, 1, 2, 3}. Jika fungsi f: P -> Q ditentukan dengan f(x) = x – 3 maka:


f(0) = 0 – 3 = –3


f(3) = 3 – 3 = 0


f(5) = 5 – 3 = 2


Dari soal tersebut diketahui bahwa himpunan P = {0, 3, 5}  merupakan domain atau tempat asal, himpunan Q = {–3, –2, –1, 0, 1, 2, 3} yang merupakan kodomain atau tempat mitra dan range atau tempat hasil yaitu {(–2, 0, 2)}. Nah kini dari hal tersebut kita sajikan ke dalam bentuk:


Diagram Panah


Diagram panah yang tergambarkan pada fungsi f tersebut menyerupai gambar yang ada dibawah berikut ini. pada ketika ini kita akan membahas bahan gres yaitu  Belajar Menyajikan Suatu Fungsi


Diagram Cartesius


Diagram Cartesius dari fungsi f tersebut menyerupai gambar  yang ada dibawah berikut ini. pada ketika ini kita akan membahas bahan gres yaitu  Belajar Menyajikan Suatu FungsiHimpunan Pasangan Berurutan


Himpunan pasangan berurutan dari fungsi f tersebut ialah {(0, –2), (3, 0), (5, 2)}.


Setelah kita membahas teladan biar lebih paham lagi kita akan membahas teladan soal yang ada dibawah ini. Tentang bahan yang tadi kita bahas sebelumnya yang ada diatas yaitu menyajikan suatu fungsi. Ok teman kita eksklusif saja bahas bersama.


 


Contoh Soal :


Suatu fungsi dari A ke B didefinisikan sebagai f(x) = –2x + 8. Jika A = {x | 0 < x ≤ 5} dan B ialah himpunan bilangan lingkaran maka:


a). tentukan f(x) untuk setiap x anggota himpunan A


b). gambarlah fungsi f(x) dalam diagram panah, diagram Cartesius, dan himpunan pasangan berurutan.


Penyelesaian:


A = {x | –1 < x ≤ 5} = {1, 2, 3, 4, 5}, B = Bilangan bulat, dan f(x) = –2x + 7, maka:


a) nilai f(x) untuk setiap x anggota himpunan A yakni:


    f(1) = –2. 1 + 8 = 6


    f(2) = –2.2 + 8 = 4


    f(3) = –2.3 + 8 = 2


    f(4) = –2.4 + 8 = 0


    f(5) = –2.5 + 8 = -2


b) fungsi f(x) dalam diagram panah menyerupai gambar berikut di bawah ini. pada ketika ini kita akan membahas bahan gres yaitu  Belajar Menyajikan Suatu Fungsi


fungsi f(x) dalam diagram Cartesius menyerupai gambar berikut di bawah ini. pada ketika ini kita akan membahas bahan gres yaitu  Belajar Menyajikan Suatu Fungsifungsi f(x) dalam himpunan pasangan berurutan yakni {(1,6), (2,4), (3,2), (4, 0), (5,-2)}.


Demikian bahan kali ini teman bangkusekolah.com wacana cara penyajian suatu fungsi ke diagram panah, diagram Cartesius dan himpunan pasangan berurutan. Mohon maaf jikalau ada kata-kata atau dalam menghitung ada yang salah. Sampai bertemu lagi di kesempatan berikutnya. Terima kasih.




Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Belajar Menyajikan Suatu Fungsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel