-->

iklan banner

Apa Itu Rom Android Dan 3 Hal Yang Harus Anda Ketahui

Sudah berapa usang anda mengenal Android? Mungkin selama anda mengenal Android, anda mendengar istilah ROM Android. Sebenarnya, apa itu ROM Android? Android sebagai sistem operasi berbasis Open Sourcememang merupakan sistem operasi dengan varian yang banyak dan dipakai oleh produsen yang berbeda-beda pula.

Di artikel ini, mari kita bahas apa itu ROM Android dan beberapa hal yang harus anda ketahui mengenainya.

Apa itu ROM Android?

Kepanjangan ROM sendiri adalah Read Only Memory. Di Android, istilah ROM dipakai dengan definisi yang berbeda. Karena biasanya ROM merujuk kepada perangkat keras. ROM Android ini berbentuk perangkat lunak.

 Android sebagai sistem operasi berbasis  Apa itu ROM Android dan 3 Hal yang Harus Anda Ketahui

Maksud dari ROM Android ialah sistem operasi Android itu sendiri. Namun, alasannya ialah Android berbasis open source, banyak produsen yang mengambil arahan orisinil Android dan mengubahnya sesuai kemauan produsen tersebut. Jika anda membeli smartphone Samsung, maka ROM Samsung akan berbeda dengan smartphone ber-merk Asus yang mempunyai ROM Android Asus.

 Android sebagai sistem operasi berbasis  Apa itu ROM Android dan 3 Hal yang Harus Anda Ketahui

Hal ini tentu berbeda dengan sistem operasi iOS milik Apple. Sistem operasi ini hanya sanggup dipakai oleh iPhone, sehingga apapun iPhone yang anda miliki, maka tampilannya sama. Misalnya anda pengguna Android di Samsung, sanggup jadi anda merasa ada yang berbeda walau tidak terlalu signifikan ketika memakai Android di Asus.

Selain istilah ROM Android, anda mungkin mendengar juga istilah Custom ROM. Lalu, apakah Custom ROM di Android?

Apa itu Custom ROM Android?

Garis besarnya Custom ROM Android dan ROM Android menunjukkan hal yang sama yaitu sama-sama ROM Android. Namun Custom ROM merupakan istilah yang dipakai untuk menunjukkan ROM Android yang bukan dibentuk oleh produsen smartphone. Jadi, anda sanggup mengubah ROM Android anda sendiri dengan custom ROM yang bukan dibentuk oleh produsen anda.

 Android sebagai sistem operasi berbasis  Apa itu ROM Android dan 3 Hal yang Harus Anda Ketahui

Contoh Custom ROM yang populer yaitu Cyanogenmod (sekarang berjulukan Lineage OS). Sistem operasi ini sanggup anda pasang di beberapa brand smartphone. Bahkan Lineage mempunyai halaman khusus yang menyediakan daftar perangkat yang didukung.

Setelah membaca goresan pena diatas, anda jadi mengerti apa itu ROM Android serta Custom ROM Android. Sekarang, mari kita simak bersama 3 hal menarik mengenai ROM Android.

1. Ada banyak ROM Android. Bahkan anda sanggup menciptakan ROM anda sendiri kalau mau!

Sebelumnya sudah dibahas bahwa setiap manufaktur atau produsen biasanya mempunyai ROM Android yang berbeda-beda. Bahkan kalau anda bosan dengan ROM Android ketika ini, anda sanggup menggantinya dengan Custom ROM Android. Di halaman tabel daftar Custom ROM Android milik Wikipedia, ada 22 Custom ROM yang sanggup anda coba. Jumlah tersebut tentu bukanlah semuanya dan mungkin saja masih ada Custom ROM lain yang belum ditemukan.

Bahkan, anda sanggup menciptakan Custom ROM Android anda sendiri. Namun, penulis tidak akan mengulas bagaimana cara menciptakan Custom ROM Android sendiri alasannya ialah penulis belum mempunyai pengalaman membuatnya. Silahkan anda merujuk video diatas untuk tutorialnya.

2. Custom ROM mempunyai beberapa fitur yang berbeda

ROM Android dari produsen biasanya tidak sanggup di pasang di perangkat brand lain. Jadinya, ROM Android Samsung tidak sanggup dipakai di smartphone Asus. Jika anda menemukan fitur yang tidak ada, memakai Custom ROM Android mungkin sanggup jadi solusi anda.

Salah satu alasan lain kenapa anda mungkin mau memakai Custom ROM adalah update. Banyak produsen (biasanya brand smartphone yang tidak terlalu terkenal) tidak mengeluarkan update secara berkala. Penulis sendiri mempunyai smartphone tersebut. Update yang diberikan hanya 6 bulan saja, akhirnya penulis merasa kecewa akan hal tersebut.

3. Kebanyakan orang bahkan tidak memerlukan Custom ROM Android

Android ketika ini mempunyai banyak fitur yang sudah tertanam secara default. Penggunaan Custom ROM Android juga semakin usang semakin menurun. Banyak yang beranggapan bahwa Android mereka ketika ini sudah sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, mengganti ROM Android anda dengan Custom ROM tidak bebas dari resiko. Garansi smartphone anda sanggup hangus dan kemungkinan terjadi error yang tidak diinginkan. Hal ini juga yang menciptakan popularitas Custom ROM semakin menurun.

Walaupun mengalami penurunan, niscaya sangat banyak orang yang tetap tertarik menciptakan Custom ROM alasannya ialah Android ialah platform terbuka dimana semua orang sanggup memakai dan mengubahnya tanpa ada larangan.

Bagaimana berdasarkan anda artikel Apa itu ROM Android?

Setelah membaca artikel ini, anda jadi lebih paham mengenai ROM Android. Lalu, apakah ada hal lain lagi yang masih anda belum paham? Pernahkah anda meng-install Custom ROM Android anda sendiri? Silahkan ketik di kotak komentar bagaimana pengalaman anda.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Rom Android Dan 3 Hal Yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel