-->

iklan banner

Slide Materi: Kesenjangan Pendapatan Dan Kemiskinan

Mankiw (2012: 415) menyampaikan bahwa “A person’s earnings depend on the supply and demand for that person’s labor, which in turn depend on natural ability, human capital, compensating differentials, discrimination, and so on

(Penghasilan seseorang tergantung dari penawaran dan seruan untuk kerja orang tersebut, yang pada gilirannya tergantung dari kemampuan alami, modal manusia, diferensial kompensasi, diskriminasi, dan seterusnya).

Hal inilah yang menjadikan adanya kesenjangan pendapatan antara orang satu dengan orang lain. Kesenjangan pendapatan tersebut sanggup dijelaskan melalui Kurva Lorenz dan Koefisien Gini.

Kurva Lorenz yaitu kurva distribusi yang menggambarkan bab kumulatif pada populasi (diurutkan dari peraih pendapatan rendah ke pendapatan tinggi) dengan bab kumulatif pendapatan yang diperoleh. Sedangkan koefisien Gini yaitu rasio dari bidang di antara kurva distribusi pendapatan kumulatif dan garis distribusi seragam (sempurna) dengan bidang di bawah garis distribusi seragam.

Berikut ini yaitu gambar Kurva Lorenz dan Koefisien Gini:


Berdasarkan gambar tersebut, sanggup diketahui bahwa apabila kurva Lorenz semakin berimpit dengan garis distribusi tepat atau semakin kecil indeks Gini maka semakin kecil pula kesenjangan pendapatan populasi pada suatu negara.


Kelanjutan bahan ini kami tampilkan dalam screenshot berikut ini:




Ingin mendapat file lengkapnya? Silakan d0wnl0ad di sini


Referensi:
Mankiw, N. Gregory. 2012. Principles of Microeconomics: 6th Edition. South-Western Cengage Learning.  

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Slide Materi: Kesenjangan Pendapatan Dan Kemiskinan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel