-->

iklan banner

Pengertian Data Penelitian

Pengertian data penelitian berdasarkan beberapa peneliti ialah kumpulan fakta yang dikumpulkan dari subjek penelitian untuk diolah dan dianalisis menjadi kesimpulan atau hasil penelitian. Data merupakan fakta-fakta yang difilter untuk kepentingan riset.


Proses penelitian pada prinsipnya ialah proses pencarian dan pengolahan data. Peran data amat penting bagi penelitian ilmiah. Metode ilmiah dikatakan sistematis apabila perlakukan terhadap data sesuai dengan kaidah ilmiah. Peneliti mustahil menganalisis apa yang diketahuinya sebagai fakta secara serampangan dalam proses penelitian. Perlu tahapan yang runut untuk dilewati sebelum melaporkan hasil risetnya. Mengetahui apa pengertian data merupakan langkah awal yang fundamental.


Baca juga Metode Ilmiah: Penjelasan Lengkap







Postingan ini akan membahas secara singkat wacana pengertian data penelitian. Sering kali kita sebagai pembelajar atau peneliti ditanya wacana bagaimana cara memperoleh datanya. Pertanyaan ini selalu menjadi bab dari proses penelitian. Proses pengumpulan data tidak sanggup berjalan sebelum peneliti memahami apa itu data. Sebenarnya apa itu data?


Pengertian data penelitian


Sebagaimana telah disinggung di paragraf pertama, pengertian data sanggup dideskripsikan sebagai fakta-fakta yang dikumpulkan dari informan, responden, partisipan, atau subjek penelitian untuk diolah dan dianalisis menjadi kesimpulan atau hasil penelitian.


Perlu digarisbawahi di sini bahwa tidak semua fakta ialah data. Fakta menjadi data dikala dipakai untuk penelitian. Data yang tidak dipakai akan kehilangan nilai gunanya dalam penelitian. Singkatnya, data merupakan bab dari fakta yang digunakan.


Bentuk data sanggup bermacam-macam, mirip simbol, kata-kata, gambar, foto, rekaman suara, tabel, grafik, situasi sosial, video, dan lainnya. Ketika kita melaksanakan wawancara mendalam dengan informan, data ialah hasil wawancara yang dipakai untuk penelitian. Ketika kita melaksanakan analisis wacana, data ialah dokumen yang kita analisis sebagai subjek penelitian.


Baca juga Subjek Penelitian: Pengertian dan Contohnya







Mengetahui definisi data penelitian tidaklah sulit. Beberapa pakar riset di Indonesia sperti S. Nasution mendefinisikan data sebagai kebenaran sementara dalam kondisi tertentu yang merupakan bab dari fakta yang menjadi sumber pengamatan dalam penelitian.


Menurut peneliti Sapari Imam Asyari, data merupakan fakta-fakta atau keterangan atau warta yang dipakai sebagai sumber atau materi untuk menemukan kesimpulan atau menciptakan keputusan.


Oleh alasannya ialah data bab dari fakta dan dipakai untuk kepentingan riset, sifat data harus valid. Validitas data ditentukan dengan prasyarat sebagai berikut:


Pengertian data penelitian berdasarkan beberapa peneliti ialah kumpulan fakta yang dikumpulka Pengertian Data Penelitian


Prasyarat data yang valid



  • Objektif, artinya sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada dan tak semata-mata berasal dari kepentingan subjektif peneliti.

  • Representatif, artinya sanggup mewakili fakta atau kenyataan yang sifatnya lebih luas.

  • Aktual, artinya mempunyai sifat kebaruan, setidaknya pada masanya.

  • Bernilai guna, artinya sanggup dipakai untuk menjawab atau membantu menjawab pertanyaan penelitian.

  • Unsur kesalahan kecil, artinya bukan berupa kekeliruan yang mayoritas kesalahannya.


Penelitian yang berkualitas hanya sanggup dihasilkan dengan penggunaan data yang valid. Validitas dan data mirip kesatuan dan jangan hingga terpisahkan dalam penelitian. Data ialah suatu ”objek kajian” yang luas definisinya.


Dalam riset, pengertian data selalu dibentuk spesifik. Misalnya, data primer atau data sekunder, data internal atau data eksternal, data kualitatif atau data kuantitatif, dan sebagainya. Spesifikasi data merupakan produk jenis-jenis data.


Baca juga: Data Primer dan Data Sekunder







Apa saja jenis-jenis data penelitian? Di bawah ini saya akan ulas secara super ringkas beberapa jenis data sekadar untuk membantu pembaca mengetahui pengertian data secara lebih lengkap.


Jenis-jenis data penelitian


Berdasarkan cara memperolehnya


◊ Data primer, yaitu data utama yang diperoleh dari tangan pertama subjek penelitian.


◊ Data sekunder, yaitu data yang diperoleh bukan dari sumber pertama. Data ini biasanya untuk komplemen data primer.


Berdasarkan sumbernya


◊ Data internal, yaitu data yang berasal dari dalam suatu organisasi yang diteliti dan menggambarkan kondisi organisasi tersebut.


◊ Data eksternal, yaitu data yang menggambarkan kondisi suatu organisasi namun berasal dari luar organisasi tersebut.


Berdasarkan waktu pengumpulannnya


◊ Data cross-sectional, yaitu data yang dikumpulkan pada waktu tertentu untuk menggambarkan kondisi pada waktu tertentu.


◊ Data time series, yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk melihat suatu pertumbuhan atau perubahan.


Berdasarkan penafsirannya


◊ Data faktual, yaitu data yang diperoleh dari subjek penelitian berdasarkan anggapan bahwa hanya subjeklah yang mengetahui kebenaran warta yang dicari.


◊ Data nonfaktual, yaitu data mengenai subjek penelitian yang perlu digali lebih dalam dari banyak sekali sumber lain.


Berdasarkan sifatnya


◊ Data kualitatif, yaitu data lisan yang dipakai untuk riset kualitatif.


◊ Data kuantitatif, yaitu data berupa angka atau numerik yang dipakai untuk riset kuantitatif.


Baca juga: Contoh Data Kualitatif dan Kuantitatif






Pemaparan jenis-jenis data di atas memang terlalu ringkas. Untuk ulasan lebih detail, pembaca sanggup buka laman lain di Sosiologis.com dengan klik link jenis data penelitian.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Data Penelitian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel