-->

iklan banner

Si Langka Buah Rukam Yang Berkhasiat

Tanaman yang mempunyai nama Ilmiah Flacourtia rukam ini sudah mulai langka ditemukan Si Langka Buah Rukam yang Berkhasiat
Tanaman yang mempunyai nama Ilmiah Flacourtia rukam ini sudah mulai langka ditemukan.

Tanaman buah rukam (Flacourtia rukam) yakni sebuah spesies tumbuhan berbunga dari keluarga tumbuhan willow,  Salicaceae. Tanaman ini berasal dari Cina, India, dan banyak negara Asia Tenggara. Buah rukam tumbuh di dalam hutan. Tanaman rukam ini sekarang dibudidayakan salah satunya untuk dikonsumsi buahnya. Nama umum buah ini yakni rukam, rukem, governor’s plum, atau indian prune.


Buah rukam ini berasal dari pohon yang sanggup tumbuh dari 5-15 meter. Batangnya mempunyai duri yang sanggup tumbuh sampai sepanjang 10 cm. Seiring perkembangan zaman, sekarang ada juga tumbuhan rukam yang tidak mempunyai duri. Daun barunya berwarna merah kecoklatan. Daun dewasanya berbentuk oval bergerigi. Panjangnya sanggup mencapai 16 cm dan lebarnya sekitar 7 cm. Rangkaian bunga aksila berwarna kuning-hijau jantan dan betinanya muncul dari aksila daunnya. Buahnya berbentuk bundar dengan panjang sekitar 2 cm. Buahnya berwarna hijau, merah, atau merah gelap.


Tanaman yang mempunyai nama Ilmiah Flacourtia rukam ini sudah mulai langka ditemukan Si Langka Buah Rukam yang Berkhasiat
Buah rukam mempunyai buah berbentuk bulat, kulit buah berwarna hijau dikala masih muda dan bermetamorfosis merah sampai merah gelap dikala sudah masak. Rasanya anggun sepat.

Flacourtia bisa ditemui di beberapa kawasan di Indonesia. Tanaman ini digolongkan sebagai tumbuhan yang terancam punah. Nama yang umum didengar di Indonesia untuk buah ini yakni rukem (Sumatra) dan buah Kartu (Ternate, Maluku Utara). Daun dari tumbuhan buah rukam ini lebih kecil dibandingkan dengan daun Flacourtia inermis, namun ukuran buahnya lebih besar. Buahnya sedikit masam dikala masih hijau dan anggun dikala masak.


Baca juga: Tanaman Langka Yang Hidup Di Indonesia


Tanaman yang mempunyai nama Ilmiah Flacourtia rukam ini sudah mulai langka ditemukan Si Langka Buah Rukam yang Berkhasiat
Ilustrasi daging dan biji buah rukam dikala dibelah.

Selain dimakan langsung, buah rukam biasanya diolah menjadi selai, jelly, atau juga manisan. Buah rukam juga bisa dijadikan pelengkap dalam salad dan kuliner sampingan. Buah yang masih muda mengandung tannin yang dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit diare dan disentri. Jus daunnya bisa dipakai sebagai obat untuk pelupuk mata yang meradang. Akarnya biasa dijadikan jamu dan dikonsumsi oleh perempuan sesudah melahirkan. Selain dijadikan sebagai makanan, kayunya yang berpengaruh dan keras biasa dijadikan  perkakas rumah tangga dan furniture.


Buah rukam juga dipercaya bisa memperlancar buang air besar alasannya yakni mengandung serat alami yang banyak. Buah rukam pun dipercaya bisa melindungi badan alasannya yakni memperkuat sistem imun tubuh.


Itulah sekilas gosip mengenai buah rukam dan khasiatnya. Semoga gosip ini bermanfaat untuk Anda.


Cek harga tumbuhan buah rukam di sini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Si Langka Buah Rukam Yang Berkhasiat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel