-->

iklan banner

Tugas Dapat Bangkit Diatas Kaki Sendiri Dan Kiprah Terstruktur Modul 2 Kb 1 Kompetensi Pedagogik


Jawablah pertanyaan soal latihan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
A.    Apa saja bentuk pemanfaatan teknologi dan media informasi yang Anda lakukan di kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran era 21? Coba jelaskan secara singkat!
           
Bentuk pemanfataan teknologi dan media informasi yang saya lakukan di kehidupan sehari hari dalam pembelajaran era 21 ialah memanfaatkan teknologi Internet untuk aktivitas sumber berguru menyerupai pengaksesan video di youtube, mendengarkan music secara online dengan teks rumpang atau memanfaatkan smartphone dan notebook untuk bermain game edukatif bersama siswa, memberi kiprah berdikari kepada siswa dalam bentuk rekaman dengan memanfaatkan smartphone. Hal ini dikarenakan akan menciptakan pembelajaran semakin menarik minat siswa sehingga pola pembelajaran lebih aktif dan kreatif dengan pendekatan student centered.

B.     Berilah pola kasatmata pemanfaatan teknologi dan media informasi pada pembelajaran era 21?

Contoh kasatmata pemanfaatan teknologi dan media informasi pada pembelajaran era 21 yang pernah saya lakukan ialah dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam hal ini, bahan yang diajarkan ialah wacana memperkenal diri. Awalnya, siswa mencari video yang relevan yang berkaitan dengan memperkenalkan diri. Setelah mereka mempelajarinya, dan dibantu dengan konfrimasi dari guru, siswa menciptakan video mereka sendiri dan menguploadnya di channel youtube masing masing. Setelah itu, siswa lain sanggup memperlihatkan komentar, saran dan penilaian pada video temannya tersebut.

Berikut beberapa pola lainnnya
1.      memberikan pendapat dengan sopan melalui media umum yang dipantau dan difasilitasi oleh guru
2.      Mengirim hasil diskusi kelompok / kiprah pribadi melalui email.
3.      Mempelajari metamorfosis banyak sekali macam serangga melalui youtube
4.      Belajar menulis blog mengenai bahan tertentu.
5.      Melakukan video conference menyerupai menghadirkan seorang dokter untuk memperlihatkan edukasi kepada siswa mengenai cara menjaga kesehatan system pernapasan. Jika dilakukan secara live, siswa sanggup melaksanakan Tanya jawab secara langsung.
                       
C.     Berikan ilustrasi akan pesatnya kemajuan pemanfaatan teknologi dan media informasi yang sudah Anda laksanakan pada pembelajaran era 21?

Pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi dan media informasi secara pribadi benar saya rasakan. Salah satu dampak yang saya rasakan dalam pelaksanaan pembelajaran era 21 ialah pemanfaatan situs youtube dan google dalam mencari sumber berguru maupun untuk interaksi pembelajaran menyerupai memperlihatkan saran, komentar dan penilaian terhadap hasil kerja siswa secara real time.

Selain itu juga, pemanfaatan alat-alat media informasi dan komunikasi menyerupai smartphone yang notabenenya hampir semua orang memilikinya akan memperlihatkan dampak wawasan yang luas bagi siswa dimana bahan dalam bentuk benda, tempat, budaya yang masih ajaib dalam benak siswa akan denga gampang sanggup ditayangkan dalam bentuk kasatmata sehingga penetrasi pengetahuan pada siswa diharapkan sanggup lebih maksimal. Disamping itu, hal ini memperlihatkan kemudahan bagi guru dalam memberikan bahan kepada siswa sebab lebih kasatmata dan sebaliknya siswa  juga data mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan

D.    Sebutkan dan jelaskan beberapa kemampuan yang sanggup dikembangkan guru untuk memperlihatkan potensinya terkait kiprah dan kiprahnya di era digital era 21!

Kemampuan yang sanggup dikembangkan guru ialah sebagai berikut :
1. Kemampuan mengolah data, audio, dan video
            Hal ini diharapkan supaya guru bisa memaksimalkan kiprahnya sebagai Interactive Instruction, menyerupai menciptakan video untuk brainstorming dalam pembelajaran atau menciptakan file presentasi menyerupai macromedia dan powerpoint dalam aktifitas pembelajarannya.
2. Memanfaatkan blog/web interaktif dalam memperlihatkan hasil penilaian berguru siswa
            Seperti contoh, dalam pembelajaran Listening Skill, guru bisa memanfaatkan teknologi blog/web yang berisikan lagu rumpang dalam mengasah kemapuan mendengar siswa. Kemampuan ini bisa dinilai dengan memanfaatkan Personal Response System. Kaprikornus guru mengetahui apakah masing masing siswa bisa mengenal kosa kata yang ada di dalam lagu tersebut dan guru bisa mengetahuinya secara real time.
E.     Sebutkan dan jelaskan kiprah guru di era digital era 21 sesuai Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards for Teacher)/NETS-T!

1. Mampu memfasilitasi dan menginspirasi berguru dan kreatifitas siswa, seperti
a)      mendorong, mendukung dan memodelkan penemuan dan pemikiran kreatif dan inovatif.
b)      melibatkan siswa dalam menggali isu dunia nyata (real world) dan memecahkan permasalahan otentik memakai tool dan sumber-sumber digital.
c)      mendorong refleksi siswa memakai tool kolaboratif untuk menerangkan dan mengklarifikasi pemahaman, pemikiran, perencanaan konseptual dan proses kreatif siswa.
d)     memodelkan konstruksi pengetahuan kolaboratif dengan cara melibatkan diri berguru dengan siswa, kolega, dan orang-orang lain baik melalui aktifitas tatap muka maupun melalui lingkungan virtual.

2. Merancang dan membuatkan pengalaman berguru dan asessmen era digital, seperti:
a.       Merancang atau mengadaptasi pengalaman berguru yang sempurna yang mengintegrasikan tools dan sumber digital untuk mendorong berguru dan kreatifitas siswa.
b.      Mengembangkan lingkungan berguru yang kaya akan teknologi yang memungkinkan semua siswa merasa ingin tahu dan menjadi partisipan aktif dalam menyusun tujuan belajarnya, mengelola belajarnya sendiri dan mengukur perkembangan belajarnya sendiri.
c.       Melakukan kostumisasi dan personalisasi aktifitas berguru yang sanggup memenuhi taktik kerja gaya berguru dan kemampuan memakai tools dan sumber-sumber digital yang beragam.
d.      Menyediakan alat penilaian formatif dan sumatif yang bervariasi sesuai dengan standar teknologi dan konten yang sanggup memperlihatkan informasi yang mempunyai kegunaan bagi proses berguru siswa maupun pembelajaran secara umum.

3. Menjadi model cara berguru dan bekerja di era digital, menyerupai :
a.       Menunjukkan kemahiran dalam sistem teknologi dan mentransfer pengetahuan ke teknologi dan situasi yang baru.
b.      Berkolaborasi dengan siswa, sejawat, dan komunitas memakai tool-tool dan sumber  digital untuk mendorong keberhasilan dan penemuan siswa.
c.       Mengkomunikasikan ide/gagasan secara efektif  kepada siswa, orang tua, dan sejawat memakai aneka ragam format media digital.
d.      Mencontohkan dan memfasilitasi penggunaan secara efektif daripada tool-tool digital terkini untuk menganalisis, mengevaluasi dan memanfaatkan sumber informasi tersebut untuk mendukung penelitian dan belajar.

4. Mendorong dan menjadi model tanggung jawab dan masyarakat digital, seperti:

a.       Mendorong, mencontohkan, dan mengajar secara sehat, legal dan etis dalam memakai teknologi informasi digital, termasuk menghagrai hak cipta, hak kekayaan intelektual dan dokumentasi sumber belajar.
b.      Memenuhi kebutuhan pembelajar yang bermacam-macam dengan memakai taktik pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan memperlihatkan susukan yang memadai terhadap tool-tool digital dan sumber berguru digital lainnya.
c.       Mendorong dan mencontohkan adat digital tanggung jawab interkasi sosial terkait dengan penggunaan teknologi informasi.
d.      Mengembangkan dan mencontohkan pemahaman budaya dan kesadaran global melalui keterlibatan/partisipasi dengan kolega dan siswa dari budaya lain memakai tool komunikasi dan kerja sama digital.

5. Berpartisipasi dalam pengembangan dan kepemimpinan profesional, menyerupai :
a.       Berpartisipasi dalam komunitas lokal dan global untuk menggali penerapan teknologi kreatif untuk meningkatkan pembelajaran.
b.      Menunjukkan kepemimpinan dengan mendemonstrasikan visi infusi teknologi, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan bersama dan penggabungan komunitas, dan membuatkan keterampilan kepemimpinan dan teknologi kepada orang lain.
c.       Mengevaluasi dan merefleksikan penelitian-penelitian dan praktek profesional terkini terkait dengan penggunaan efektif daripada tool-tool dan sumber digital untuk mendorong keberhasilan pembelajaran.
d.      Berkontribusi terhadap efektifitas, vitalitas, dan pembaharuan diri terkait dengan profesi  guru baik di sekolah maupun dalam komunitas.



Sumber http://berita-english.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tugas Dapat Bangkit Diatas Kaki Sendiri Dan Kiprah Terstruktur Modul 2 Kb 1 Kompetensi Pedagogik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel