-->

iklan banner

Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Gres Ptn

Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Baru PTN – Pendidikan yaitu jalan untuk memperbaiki kehidupan. Memalui pendidikan, seseorang bisa mengangkat derajat, ekonomi, dan kesejahteraan dirinya sendiri dan keluarnganya. Dengan pendidikan yang benar, seseorang seseorang bisa mendapat pengetahuan lebih luas, sehingga sanggup lebih bijak dalam berpikir, mengambil keputusan dan berorganisasi. Tentu saja, pendidikan ga cuma diperoleh melalui dingklik kuliah, namun memang, dingklik kuliah merupakan salah satu kawasan terbaik dalam mencari ilmu, networking dan pengalaman.


Nah bagaimana bagi siswa/i yang berasal dari keluarga yang kurang bisa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi? Kabar gembiranya, kau bisa melanjutkan pendidikan melalui banyak sekali macam beasiswa maupun sekolah kedinasan.


Khusus beasiswa, dalam beberapa tahun terakhir, baik pemerintah maupun pihak swasta secara gencar-gencaran menunjukkan beasiswa bagi siswa-siswi yang kurang mampu. Ada banyak banget dongeng anak buruh tani, anak tukang becak, anak pemulung yang berhasil menggapai keinginan lulus di perguruan tinggi.


 Pendidikan yaitu jalan untuk memperbaiki kehidupan Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Baru PTNFoto-foto di atas merupakan beberapa pola dari sekian banyak lulusan sarjana yang sukses karena, disamping kerja keras, juga dukungan biaya pendidikan berupa beasiswa.



  • Kanan Atas: Raeni dikala diantar ayahnya menghadiri aktivitas wisuda Unnes tahun 2014 lalu. Raeni merupakan salah satu wisudawan terbaik Unnes dengan IPK 3,96. Raeni mendapat dukungan beasiswa Bidik Misi di Unnes. Sekarang Raeni melanjutkan pendidikan S2 di Inggris.

  • Kiri Atas: Setyaningsih, anak penjual camilan elok apem asal Salatiga, menuntaskan pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi UGM. Setyaningsih mendapat dukungan beasiswa melalui jalur seleksi PBUTM UGM.

  • Kanan Bawah: Agung Bakhtiyar, anak tukang becak sesudah diwisuda menjadi dokter dari Fakultas Kedokteran UGM.

  • Kiri Bawah: Zumrotul Choiriyah dikala menjadi wisudawati terbaik di kampus IAIN Walisongo Semarang. Zumrotul berasal dari keluarga kurang mampu. Ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga, sementara ayahnya sebagai buruh tani serabutan. Dia mendapat beasiswa penuh pemerintah dari aktivitas Bidik Misi


[myad]

 


Beberapa Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa yang Kurang Mampu


Beasiswa pada dikala awal masuk kuliah intinya memprioritaskan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, namun sesudah menjadi mahasiswa, beasiswa-beasiswa lain nya akan lebih bertebaran, ga cuma terbatas beasiswa ga bisa aja, tergantung keaktifan kau mencari informasinya.


Nah di Indonesia, ada beberapa beasiswa bagi calon mahasiswa gres Perguruan Tinggi Negeri yang bisa kau coba:


1. Beasiswa Bidik Misi


Bidikmisi yaitu beasiswa yang diberikan oleh pemerintah kepada mahasiswa gres yang kurang mampu, untuk melanjutkan studinya di jenjang perguruan tinggi.


Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa peserta bidikmisi terseleksi dari yang benar benar memiliki potensi dan kemauan untuk menuntaskan pendidikan tinggi.


Persyaratan Beasiswa Bidik Misi





Persyaratan untuk mendaftar tahun 2015 yaitu sebagai berikut:



  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2015;

  2. Lulusan tahun 2014 yang bukan peserta Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa gres di masing-masing perguruan tinggi;

  3. Usia paling tinggi pada dikala mendaftar yaitu 21 tahun;

  4. Tidak bisa secara ekonomi dengan kriteria:

    1. Siswa peserta Beasiswa Siswa Miskin (BSM);

    2. Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya ;

    3. Pendapatan kotor adonan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnyaRp3.000.000,00 per bulan. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud yaitu rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau

    4. Pendapatan kotor adonan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya;



  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.

  6. Berpotensi akademik baik menurut rekomendasi kepala sekolah.

  7. Pendaftar difasilitasi untuk menentukan salah satu diantara Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta denganketentuan:

    1. PTN dengan pilihan seleksi masuk:

      1. 1)  Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);

      2. 2)  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);

      3. 3)  Seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri di 1 (satu) PTN



    2. PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.







Kuota nasional: sekitar 60.000


Cakupan Perguruan Tinggi: Semua Perguruan Tinggi Negeri dan sebagian besar PTS


Website: www.bidikmisi.dikti.go.id


2. Beasiswa ETOS


Beasiswa Etos yaitu aktivitas beasiswa penuh yang diberikan oleh Yayasan Dompet Dhuafa kepada mahasiswa berprestasi dengan keterbatasan ekonomi dengan tujuan membentuk SDM berkarakter pemimpin, mandiri, unggul, disiplin, berakhlak islami dan kontributif.


Persyaratan Beasiswa ETOS:


Persyaratan umum



  • Lulus SMA/Sederajat dan akan masuk Perguruan Tinggi melalui Jalur SNMPTN, SBMPTN dan UM jalur reguler

  • Diterima pada Perguruan Tinggi Negeri dan jurusan yang direkomendasikan Beastudi Etos (Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang direkomendasikan sanggup dilihat di www.beastudiindonesia.net


Persyaratan khusus



  • Formulir Biodata

  • Slip Gaji/Surat keterangan penghasilan orang tua

  • Kartu Keluarga

  • KTP/kartu identitas lain

  • Ijazah Sekolah Menengan Atas (bagi yang sudah lulus SMA/sederajat) yang dilegalisir

  • Pas Foto terbaru berwarna

  • Foto Rumah (tampak keseluruhan, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan dapur)

  • Rekening listrik bulan terakhir

  • Tulisan perihal perjalan hidup minimal 2 halaman A4

  • Raport Semester (1-5) (Aspek Kognitif)


Cakupan Perguruan Tinggi: Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Mulawarman, Universitas Hassanudin, Universitas Pattimura


Kuota Nasional: ratusan penerima


Website: www.beastudiindonesia.net


3. Beasiswa Santri Berprestasi


Beasiswa Santri Berprestasi yaitu beasiswa penuh yang diberikan oleh Kementerian Agama bagi siswa/i atau santri yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA) dan Pondok Pesantren.


Persyaratan Beasiswa Santri Berprestasi



  • Lulusan Madrasah Aliyah (MA) 2015 (baik IPA, IPS, bahasa, dan agama) binaan pondok pesantren, serta

  • Lulusan pondok pesantren muadalah (PPM) dan salafiyah (PPS) yang menyelenggarakan ujian paket


Cakupan Perguruan Tinggi: IPB Bogor, ITS Surabaya, UPI Bandung, UGM Jogjakarta, UIN Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, UIN Sunan Gunungjati Bandung, dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.


Kuota Nasional 2015: sekitar 300 penerima


Periode Pendaftaran 2015: 1-20 April


Website: ditpdpontren.kemenag.go.id/


============================================================


Selain beasiswa di atas, ada beasiswa lain yang diberikan secara khusus kepada calon mahasiswa yang kurang mampu, misal apabila kau masuk melalui PBUTM UGM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu).


Nah kalo kau lihat dari daftar beasiswa di atas, kuota beasiswa bidik misi jumlahnya jauh lebih banyak dari pada beasiswa lainnya, alasannya yaitu memang dana yang dialokasikan oleh pemerintah untuk beasiswa ini besar sekali. Oleh alasannya yaitu itu, apabila kau ga bisa secara ekonomi, sebaiknya minimal mendaftar beasiswa bidik misi dulu. Namun boleh juga apabila kau daftar beberapa beasiswa sekaligus, tetapi tentunya tidak bisa diterima lebih dari satu beasiswa.


Okay demikian, jangan hingga ketidakmampuan ekonomi menghalangi keinginan untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Sudah terlalu banyak pola mahasiswa yang berhasil mengubah hidupnya berkat beasiswa. Semoga bermanfaat!


 


Sumber:


https://ugm.ac.id/id/berita/9078-kisah.anak.penjual.apem.meraih.%E2%80%98mimpi%E2%80%99.jadi.dokter.gigi



http://banjarmasin.tribunnews.com/2014/08/07/anak-buruh-tani-raih-sarjana-terbaik-dengan-ip-393


http://sitasaja.blogspot.com/2011/07/agung-bakhtiyar-anak-tukang-becak-yang.html



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Gres Ptn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel