-->

iklan banner

Tips Mempromosikan Kursus Komputer Di Bulan Ramadhan

Mempromosikan kursus komputer di bulan Ramadhan berbeda dengan cara mempromosikan kursus komputer pada bulan syawal. Pengelola forum kursus komputer harus bisa menyesuaikan cara-cara promosinya. Menyesuaikan dengan kebiasaan orang pada umumnya di bulan ramadhan. Contohnya, di bulan ramadhan kebanyakan orang mengurangi aktivitasnya, contohnya jam kerja pulang lebih siang, begitupun dengan kegiatan sekolah yang diisi dengan kegiatan ramadhan dan pulangnya juga lebih awal dibanding hari biasanya.

Mempromosikan kursus komputer di bulan Ramadhan Tips Mempromosikan Kursus Komputer di Bulan Ramadhan

Nah hal-hal semacam itu perlu menjadi perhatian pengelola bisnis, pun dengan anda pengelola forum kursus komputer. Untuk mendapat penerima kursus baru, anda harus kreatif menciptakan kelas kursus khusus di bulan ramadhan, menciptakan even ramadhan yang bisa mendukung kegiatan promosi anda untuk mendapat penerima kelas kursus ramadhan anda.

Kelas Kursus Ramadhan

Kelas kursus ramadhan merupakan salah satu tips promosi kursus komputer di bulan ramadhan. Pengelola harus kumpul bersama tim administrasi forum untuk mencari ide-ide atau tagline kelas kursus versi ramadhan tersebut.

Kelas kursus di bulan ramadhan, biasanya dengan durasi pendek mengikuti kalender pendidikan sekolah. Kurang lebih ada 2 hingga 3 ahad yang bisa dijadikan durasi kelas kursus komputer versi ramadhan. Waktu 3 ahad tersebut bisa dibentuk untuk kelas kursus komputer paket office, disain grafis, dan multimedia yang bisa selesai dengan 8 hingga 10 pertemuan.

Silahkan anda bersama pengelola / administrasi forum kursus komputer untuk menentukan paket kursus yang akan dibuka di bulan ramadhan.

Paket kursus yang cocok dibuka untuk kelas kursus ramadhan yaitu:

Paket kursus Microsoft Office Word

Paket kursus Microsoft Office Excel

Paket kursus Microsoft Office PowerPoint

Tiga paket kursus Microsoft Office tersebut cocok untuk kelas belum dewasa dan umum. Tinggal bagaimana anda bersama pengelola mempromosikannya.

Paket kursus disain grafis Adobe Photosop

Paket kursus disain grafis Adobe Ilustrator

Paket kursus disain grafis Adobe Indesign

Paket kursus disain grafis Adobe Audio

Paket kursus disain grafis Corel Draw

Paket kursus disain grafis Auto CAD

Paket kursus disain grafis Sketchup

Paket kursus disain grafis juga menarik untuk dibuka kelas singkatnya di bulan ramadhan, dengan sasaran penerima kelas usai remaja dan dewasa.

Paket kursus pengolah video Adobe Premiere

Paket kursus pengolah video Adobe After Effect

Paket kursus animasi Adobe Flash

Untuk paket kursus multimedia juga cocok untuk tingkat usia remaja dan dewasa.

Target Peserta Kursus Komputer di Bulan Ramadhan

Penting menentukan targeting penerima kursus untuk paket kursus ramadhan yang akan anda promosikan. Targeting tersebut mencakup beberapa hal yang harus diperhatkan, diantaranya:

1). Target Kelompok Usia

Anda harus mengelompokan usia calon penerima kursus pada kelas kursus komputer yang akan anda buka di bulan ramadhan. Kelompok usia tersebut terdiri dari;

Kelompok usia 9 – 12 tahun

Kelompok usia 13 – 15 tahun

Kelompok usia 16 – 18 tahun

Kelompok usia 19 – 22 tahun

Kelompok cukup umur 22 – 35 tahun, dan seterusnya…

Perlu diingat, usai biasanya menentukan terhadap peminatan paket kursus yang akan anda tawarkan khusus di bulan ramadhan.

Misalnya, kelompok usia 9 – 12 tahun lebih tertari dengan mewarnai memakai komputer, atau berguru mengetik di Microsoft Word. Atau mungkin diantaranya ada yang tertarik dengan Games dan Animasi. Atau salah satu diatarnya mungkin juga tertarik dengan Video Editing. Maka untuk kelompok usia ini, anda paket kursus yang cocok ditawarkan ialah paket Painting, Office Word,  dan Animasi Sederhana.

Untuk kelompok usia 13 – 15 tahun biasanya lebih tertarik untuk berguru mengetik dengan baik, memakai rumus-rumus fungsi, dan menciptakan tampilan slide persentasi yang baik. Maka untuk kelompok usia ini, paket kursus komputer yang cocok ditawarkan ialah paket Office. Tapi banyak juga pada kelompok usia ini yang tertarik berguru menciptakan animasi, mengedit video untuk uploadi di sosial media dan youtube, dan tentu disai grafis untuk mempercantik tampilan picture yang akan mereka share di sosial media. Maka selain paket office, juga cocok anda promosikan ke kelompok usia ini ialah paket Video editing dan Disain Grafis.

Untuk kelompok usai 16 – 18 tahun umumnya mereka sudah mengerti komputer dan menguasai aplikasi standar menyerupai Word dan Excel, atau agenda Office, dan biasanya pada kelompok usia ini juga sudah mulai menekuni software tertentu sesuai dengan hobi kesehariannya, atau software yang mereka pelajari di sekolahnya. Paket yang cocok untuk kelompok usia ini yaitu paket kursus disain grafis, animasi, video editing dan software multimedia lainnya.

Lalu bagaimana dengan kelompok usia 19 – 22 tahun, dan kelompok usia 23 – 35 tahun? Untuk kelompok usia ini biasanya akan menentukan paket kursus yang mendukung kegiatan mereka. Misalnya untuk meningkatkan kemampuannya di Excel, alasannya ialah pekerjaannya input data di excel maka mereka akan menentukan paket excel tentunya. Dan seterusnya…

2). Target Kelompok Aktivitas

Target kelompok ativitas itu apa sih? Tidak jauh berbeda dikala anda mengelompokan targeting menurut kelompok usia, maka mengelompokan targeting menurut kelompok kegiatan juga sama, yaitu mengelompokan sasaran / orang menurut kegiatan kesehariannya. Gunanya bagi pengelola kursus, yaitu untuk menentukan paket kursus komputer yang cocok menurut kegiatan orang.

Kelompok ativitasi itu mencakup kegiatan apa saja?

Kelompok kegiatan Pelajar

Kelompok kegiatan Guru / Pengajar

Kelompok kegiatan Karyawan Kantoran

Kelompok kegiatan Mahasiswa

Kelompok kegiatan Pengusaha

Dan kelompok ativitas lainnya…

Misalnya untuk Kelompok kegiatan Pelajar, yang terdiri dari kelompok pelajar SD, SMP, SMK, Sekolah Menengan Atas ini tentu masing-masing mempunyai kebutuhan masing-masing terhadap paket kursus komputer yang akan mereka pilih di bulan ramadhan. Kelompok pelajar SD tentu lebih bahagia berguru Paint dan bisa dikategorikan pemula, sedangkan pelajar Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas mungkin lebih bahagia berguru aplikasi perkantoran, untuk pelajar Sekolah Menengah kejuruan lebih bahagia berguru aplikasi untuk mendukung pembelajaran kejuruannya di sekolah.

Begitupun dengan kelompok kegiatan mahasiswa dan karyawan, atau Guru misalnya. Mereka akan menentukan paket kursus untuk mendukung kegiatan kerjanya, maka paket kursus yang dipilih tentu paket kursus pada aplikasi yang mereka gunakan di kawasan kerja, pada kelompok ini lebih kepada peningkatan kompetensi dan profesionalitas.

Waktu Pembelajaran Kursus

Ingat, ini bulan ramadhan, penentuan waktu berguru juga harus menyesuaikan dengan kebiasaan orang pada umumnya di bulan ramadhan. Dan targeting menjadi pertimbangan penentuan kelas kursus yang akan dibuka di bulan ramadhan.

Kalau targetingnya kelompok usia 9 – 12 tahun, dan itu ialah kelompok pelajar SD, maka waktu pembelajaran kursus yang sempurna ialah jam 11 – 12 siang, alasannya ialah kegiatan kelompok ini biasanya di sekolah hingga jam 10an, atau tinggal menyesuaikan dengan kegiatan kelompok ini di lingkungan kawasan kursus yang anda kelola.

Kalau targetingnya kelompok usia 13 – 15 tahun, kelompok usia 16 – 18 tahun dan mereka ialah kelompok pelajar Sekolah Menengah Pertama dan SMA/SMK, maka waktu pembelajaran kursus yang sempurna ialah jam 13 – 15 sore. Karena umumnya untuk kelompok ini kegiatan di sekolahnya hanya hingga jam 11, atau 12 siang. Atatu tinggal menyesuaikan dengan jam epektif sekolah di lingkungan kawasan forum kursus yang anda kelola.

Berbeda dengan kelompok usia 9 – 12 tahun, kelompok usia 13 – 15 tahun, atau kelompok 16 – 18 tahun yang aktivitasnya sebagai pelajar, kelompok usia diatas 18 tahun mempunyai jam kegiatan yang varitatif. Maka pembiasaan jam pembelajaran kursus harus menyesuaikan dengan akad dengan calon penerima kursus masing-masing.

Untuk rujukan menentukan waktu, baca artikel ini; menentukan agenda dan waktu kursus komputer

Tips Promosi Kursus Komputer Bulan Ramadhan

Dibagian ini kami akan membahas tips-tipsnya. Yaitu tips mempromosikan paket kursus komputer yang sudah anda buat dan sudah pula memikirkan targeting-targetingnya, kini tinggal bagaimana cara memberikan promosinya kepada targeting-targeting tadi.

Pada tahun 2004an aku pernah melihat paket kursus dengan tagline “ramadhan ceria”. Paket kursus ini berupa paket berguru aplikasi komputer tingkat dasar sekali, dengan targetting usia 9 – 12 tahun kelompok kegiatan siswa sekolah dasar. Waktu itu penerima kursusnya cukup ramai, alasannya ialah pengelola bisa mempromosikannya dengan tepat.

Pelajaran baik yang aku copy dari paket kursus ramadhan ceria itu adalah, cara-cara kreatif pengelola kursus dalam mengemas paket kursus dan tentu cara mempromosikannya untuk targeting yang sempurna di bulan ramadhan. Pelajaran baik ini juga aku pikir masih relevan kalau anda menerapkannya untuk promosi forum kursus komputer yang anda kelola di bulan ramadhan ini. Yaitu dengan mengemas paket kursus dengan tema ramadhan, yaitu paket kursus ramadhan ceria untuk penerima tingkat SD.

Beberapa teladan tips mempromosikan paket kursus komputer dibulan ramadhan:

1). Membuat tema ramadhan

Kelas kursus “paket ramadhan ceria” untuk kelompok usia Sekolah Dasar

Kelas kursus komputer “paket ngabuburit” buat kelompok usia pelajar Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SMK

Kelas kursus komputer “paket irit ramadhan” untuk kelompok dewasa

Dan tema lainnya yang berkaitan dengan ramadhan, dan sanggup menarik perhatian orang untuk mendaptar sebagai penerima kursus komputer.

2). Buat diskon harga spesial

Sudah diskon, Istimewa pula. Artinya tema diskonnya bombastis. Ini tak lain untuk memancing perhatian orang supaya mau mendaftar sebagai penerima kursus komputer. Jangan kalah sama departemen store atau swalayan yang berani menunjukkan diskon besar-besaran di bulan ramadhan. Lembaga kursus komputer pun harus berani, tidak duduk masalah mendapat untung kecil yang penting tidak rugi, anggap saja bederma dibulan ramadhan yang pahalanya akan dihitung beribu kali lipat tentunya.

Misalnya, harga / biaya kursus komputer untuk paket kursus agenda Office diluar bulan ramadhan, 400.000. Di bulan ramadhan anda memangkasnya menjadi 250.000 dengan tema “paket irit ramadhan”. Agar tidak rugi, anda bisa memangkas jumlah pertemuannya, kalau normalnya 8 – 10 pertemuan, maka dalam paket irit ramadhan anda cukup menciptakan durasi pertemuan 6 – 7 pertemuan saja dengan minimal penerima kursus tiap pertemuannya ialah 10 orang peserta.

3). Membuat media promosi masiv

Membuat media promosi secara masiv maksudnya, gunakan banyak sekali bentuk media untuk mempromosikan kelas kursus yang anda buka khusus di bulan ramadhan.

Media promosinya apa saja?

Gunakan media yang cepat menginformasikan promosi kelas kursus anda. Banner dan Poster, dua media promosi konvensional ini masih menjadi media yang cepat untuk memperkenalkan promosi anda. Anda bersama pengelola kursus bisa memasang banner dan poster di tempat-tempat umum yang strategis, yang penampakannya gampang dilihat oleh targetting anda.

Brosur, media ini juga masih cukup bagus untuk promosi. Buat saja brosur yang tidak harus anda cetak di percetakan, tapi cukup dengan Print sendiri, kemudian bagikan ka targetting.

Membuat iklan melalui media online, gunakan sosial media untuk mempromosikan kelas kursus anda. Instagram menjadi sosial media yang sempurna untuk targetting kelompok usia remaja. Facebook masih cukup ampuh untuk targetting kelompok usia diatas 30 tahunan.

Datang pribadi ke targetting, cara ini paling sempurna untuk promosi dengan targetting kelompok usia SD dan SMP. Anda bersama tim, tiba pribadi ke sekolah-sekolah atau membangun kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Tips-tips promosi tadi merupakan bagian penting dalam mengoptimalkan bisnis kursus komputer, silahkan maksimalkan bersama tim pengelola forum kursus anda.

Penutup

Dari uraian yang cukup panjang mengenai tips-tips mempromosikan kursus komputer di bulan ramadhan, pada kesannya penulis harus menyimpulkan bahwa yang paling penting ialah anda dan pengelola forum kursus harus lebih kreatif. Lebih kreatif dalam membuka kelas kursus yang sesuai dengan tema ramadhan, lebih kreatif dalam menentukan harga Istimewa di bulan ramadhan, lebih kreatif dalam hal mempromosikan kelas kursus yang sudah anda buatkan temanya sedemikian rupa dengan harga yang Istimewa tersebut. Kerjasama yang baik dengan seluruh pengelola, dan disertai kerja keras serta penemuan maksimal semua pengelola akan membantu promosi kelas kursus yang anda promosikan bisa menuai hasil yang sesuai dengan target, yaitu banyaknya targetting yang mendaftar sebagai penerima kursus komputer di forum anda. Semoga!


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mempromosikan Kursus Komputer Di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel