-->

iklan banner

Pengertian Promosi Serta Fungsi Dan Tujuannya

Pengertian Promosi serta Fungsi dan Tujuannya. Apa Itu Promosi...? Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu acara pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk perusahaan, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak meyakini bahwa produk itu mempunyai kegunaan bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya. Berikut yakni klarifikasi seputar pengertian Promosi, fungsi dan Tujuan Promosi

Definisi Promosi

Promosi berasal dari kata promote dalam bahasa Inggris yang diartikan sebagai mengembangkan atau meningkatkan. Pengertian tersebut kalau dihubungkan dengan bidang penjualan berarti sebagai alat untuk meningkatkan omzet penjualan[1].

Menurut Djaslim Saladin dan Yevis Marty Oesman (2002:123) pengertian promosi yakni suatu komunikasi gosip penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah perilaku dan tingkah laris pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut.

Menurut Buchari Alma (2004:179) promosi itu yakni sejenis komunikasi yang memberi klarifikasi yang menyakinkan calon konsumen ihwal barang dan jasa. Tujuan promosi ialah memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan, dan meyakinkan calon konsumen. Promosi yang menarik akan meyakinkan konsumen dalam membeli produk yang ada direstoran tersebut sedangkan harga merupakan ukuran bagi konsumen untuk melaksanakan pembelian.

Menurut Fandy Tjiptono promosi yakni suatubentuk komunikasi pemasaran. Yang maksud dengan komunikasi pemasaran yakni kegiatan pemasaran yang berusaha membuatkan informasi, mempengaruhi/ membujuk, dan/atau mengingatkan pasar target atas perusahaan dan produknya supaya bersedia menerima, membeli,dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan[2]

Menurut Komarudin Sastradipoera (2003:185) mengenai pengertian promosi yaitu:
  • Promosi yakni setiap kegiatan bukan tatap muka (non face to face activity) yang bekerjasama dengan promosi penjualan, tetapi sering kali meliputi periklanan.
  • Promosi yakni setiap upaya marketing yang fungsinya yakni untuk menunjukkan informasi, meyakinkan para konsumen aktual, potensial mengenai keuangan suatu produk atau jasa (tertentu) dengan tujuan untuk mendorong konsumen baik melanjutkan, melalui pembelian produk atau jasa perusahaan pada harga.
  • Promosi yakni pencairan peluang-peluang perjuangan dan organisasi dana, harta kekayaan dan kemampuan administrasi untuk terjun ke dalam perjuangan dengan tujuan untuk mencari laba.
  • Promosi yakni upaya periklanan untuk meningkatkan penjualan barang-barang.

Secara umum promosi yakni suatu upaya komunikasi produsen untuk selalu mengenalkan, membujuk, mengingatkan dan meyakinkan konsumen supaya menerima, membeli dan loyal pada produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan. Untuk mengadakan promosi, setiap perusahaan harus memilih dengan sempurna alat promosi manakah yang akan dipergunakan supaya mencapai keberhasilan penjualan yang maksimal.


Fungsi Promosi 

  • Menginformasikan produk yaitu berfungsi sebagai gosip pasar sasaran.
  • Membujuk target pasar yaitu berfungsi untuk membentuk merek, mengalihkan ke merek tertentu, mengubah persepsi pelanggan terhadap atribut produk serta sanggup mendorong pembelian ketika itu juga.
  • Mengingatkan (remainding), yaitu berfungsi untuk mengingatkan pembeli bahwa produk tersebut diharapkan dalam waktu dekat, contohnya mengingatkan kembali akan produk yang ditawarkan, mengingatkan kembali akan tempat,dan lain-lain.

Tujuan Promosi

a. Menginformasikan (informing), sanggup berupa:
  • Menginformasikan pasar mengenai keberadaaan suatu produk baru,
  • Memperkenalkan cara pemakaian yang gres dari suatu produk,
  • Menyampaikan perubahan harga kepada pasar,
  • Menjelaskan cara kerja suatu produk,
  • Menginformasikan jasa-jasa yang disediakan oleh perusahaan,
  • Meluruskan kesan yang keliru,
  • Mengurangi ketakutan atau kekhawatiran pembeli,
  • Membangun gambaran perusahaan.

b. Membujuk pelanggan target (persuading) untuk:
  • Membentuk pilihan merek,
  • Mengalihkan pilihan merek tertentu,
  • Mengubah persepsi pelanggan terhadap atribut produk,
  • Mendorong pembeli untuk berbelanja ketika itu juga,
  • Mendorong pembeli untuk mendapatkan kunjungan waraniaga (salesman).

c. Mengingatkan (reminding), sanggup terdiri atas:
  • Mengingatkan pembeli bahwa produk yang bersangkutan diharapkan dalam waktu dekat,
  • Mengingatkan pembeli akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan
  • Membuat pembeli tetap ingat walaupun tidak ada kampanye iklan.
  • Menjaga ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan.

Referensi
[1] Freddy Rangkuti,Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus IntegratedMarketing Communication, (Jakarta: Anggota IKAPI, 2009), h.49
[2] Fandy Tjiptono,Strategi Pemasaran, Ed III, (Yogyakarta: ANDI, 2008), h. 219
.

Sumber http://seputarpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Promosi Serta Fungsi Dan Tujuannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel