-->

iklan banner

√ Administrasi Adalah? Pengertian Manajemen, Jenis, Dan Fungsinya

Manajemen Adalah ? Secara umum, pengertian manajemen mempunyai banyak arti. Tetapi secara global, pengertian manajemen hanya fokus pada hal yang penting dalam pembuatan keputusan. Pengertian manajemen menurut  bahasa yaitu kata manajemen berasal dari bahhasa inggris manage yang berarti mengelola, mengendalikan, mengusahakan dan memimpin. Dari kata dasar tersebut lahirlah apa yang dimaksud dengan manajemen.


Definisi manajemen adalah kumpulan proses dengan mempunyai tujuan yang harus dicapai suatu organisasi dengan cara bekerja sama dengan sumber daya yang dimiliki organisasi itu sendiri. Lebih spefisik lagi pengertian manajemen yaitu ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan perjuangan anggota organisasi dalam pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan sebelummnnya.


Dengan kata lain yang dimaksud seni manajemen yaitu kemampuan visi. Dari beberapa aspek manajemen yaitu perencanaan, kepemimpinan, komunikasi dan pengambilan keputusan yang bekerjasama dengan insan mengenai pendekatan manajeman seni. Selain itu manajemen juga sebagai ilmu yang  saling bekerjasama dengan keuangan, manajemen pemasaran, dan sumber daya alam yang dipakai untuk mengatur organisasi bisnis, sistem isu manajemen atau manajemen keseharian. Berikut ini pengertian manajemen berdasarkan para ahli.


 pengertian manajemen mempunyai banyak arti √ Manajemen Adalah? Pengertian Manajemen, Jenis, dan Fungsinya


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli :



  1. Henry Fayol


Mengandung beberapa gagsan fungsi utama yaitu merancang, mengorganisasi, memerintak, mengoordinasi, dan mengendalikan. Fungsi manajemen yaitu elemen dasar yang selalu menempel dalam proses manajemen yang dijadikan teladan manajer dalam melaksanakan acara pencapaian tujuan.



  1. James A.F.


Proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian perjuangan dari anggota organisasi dan menggunaan semua sumber daya yang di miliki organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang sudah di menetapkan sebelumnya.



  1. Hani Handoko


Bekerja dengan beberapa orang untuk menentukan, menginterpresentasikan, da mencpai tjuan organisai supaya pelaksanaan fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengrahan, kepemimpinan dan pengawasan.



  1. The Liang Gie


Pengertian manajemen yaitu usur yang rangkaianya dibentuk untuk menggerakan para pegawai dan mengarahkan semua kemudahan kerja supaya tujuan sanggup tercapai.



  1. George R. Terry


Proses yang berbeda atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan dengan cara memanfatkan ilmu atau seni untuk pencapaian tujuan  yang sudah ditetapkan sebelumnya.



  1. Ricky W. Griffin


Merupakan proses yang merencanakan, mengorganisasikan, dan mengontrol sumber daya semoga mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Efektif disini diartikan tujuan bisa dicapai sesuai perencanaan, sedangan efisien yaitu kiprah yang dikerjakan secara benar, terorganisir, dan sudah sesuai degna agenda yang ditentukan.



  1. Eiji Ogawa


Merencanakan, mengimplementasikandan mengendalikan acara – acara yang mengenai sistem pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha, terlebih utama memutuskan sasaran untuk kerja semoga sanggup sesempurna mungkin sesuai kondisi lingkungan yang berubah – ubah.



  1. Federd1ck Winslow Taylor


Suatu percobaan yang serius untuk menuntaskan seluruh duduk kasus yang muncul dalam pimpinan perusahaan atau organisasi lainnya dan setiap sistem bekerja sama insan dengan perilaku dan berjiwa sarjana dan memakai peralatan perumusan.



  1. Kimbal I dan Kimbal II


Tediri dari seluruh kiprah dan fungsi yaitu penyusunan perusahaan, pembiayaan, penetapan  garis besar mengenai kebijakan, penyedia peralatan yang diharapkan dan penysunan struktur organisasi dan pemilihan pejabat perusahaan.



  1. Peter Ducker


Pengertian manajemen yaitu organ yang mempunyai banyak tujuan untuk pengelolaan bisnis dan mengelola manajer dan mengelola pekerja dalam penyelesaian pekerjaan.


Fungsi manajemen merupakan dasar semoga perusahaan mendapat hasil yang semaksimal mungkin, manajer harus bisa mrnguasai empat fungsi ini semoga perusahaan mecapai tujuan yang diinginkan. Berikut paparan lengkapnya mengenai fungsi manajemen yang perlu anda ketahui.


Fungsi Manajemen :



  1. Planning (fungsi manajemen perencaan)


Merupakan kegiatan menyusun tujuan perusahaan kemudian dilanjutkan menyusun planning untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah di tetapkan. Fungsi ini dilakukan untuk penentuan tujuan perusahaan dengan menyeluruh dan bab langkah terbaik dalm pencapaian tujuan. Manajer mengevalluasi beberapa planning cadangan seblum pengambilan keputusan kemudian menelaah pengambilan keputusan yang sudah dipilih apa sudah sesuai dan dipergunakan untuk pencapaian tujuan.


Fungsi ini merupakan awal dan yang sangat penting dari fungsi yang lainnya alasannya yaitu fungsi lainnya tak akan jalan apabila planning belum di buat. Berikut kegiatan yang ada dalm fungsi in yaitu menetapka tujuan kemana dan sasaran bisnis, menyusen seni manajemen untuk mencapai tujuan dan target, menentukan sumber daya yang dibutuhkan, memutuskan standard kesuksesan pencapaian tujuan dan sasaran bisnis.


Terkait dengan pengertian manajemen, dalam fungsi ini dibagi menjadi tiga tingkatan  yang pertama top level planning, middle level planning dan low level planning. Ada pun syarat dalam fungsi ini yaitu punya tujuan yang jelas, dalam menjalankan tujuan tidak terelalu sulit dan sederhana, menganalisa pekerjaan yang dilakukan, berubah sesua idengan perkembangan yang terjadi, seimbang, tanggung jawab dan mempunyai tujuan yang bekerjasama disetiap bagiannya, dan yang terakhir ada ketertarikan yang dimiliki dipergunakan dengan efektif dan efiesien.



  1. Organizing (fungsi manajemen pengorganisasian)


Kegiatan yang mengatur sumber daya insan yang dimiliki perusahaan semoga bisa melaksanaka planning yang ditetapkan dan dalam pencapaian tujauan utama perusahaan. Ada beberapa kegiatan yaitu mengalokasi sumber daya, menyusun dan menentukan kiprah dan penetapan mekanisme yang dibutuhkan, menentukan struktur perusahaan dan memutuskan yang mana ada garis wewenang dan tanggung jawab, kegiatan merekrut, menyeleksi, training dan pengembangna tenaga kerja, penempata tenaga kerja sesuai dengan posisi yang tepat.



  1. Directing (fungsi manajemen pengarahan)


Fungsi yang membuatkan efektivitas dan efisiensi kinerja secara optimal dan sanggup membuat lingkungan kerja yang dinamis, sehat dan sebagainya. Berikut beberapa kegiatan yaitu pengimpletasian proses kepemimpinan, membimbing, dan motivasi ke para pekerja semoga sanggup bekerja secara efektif dan efisiem untuk mencapaian tujuan, memberi kiprah dan penjelasan secara rutin mengenai tugas, menjelaskan kebijakan perusahaan.



  1. Controlling (fungsi manajemen pengendalian)


Fungsi yang minilai kinerja sesuai standard yang sudah dibentuk sbuah perubahan atau perbaikan bila dibutuhkan. Berikut kegiatan yang dilakukan fungsi ini yaitu mengevaluasi keberhasilan proses pencapaian tujuan dan sasaran sesuai indikator yang ditetapkan, melewati tahap penjelasan dan koreksi terjadinya kesalahan yang ditemukan, memberi solususi atas kasus yang muncul dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan.


 pengertian manajemen mempunyai banyak arti √ Manajemen Adalah? Pengertian Manajemen, Jenis, dan Fungsinya


Jenis Jenis Manajemen :


Berkaitan dengan pengertian manajemen berdasarkan para ahli, terdapat  beberapa jenis – jenis manajemen yang ada dalam perusahaan, diantaranya yaitu :



  1. Manajemen produksi


Mengaturu supaya perusahaan bisa membuat dan menambah manfaat barang tentu dan jasa yang bertanggung jawab kepada perencanaan produksi dan distribusi perusahaan.



  1. Manajemen pemasaran


Rencana kegiatan dilakukan perusahaan dengan dasar analisis situasi dan tujuan yang sudah ditetapkan perusahaan untuk penetapan produk, harga promosi dan jalur distribusi.



  1. Manajemen keuangan


Manajemen yang bertugas dalam pengaturan penggunaan dana dengan efisien dan efektif, memanfaatkan kesempatan semoga memperoleh dana dan mengalokasi kan dana.



  1. Manajemen personalia


Bagaian dari pemasaran yang focus perhatiannya haya pada produksi tenaga kerja di suatu perusahaan.



  1. Menajemen admistrasi


Memberikan isu layanan bidang manajemen untuk pelaksanaan kegiatan denga efektif dan efisien dan memberi dampak kelancaran kepada bidang lainnya.


Contoh Manajemen dalam Kehidupan


Masih berbicara mengenai pengertian manajemen, contoh manajemen dalam kehidupan bermasyarakat contohnya dalam manajemen kompleks perumahaan. Dalam kompleks perumahan terdapat RT dan RW yang bertugas untuk mengatur, menggerakan warga, mengkordinasi warga  untuk pencapaian tujuan yang sudah dibuat. Kerua RT an RW di pilih oleh warga dilingkungan tersebut dengan manajer, mereka diberikan tanggung jawab oleh warga sekitar semoga bisa memimpin lingkungan semoga pencapaian tujuan tertentu bisa tercapai.


Baca juga : Manajemen Keuangan


Menjadi ketua RT dan RW harus aktif dan menyatukan warga dan membuat lingkungna nyaman kondusif di dasari wangsit yang mereka punya. Contohnya dengan melaksanakan higienis – higienis setiap minggunya semoga kebersihan tetap terjaga selain itu kekerabatan antar warga teteap terjalin. Disini ketua RT dan RW melaksanakan manajemen alasannya yaitu sudah melaksanakan perencanaan, mengoordinasi semoga mendapat pencapaian tujuan.


Demikianlah rangkaian isu mengenai pengertian manajemen , definisi manajemen yaitu , jenis jenis manajemen, fungsi manajemen, dan tentunya contoh manajemen dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga bisa memperlihatkan ilmu gres untuk sobat sahabat semuanya. Sekian dan selamat belajar!



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Administrasi Adalah? Pengertian Manajemen, Jenis, Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel