-->

iklan banner

√ 10+ Pola Teks Anekdot Lucu Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Anekdot – Dalam kaidah kebahasaan , teks anekdot ialah karangan kisah atau kisah yang biasanya menurut pengalaman hidup yang diceritakan secara singkat, pendek dan lucu biasanya ada beberapa topic menyerupai pendidikan, hukum, politik, sindiran, kritik dan lain sebagainya. Perlu diketahui teks anekdot tak hanya mengenai kisah kisah lucu  tetapi juga mengandung amanat, pesan moral, dan ungkapan mengenai kebeneranan umum.


Teks anekdot mengandung humor dan sindiran yang mempunyai beberapa struktur menyerupai bab abstraksi yaitu citra awal, bab orienasi yaitu bab isi atau latar belakang cerita, bab event yaitu berisi rangkaian suatu kejadian, bab krisis berisikan problem dalam kejadian, bab reaksi berisikan penyelesaian problem atau bencana yang ada, bab koda berisikan perubahan yang terjadi pada bencana atau tokoh, dan yang terakhir bab re–orientasi merupakan epilog yang berbentuk kesipulan.


Bagian – bab tersebut merupakan struktur anekdot yang sangat penting untuk penyusunan teks anekdot atau kisah anekdot. Untuk memperjelas struktur diatas, berikut kami bedah satu persatu contoh teks anekdot beserta strukturnya yang sanggup anda simak secara secama. Teks anekdot mempunyai struktur untuk pembentukannya. Berikut beberapa struktur teks anekdot berserta penjelasannya.


 teks anekdot ialah karangan kisah atau kisah yang biasanya menurut pengalaman hidup √ 10+ Contoh Teks Anekdot Lucu Singkat Beserta Strukturnya


Struktur Teks Anekdot :



  • Abstraksi


Struktur teks anekdot ini merupakan bab awal yang berisikan citra awalan mengenai isi dari teks anekdot.



  • Orientasi


Struktur teks anekdot yang berisi awal mula, latar belakang terjadianya bencana atau keadian yang ada dalam teks anekdot.



  • Event


Sturktur teks yang bagiannya perihal pemunculan problem yang terjadi pada teks.



  • Krises


Struktur teks yang bagiannya perihal munculanya problem yang terjadi.



  • Reaksi


Struktur teks yang bagiannya perihal langkah bagaimana penyelesaian permasalahan.



  • Koda


Struktur teks yang bagiannya tentang  munculnya perubahan yang terjadi pada tokoh.



  • Re-orientasi


Struktur teks yang bagiannya merupakan bagaian ahir atau epilog teks anekdot.


Pelajari juga : Contoh teks eksposisi


 teks anekdot ialah karangan kisah atau kisah yang biasanya menurut pengalaman hidup √ 10+ Contoh Teks Anekdot Lucu Singkat Beserta Strukturnya


Contoh Teks Anekdot Singkat



Buah Tomat


Di pagi yang cerah sepasang muda mudi sedang memetik tomat di kebun pariwisata. Tomat yang dipetik berukuran besar dan berwarna sangat merah, menciptakan sang laki-laki termakan untuk memakannya. Setelah beberapa menit kemudian keranjang yang dibawanya sudah terisi penuh dengan tomat dan si laki-laki mengambil eksklusif memakannya.


Kemudian si perempuan menegur dengan nada keras “ hey kenapa dimakan tomatnya kan masih kotor belum di cuci, sanggah si wanita.” Tau gak, tomat ini menyerupai saya pada kamu, jawab si pria. Hah?” si perempuan terheran dan bingung.” “ I love you too much.” Jawab si laki-laki dengan nada manja.” Si perempuan yang mendengar eksklusif malu dan tertawa.




Terjepit Pintu


Saat siang hari yang sangat terik, seorang laki – laki tiba ke rumah sakit dengan kondisi jari tangannya bisul memerah. Dokter : “ kenapa dengan jari tangan anda pak?” Pasien : “jadi begini, saya tadi sedang bangun bersandar di depan pintu dan ketika itu juga sahabat saya jail menutup pintu dan tangan saya eksklusif terjepit dengan keras”.


Dokter : “oh begitu kejadiannya, saya mengerti keluhan yang anda rasakan, kemudian jari tangan kiri bapak kenapa lagi?” Pasien : “nah itu dok, sahabat saya yang sangat berilmu itu kembali menutup pintu dengan kencang padahal tangan kiri saya seda berada di kusen pintu dok”



Contoh Teks Anekdot Menyindir



Orang Kaya


Di sekolah kejururuhan yang tak jauh berada dari kota kerikil sedang menikmati istirahat makan siang. Para murid berada di luar kelas, ada yang pergi ke kantin, bermain basket maupun sepak bola di lapangan. Steve dan Rio sedang santai menikmati makan siang mereka sambil bercanda ria di kantin sekolah.


Steve, kenapa sih pendidikan jaman dulu lebih yummy dari pada sekarang?””karena jaman dulu sekolah gratis, nah sekarang? Apa – apa bayar, ini itu bayar,” jawab steve dengan muka masam. “terus kenapa dulu sekolah gratis steve?”. Tanya rio dengan nada keras.” Karena pemerintah gak pelit”.”kenapa pemerintah gak pelit?”.”terus kenapa pemerintak kok sanggup masih kaya.””hah? kaya kenapa?” dengan wajah bingung.”kaya mbahmu…..” suasana pun menjadi damai seketika.



Contoh Teks Anekdot Lucu



Pedagang Bakpao


Pada suatu hari lebih tepatnya pagi yang sangat sejuk ada seorang pedagang bakpao lewat di depan rumahku, dan kebetulan tetanggaku si rina eksklusif memanggil pedagang roti tersebut dan pedagang roti eksklusif menghampiri si rina yang sedang berada di depan rumahnya.


Rina : “jual bakpao apa aja pak?”

Pedagang bakpao : “berbagai macam bakpao mbak, dan niscaya yummy rasanya.”

Rina : “wah mantap, ini bakpao rasa apa?”

Pedagang bakpao : “kalau yang ini rasa coklat mbak”

Rina : “ em, jikalau yang ini rasa apa pak?”

Pedagang bakpao : “kalau yang ini rasa anggur jadi dalemnya ya selai anggur”

Rina : “ jikalau ini pak?”

Pedagang bakpao : “ nah roti benerannya mana pak? Kok dari tadi ngomongin buah buahan mulu pak, bakpaonya gak diomongin. Yang bener bapak jualan bakpao atau buah? Kok saya galau sendiri. Kalo gini saya gak jadi beli deh pak. Bapak bikin galau sih.”


*Seketika suasan damai dan pedagang bakpao melongo dan kebingungan pingsan.



Contoh Teks Anekdot Panjang



Tulang Ayam Geprek


Di sore hari yang hangat dan brsahaja, becca dan bella sedang minikmati sejuknya udara di taman kota yang terlihat cukup ramai dengan anak – anak kecil yang berlari – lari riang bersama temannya sambil berpikir mencari kawasan makan untuk makan malam mereka. Beberapa waktu kemudian mereka memutuskan untuk pergi ke warung geprek sambal setan letaknya tak jauh dari taman.


Mereka memesan ayam geprek, jamur krispy, cah sawi ijo, tahu tempe krispy dan es jeruk nipis. Terdapat banyak goresan pena “jangan buang sapah sembarangan, buang lah pada tempatnya.” Kemudian semua pesanan yang mereka pesan datang. Mereka eksklusif melahap makanan yang mereka pesan alasannya sangking laparnya. Mereka makan sambil mengobrol perihal goresan pena yang ada di dinding kawasan makan, kenapa pesannya perihal sampah bukan kata mutiara atau motivasi,”.


Ya kalo kata mutiara disini bukan toko jual mutiara dan kalo motivasi dalam hal makan ntar kau malah pesen banyak makan yang jatuhnya habis – habisin duit dong”. Kenapa bukan kesehatan atau kebersihan?”.”yang ada jikalau tantang kesehatan dan kebersihan kau gak bakal makan disini kan disini berlemak yang ada kau jadi gendut dan berkolestrol,”.


“Kenapa bukan perihal ekonomi aja atau bisnis gitu”. “Ya nanti kau gak bakal makan disini yang ada kau buka warung geprek sendiri.” “emhh kenapa bukan politik?” “kalo politik nanti dikira pemilik lagi nyalon jadi anggota dewan yang ada dikira lagi kampanye atau gak suruh milih.”lalu kenapa tidak perihal pendidikan saja?” “yang ada kalo perihal pendidikan disini bakalan rame pelajar atau mahasiswa buat kerja kiprah dan malah minta kemudahan wifi, kau kira ini café?”.


Mereka melanjutkan makan malam dengan nikmat dan segara menghabiskan sisa makanan yang ada. Hari sudah mulai gelap dan menciptakan mereka nyaman berada di warung itu sambil mengobrolkan bermacam – macam topik. Becca terheran – heran mengapa bella hingga melahap tulang – tulang ayam hingga tak tersisa satu pun. Kemudian becca bertanya,”kenapa kau mekan semua tulang ayamnya?” itu kan sampah buang pada tempatnya!!! Malah di makan. “iya ini sudah saya buang ke perut saya nanti juga jadi sampah juga kan di toilet.”ya ampun” celetuk becca di dalam hatinya dan suasana seketika hening.



Contoh Cerita Anekdot Lucu



Burung Kakak Tua Genit


Anggi, sarah, dan desy sahabat satu kampong mereka selalu bersama pergi ke kampus. Sebelum menuju ke jalan raya untuk naik angkot, mereka biasanya melewati rumah yang memlihara burung yaitu burung kakatua.


Setiap meleawati rumah yang mempunyai burung kakatua itu, burung kakatua selalu menyebutkan tiga warna. Anggi terheran dan curiga kenapa sanggup burung kakatua itu sanggup mengtahui warna celana dalam mereka yang  sedang dipakai.


Untuk menandakan apakah hal itu benar atau tidak mereka menciptakan rencana dengan menggunakan celana dalam dengan warna yang sama.


Besok hari mereka lewat depan rumah yang mempunyai burung kakatua , burung kakatua itumengatakan ”Biru, biru, biru.” Mereka eksklusif tekejut dan terheran – heran. Keesokan harinya  burung kakatua itu dengan benar menebak warna celana dalam mereka dengan kata, “Merah, merah, merah.”


Sarah mempunyai ilham yang absurd sekaligus tak masuk akal. “bagaimana jikalau kita tidak menggunakan celana dalam untuk besok? Gimana reaksi si burung kakatua genit itu .”  besok mereka melewati  rumah yang mempunyai burung kaktua itu dan ketika mereka lewat, burung kakatua itu mondar mandir dan terlihat menyerupai kebingungan di dalam sangkarnya.


Sarah dan sahabat – temannya tertawa alasannya berhasil mengerjain si burung kakatua yang genit itu. Tak usang kemudian tertawa mereka seketika berhenti alasannya si burung kakatua itu berkata “ keriting, lurus, keriting.



Contoh Teks Anekdot Dialog



Mboten Pangertos Kulo


Terdapat dua orang cowok berasal dari Sulawesi yang merantau ke pulau jawa. Mereka berjulukan ricky dan monica. monica mengerti bahasa jawa sedangkan ricky tidak sama sekali mengerti bahasa jawa.


Pada suatu sore yang sejuk mereka berdua berjalan – jalam mengelilingi desa di sekitaran kawasan tinggal mereka.


Ricky     : “wow, manis ya rumahnya, besar dan bertingkat pula. Punya siapa ya


rumahnya?”


Monica : “mboten ngertos kulo”


Ricky     : “oh yang punya mboten ngertos kulo”


Lalu monica melita banyak kendaraan beroda empat berjajar di depan sebuah halaman rumah kemudian monica


bertanya kepada ricky.


Ricky     : “kalau kendaraan beroda empat yang berjajar di depan rumah itu punya siapa ya? Kok banyak


sekali.”


Monica : “mboten ngertos kulo.”


Ricky     : “mboten ngertos kulo sangat mahir ya, saya ingin meminta tips kepada


mboten ngertos kulo supaya saya sanggup jadi menyerupai dia.”


Setelah beberapa menit kemudian, mereka berjalan  ada keramaian disebuah rumah.


Ricky     : “ada apa itu? Sepertinya ada orang meninggal ya?”


Monica : “ mboten ngertos kulo>”


Ricky     : “ wah sayang ya padahal kita tidak sanggup berteu, padahal mau minta tips biar


sesukses dia.”


Mereka kembali pulang kemudian monica pun menjelaskan bahwa artinya mboten


ngertos kulo itu saya tidak tahu. Lalu mereka ketawa bersama dengan terbahak – bahak.



Teks Anekdot Kesehatan



Obat Sakit Kepala


Pada suatu hari ketika bulan puasa, ada seorang kakek yang tinggal dengan anaknya yang sedang seru menonton TV.


Biasanya kakek sedang menonton serial favoritnya , yaitu “putri yang tertukar”. Setiap setengah jam sekali ada iklan muncul salah satunya iklan obat sakit  flu dan batuk pilek. Iklan itu menjelaskan perihal produk obat sakit fulu dan batuk pilek mereka sanggup diminum kapan saja.


Sedang seru menonton TV, seketika kakek merasa kedinginnan alasannya pada ketika itu AC di ruang keluarga sedang menyala sehingga kakek terasa flu dan mulai batuk batuk. Kakek eksklusif memanggil anaknnya yang sedang membereskan taman di belakang rumahnya.


Setelah anaknya membeli obat dan telah hingga di rumah, dengan cepat kakek meminum obat itu.


Anaknya yang melihat eksklusif bertanya “bukannya kakek puasa, kok minum obat?”


Dengan sangat lugas dan percaya diri si kakek menjawab “itulah kehebatan ulteraflu sanggup diminum kapan saja!!!”



Teks Anekdot Pendidikan



Fasilitas Kantin Kampus


Pada suatu siang yang amat terik, di sebuah sekolah menengah atas lebih tepatnya didalam ruang kelas seorang guru mengabsen anak didiknya sebelum pelajaran dimulai.


Guru   : “mulia?”


Mulia  : “hadir pak!”


Guru   : “fahmy?”


Mulia  : “tidak ada pak, mungkin fahmy masih berada di luar pak!”


(setelah berapa menit kemudian fahmy  masuk kedalam ruang kuliah)


Fahmy : “permisi, boleh saya masuk pak?”


Guru    : “dari mana saja kamu?! Jam berapa ini jam istirahat sudah berakhir dari


Tadi bagaimana kau ini!!”


Fahmy : “saya gres saja beli makanan di luar sekolah pak”


Guru    : “kita kan punya kantin di sekolah kita sendiri, kenapa kau harus makan


diluar sekolah?!”


Fahmy : “ memang sih pak kita punya kantin, tetapi kantin kita menyerupai gudang kecil


banget pakk.”


(para murid pun tertawa sekelas mendengar balasan fahmy)


Guru    : “seharusnya kau bersyukur sekolah kita memiiki kantin, tetapi setalah di


pikir – pikir kau benar juga sih. Kantin sekolah kita memang sangat kurang


dalam menjaga kebersihannya.”


Setelah perbincang mereka selesai semua murid yang ada di kelas melanjutkan


pelajaran kembali kemudian kemudian pak guru menciptakan aktivitas piket kantin untuk setiap


kelas perharinya dan meminta semoga kepala sekolah merenovasi kantin sekolah.




Hukuman Bu Guru


Pada pagi yang amat cerah alasannya emang lagi terang sih mataharinya, ada seorang guru


dengan salah satu muridnya yang tidak penting.


Murid   : “bu guruuuuuuuuuu, bu boleh gak di aturan tapi belum melaksanakan perbuatan


yang belum dilakukan?”


Guru     : “tentu saja dihentikan lah, jikalau seseorang sudah melaksanakan kesalahan baru


boleh di hukum, jikalau belum melaksanakan kesalahan apa pun yaa dihentikan di


hukum.”


Murid   : “alhamdulillah, saya belum ngerjakan kiprah rumah bu soalnyaaaa.”


Guru     : “ooooo, emangg dasar muridddd!!!!”



Baca juga : Contoh teks eksplanasi


Nah demikian beberapa pola anekdot singkat dan pola anekdot lucu yang bertemakan lingkungan, dan kehidupan sehari – hari semoga sanggup di jadikan refrensi bagi yang membutuhkan dan menambah wawasan bagi pembaca yang sedang mempelaljari anekdot dengan banyak sekali macam tema.


Itulah kiranya ulasan isu mengenai materi teks anekdot lengkap mencakup struktur teks anekdot , pengertian, kaidah kebahasaan , beserta kumpulan contoh teks anekdot singkat dan lucu terbaru 2019. Semoga ulasan artikel diatas sanggup bermanfaat untuk sahabat sahabat semuanya khususnya yang sedang berguru memahami kaidah kaidah teks dalam bahasa Indonesia. Sekian dan selamat berguru kawan!



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 10+ Pola Teks Anekdot Lucu Singkat Beserta Strukturnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel