-->

iklan banner

Pengertian Restoran Serta Tujuan Dan Jenisnya

Apa Yang Dimaksud dengan Restoran.......? Restoran berasal dari kata "restore" yang artinya menyebarkan atau memperbaiki, dan pengembalian atau pengulangan dari kata restore (restoration) yang lalu menjelma restaurant dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesianya restoran, Berikut yaitu Penjelasan Restoran, Tujuan Dan Jenis-jenis Restoran.

 yang artinya menyebarkan atau memperbaiki Pengertian Restoran Serta Tujuan Dan Jenisnya


Definisi Restoran

Menurut Marsum (1994), pengertian restoran yaitu merupakan suatu kawasan atau bangunan yang diorganisasi secara komersial yang menyelenggarakan pelayanan yang baik kepada semua tamunya baik berupa makan dan minum.

Menurut Mary B.Gregoire (2010, p. 11) mengemukakan menurut tujuannya Restoran dibagi menjadi dua pengertian yang dibagi menjadi Onsite foodservice yang secara operasional menjual kuliner hanya untuk mendukung aktifitas utama dan biasanya tergolong non-profit, sedangkan commercial foodservice secara operasional menjual kuliner yaitu prioritas utama dan laba diinginkan.

Menurut Rumekso (2002:2), Pengertian Restoran yaitu kawasan yang menyediakan kuliner dan minuman untuk tamu, serta memiliki fasilitas-fasilitas lain yang diperlukan, dan dikelola secara profesional untuk mendapat keuntungan.

Pengertian restoran secara umum yaitu suatu kawasan atau bangunan yang diorganisir secara komersil yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik, berupa makan maupun minum. Restoran ada yang terletak di suatu hotel, pabrik atau sanggup juga berdiri sendiri.

Tujuan Restoran

Tujuan operasi restoran yaitu untuk mencari untung sebagaimana tercantum dalam definisi Vanco Christian. Selain bertujuan bisnis atau mencari untung, menciptakan puas para tamu pun merupakan tujuan operasi restoran yang utama. Di dalam bisnis ini terjadi semacam tukar barang antara pembeli dengan penjual; dalam hal ini antara produk jasa dengan uang. Barter ini tidak akan berjalan mulus kalau petugas-petugas yang akan menangani pelayanan tidak seleksi secara cermat, dididik dan dilatih dengan baik, diajar berkomunikasi serta dikoordinasikan dengan teliti serta dipersiapkan dengan kesungguhan hati.

Jenis-jenis Restoran

  • Coffee Shop atau brasserie yaitu suatu restoran yang pada umumnya bekerjasama dengan hotel, suatu kawasan di mana tamu sanggup mendapat makan pagi, makan siang dan makan malam secara cepat dengan harga yang cukupan. Pada umumnya sistem pelayanannya yaitu dengan American Service di mana yang diutamakan yaitu kecepatannya. Ready on plate service, artinya kuliner sudah diatur dan disiapkan diatas piring. Kadang-kadang penyajiannya dilakukan dengan cara Buffet atau prasmanan.
  • Cafetaria atau cafe yaitu suatu restoran kecil yang mengutamakan penjualan cake (kue-kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh. Pilihan makanannya terbatas dan tidak menjual minuman yang beralkohol.
  • Canteen yaitu restoran yang bekerjasama dengan kantor, pabrik, atau sekolah, kawasan di mana para pekerja dan para pelajar sanggup mendapat makan siang dan coffee break, yaitu program minum kopi disertai kuliner kecil untuk selingan jam kerja, jam berguru ataupun dalam program rapat-rapat dan seminar.
  • Continental Restaurant. yaitu suatu restoran yang menitik-beratkan menu continental pilihan dengan pelayanan elaborate atau megah. Suasananya santai, susunannya agak rumit, disediakan bagi tamu yang ingin makan secara santai atau relax.
  • Carvery yaitu suatu restoran yang sering bekerjasama dengan hotel di mana para tamu sanggup mengiris sendiri menu panggang sebanyaknya yang mereka inginkan dengan harga menu yang sudah ditetapkan.
  • Dining Room yang terdapat di hotel kecil, Motel atau Inn, merupakan kawasan yang tidak lebih hemat daripada kawasan makan biasa. Dining Room intinya disediakan untuk para tamu yang tinggal di hotel itu, namun juga terbuka bagi para tamu dari luar.
  • Fish and Chip Shop ialah suatu restoran yang banyak terdapat di Inggris, di mana kita sanggup membeli macam-macam kripik (chips) dan ikan goreng, biasanya berupa ikan Cod, dibungkus dalam kertas dan dibawa pergi. Kaprikornus makanannya tidak dinikmati di kawasan itu.
  • Grill Room (Rotisserie) yaitu suatu restoran yang menyediakan majemuk daging panggang. Pada umumnya antara restoran dengan dapur dibatasi oleh sekat dinding beling sehingga para tamu sanggup menentukan sendiri bagian daging yang dikehendaki dan melihat sendiri bagaimana memasaknya. Grill Room adakala disebut juga sebagai Steak House.
  • Inn Tavern ialah suatu restoran dengan harga cukupan yang dikelola oleh perorangan di tepi kota. Suasananya dibentuk sangat erat dan ramah dengan tamu-tamu, sedangkan hidangannya pun lezat-lezat.
  • Night Club/Super Club ialah suatu restoran yang pada umumnya mulai dibuka menjelang larut malam, menyediakan makan malam bagi tamu-tamu ingin santai. Dekorasinya mewah, pelayanannya megah. Band merupakan kelengkapan yang diperlukan. Para tamu dituntut berpakaian resmi dan rapi sehingga menaikkan gengsi.
  • Pizzeria yaitu suatu restoran yang khusus menjual pizza. Kadang-kadang juga berupa spaghetti serta kuliner khas Italia yang lain.
  • Pan Cake House/Creperie ialah suatu restoran yang khusus menjual Pan Cake serta Crepe yang diisi dengan banyak sekali macam manisan di dalamnya.
  • Snack Bar/Cafe/Milk Bar yaitu semacam restoran cukupan yang sifatnya tidak resmi dengan pelayanan cepat, di mana para tamu mengumpulkan kuliner mereka di atas baki yang diambil dari atas counter dan lalu membawanya ke meja makan. Para tamu bebas menentukan kuliner yang disukainya. Makanan yang disediakan pada umumnya yaitu hamburger, sausages dan sandwich.
  • Specialty Restaurant yaitu restoran yang suasana dan dekorasi seluruhnya diadaptasi dengan tipe khas kuliner yang disajikan atau temanya. Restoran-restoran semacam ini menyediakan masakan Cina, Jepang, India, Italia dan sebagainya. Pelayanannya sedikit banyak menurut tatacara negara kawasan asal kuliner special itu.
  • Terrace Restaurant yaitu suatu restoran yang terletak di luar bangunan, namun pada umumnya masih bekerjasama dengan hotel maupun restoran induk. Di negara-negara Barat pada umunya restoran tersebut hanya buka pada waktu ekspresi dominan panas saja.
  • Gourmet Restoran ialah suatu restoran yang menyelenggarakan pelayanan makan dan minum untuk orang-orang yang berpengalaman luas dalam bidang rasa kuliner dan minuman. Keistimewaan restoran ini ialah kuliner dan minumannya yang lezat-lezat, pelayanannya megah dan harganya cukup mahal.
  • Family Type Restaurant ialah suatu restoran sederhana yang menghidangkan kuliner dan minuman dengan harga tidak mahal, terutama disediakan untuk tamu-tamu keluarga maupun rombongan.
  • Main Dining Room ialah suatu restoran atau ruang makan utama yang pada umumnya terdapat di hotel-hotel besar, di mana penyajian makanannya secara resmi, pelan tapi niscaya terikat oleh suatu peraturan yang ketat. Pelayanannya sanggup mempergunakan pelayanan a la Perancis atau Rusia. Tamu-tamu yang hadir pun pada umumnya berpakaian resmi atau formal.

Sumber http://seputarpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Restoran Serta Tujuan Dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel