-->

iklan banner

Review Jurusan Teknik Perminyakan Dan Prospeknya

Teman – teman disini mungkin banyak yang sedang resah memilih jurusan kuliah. Kali ini penulis mencoba sharing  review jurusan kuliah, kali ini wacana jurusan teknik perminyakan atau dalam bahasa Inggris disebut petroleum engineering. Pasti teman – teman ada yang tertarik ke jurusan ini gara – gara prospeknya yang cerah dan akan menghasilkan honor yang besar. Hal ini memang benar, alasannya Faktanya kerja di perusahaan minyak dan gas gajinya cukup tinggi kalau dibandingkan dengan bekerja di sektor lain. Industri minyak dan gas juga bisa menjadi penghasilan utama suatu negara.  Buktinya negara -  negara di Timur Tengah kaya raya alasannya dianugerahi cadangan minyak yang melimpah ruah. Keuntungan lain masuk jurusan teknik perminyakan yaitu alasannya panas bumi yang beberapa ketika yang akan tiba akan lebih ditingkatkan pemanfaatannya sehingga sarjana teknik perminyakan tentunya masih sangat dibutuhkan.
 
Teknik Perminyakan (petroleum engineering) ialah jurusan yang berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bumi, mencakup asal terbentuknya minyak kemudian acara pengeboran, eksplorasi (pencarian minyak dan gas), distribusi dan ekonomi migas. Perbedaan teknik perminyakan dan teknik pertambangan terdapat pada objek benda yang ditambang. Teknik pertambangan berguru menambang benda padat contohnya mineral, batubara, batuan atau materi galian lainnya, nah kalau Teknik Perminyakan berbicara bagaimana menambang barang yang berbentuk fluida (cairan dan gas).

Ilmu fisika dan matematika banyak dipakai di teknik perminyakan. Tetapi hening saja jurusan ini tidak terlalu membutuhkan matematika, fisika, maupun kimia yang sangat tinggi. Perhitungan dalam ilmu perminyakan bisa memakai kalkulator atau software wacana perminyakan. Kaprikornus kalau teman – teman ingin masuk teknik perminyakan dan merasa lemah atau tidak berakal dalam ilmu fisika dan matematika tidak perlu khawatir alasannya mahasiswa yang masuk teknik perminyakan juga awalnya ada yang merasa tidak berakal fisika dan matematika namun hal ini bisa dipelajari dan alhasil mereka bisa lulus sebagai sarjana teknik perminyakan. Selain itu pada semester awal juga akan dipelajari fisika dasar dan matematika. Kaprikornus jangan takut masuk jurusan ini.
Jika ada anggapan “minyak beberapa tahun lagi segera habis",  jangan menyurutkan niat teman – teman untuk masuk ke jurusan ini. Anggapan habis pada anggapan itu maksudnya kalau tidak dilakukan  pencarian lapangan minyak dan gas, alasannya sekedar isu untuk teman – teman  sebenarnya masih banyak tempat yang belum terjamah untuk diambil minyak dan gasnya alasannya teknologi yang belum memadai, contohnya pengambilan minyak pada bahari lepas yang sangat dalam. Kalau suatu ketika teknologi sudah memadai, bukan tidak mungkin  minyak – minyak yang ketika ini belum bisa terambil maka pada masa yang akan tiba bisa terambil. Anggapan “minyak beberapa tahun lagi segera habis" bersama-sama sudah banyak diperbincangkan semenjak tahun 90an. Tapi faktanya sampai ketika ini Indonesia masih bisa memproduksi sekitar 800.000 barrel setiap harinya.
Jurusan teknik perminyakan terdapat 4 spesialisasi ialah reservoir, pemboran, produksi, dan geothermal. Teknik reservoir  belajar diantaranya wacana melaksanakan perhitungan cadangan hidrokarbon dan apa yang harus dilakukan biar sumur minyak bisa berproduksi secara terus - menerus. Teknik pemboran berguru wacana bagaimana cara menciptakan suatu lubang untuk mengalirkan hidrokarbon dari reservoir ke permukaan tanah. Teknik produksi mempelajari wacana penanganan hidrokarbon sehabis diambil ke permukaan biar sesuai dengan standar yang diinginkan perusahaan atau konsumen. 
Jika anda menjadi mahaiswa teknik perminyakan, selain pembelajaran di kelas maka anda diwajibkan juga mengikuti acara praktikum di laboratorium menyerupai praktikum analisa inti batuan, analisa fluida reservoir, analisa lumpur pemboran, evaluasi formasi, analisa semen pemboran, peragaan pemboran, peragaan produksi, uji sumur, dan sebagainya. Bahkan ada juga kampus yang mengadakan kuliah lapangan ke perusahaan minyak dan gas biar mahasiswa mengetahui bagaimana lapangan minyak dan gas dan pelaksanaan industri minyak dan gas.
Pekerjaan atau kiprah seorang petroleum engineer ialah mencari kawasan yang mengandung minyak, menghitung cadangan dari suatu lapangan minyak, memilih dimana titik bor untuk mengambil minyak, melaksanakan acara pemboran, dan lain-lain.

Prospek kerja  Sarjana Teknik Perminyakan
Sarjana Teknik Perminyakan bisa bekerja di banyak sekali sektor menyerupai :

1. Sektor Minyak dan gas (industri minyak dan gas)
Sarjana Teknik Perminyakan bisa bekerja industri migas di seluruh dunia. Jika anda ingin honor yang melimpah maka bekerja di industri minyak dan gas di Timur Tengah bisa menjadi pilihan. Berikut ini beberapa perusahaan minyak dan gas :  Pertamina, Conoco Phillips, VICO Indonesia, Exxon Mobil, Chevron Pasific Indonesia, Total Indoensia, Sclumberger, Medco Energy, dan masih banyak lagi.

2. Bidang pemerintahan dan forum penelitian.
Jika anda sarjana perminyakan yang merasa tidak begitu tertarik masuk ke dunia industri, maka bisa masuk ke bidang pemerintahan dan forum penelitian menyerupai Kementrian energi dan sumber daya mineral, Departemen Pertambangan dan Energi, Ditjen Minyak dan Gas Bumi, Ditjen Geologi dan Sumber Daya Mineral, BP Migas, dan sebagainya. Pada forum penelitian lulusan teknik perminyakan sanggup bekerja di LIPI, Lemigas, BPPT, dan sebagainya.

3. Perusahaan pengadaaan barang penunjang industri perminyakan dan pertambangan
Masuk ke sektor inipun bisa menjadi pilihan lulusan teknik perminyakan

4. Akademisi
Sarjana teknik perminyakan bisa juga menjadi dosen atau peneliti di perguruan tinggi tinggi negeri maupun swasta di seluruh dunia. Menjadi dosen juga cukup menguntungkan alasannya dosen sering menerima proyek dari suatu perusahaan sehingga sanggup mempunyai penghasilan tambahan.

5. Lain-lain (Bank, perusahaan asuransi , dan wiraswasta)

Perguruan Tinggi atau universitas yang mempunyai jurusan teknik perminyakan diantaranya:
1.     Institut Teknologi Bandung
2.     Universitas Trisakti
3.     Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
4.     Universitas Islam Riau
5.     Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
6.     Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan
7.     Akademi Minyak dan Gas (Akamigas) Balongan Indramayu
8.     Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) Cikarang Bekasi

Sekian review wacana jurusan teknik perminyakan dan apabila teman – teman menginginkan review jurusan lain atau isu yang belum sempat ditulis silahkan isi kolom komentar dan dengan bahagia hati akan saya buatkan reviewnya. Thanks :D





Sumber http://informasijurusankuliah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Review Jurusan Teknik Perminyakan Dan Prospeknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel