-->

iklan banner

Pengertian Analisis Pekerjaan (Job Analysis) Serta Prinsipnya

Pengertian Analisis Pekerjaan (Job Analysis) Serta Prinsipnya. Analisis pekerjaan sering disebut dengan banyak sekali istilah menyerupai analisis jabatan, analisis tugas, analisis acara ataupun penelitian kerja. Analisis pekerjaan berfungsi untuk mengumpulkan data secara sistematis dan menciptakan pertimbangan mengenai semua gosip penting yang berafiliasi pekerjaan tertentu. Hasil analisis pekerjaan merupakan masukan terhadap banyak acara sumber daya manusia. Analisis pekerjaan bertujuan untuk menyediakan suatu pemahaman yang mendalam wacana isi dan persyaratan pekerjaan bagi manajemen.

 Analisis pekerjaan sering disebut dengan banyak sekali istilah menyerupai analisis jabatan Pengertian Analisis Pekerjaan (Job Analysis) Serta Prinsipnya

Analisis pekerjaan merupakan terjemahan dari job analysis, yang terdiri dari kata Job dan analysis. Job yang mempunyai arti pekerjaan, jabatan, tugas, dan kegiatan pekerjaan. Sedangkan analysis berarti memisah-misahkan pekerjaan ke dalam bab atau unsur-unsur yang disebut tugas.

Definisi Analisis Pekerjaan

Menurut Bedjo Siswanto (2003:37) Analisis pekerjaan yaitu “Suatu kegiatan yang dilakukan untuk mendapat citra mengenai unsur-unsur dan tugas-tugas yang terkandung dalam jabatan”.

Menurut Rivai (2009:367), ada beberapa pengertian mengenai analisis pekerjaan, yaitu :
  • Analisis pekerjaan yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari wacana pekerjaan dan proses menetukan persyaratan yang harus disiapkan, termasuk di dalamnya sistematika rekruitmen, penilaian atau pengendalian, dan organisasi atau perusahaannya.
  • Analisis pekerjaan merupakan kegiatan atau proses dalam menghimpun dan menyusun banyak sekali gosip yang berkenaan dengan setiap pekerjaan, tugas- tugas, jenis pekerjaan, dan tanggung jawabnya secara operasional untuk mewujudkan tujuan organisasi atau bisnis suatu perusahaan.
  • Analisis pekerjaan yaitu perjuangan untuk mencari tahu wacana jabatan atau pekerjaan yang berkaitan dengan tugas-tugas yang dilakukan dalam jabatan tersebut.

Analisis pekerjaan yaitu cara sistematis mengumpulkan dan menganalisis gosip wacana isi pekerjaan dan kebutuhan tenaga manusia, serta konteks di mana pekerjaan dilaksanakan.

Berdasarkan pengertian di atas, maka sanggup disimpulkan analisis pekerjaan yaitu kegiatan mengumpulkan data yang dilakukan dengan cara menghimpun serta mengolah data dan lalu menyajikan hasil berupa gosip secara sistematis, tepat, dan terperinci untuk keperluan pengelolaan pekerjaan, tenaga kerja, dan teknologi dalam organisasi.

Prinsip Analisis Pekerjaan

  1. Analisis pekerjaan harus menawarkan semua fakta penting yang ada hubungannya dengan pekerjaan;
  2. Analisis pekerjaan harus sanggup menawarkan fakta yang diharapkan untuk majemuk tujuan;
  3. Analisis pekerjaan harus sering ditinjau, bila perlu dipeberbaiki;
  4. Analisis pekerjaan harus sanggup memperlihatkan unsur-unsur pekerjaan yang paling penting di antara beberapa unsur pekerjaan dalam setiap pekerjaan;
  5. Analisis pekerjaan harus sanggup menawarkan gosip yang teliti dan sanggup dipercaya.

Berdasarkan prinsip tersebut di atas, maka sanggup dihubungkan dengan empat macam gosip pekerjaan yang dikemukakan oleh Dale Yoder dalam Moekijat (1998:61-62), antara lain apa yang dilakukan, syarat-syarat perseorangan, tanggung jawab pekerjaan, dan kondisi kerja.

Selain itu, berdasarkan Sedarmayanti (2009:145) menjelaskan pula bahwa gosip karakteristik pekerjaan yang sanggup membedakan antara pekerjaan yang satu dengan yang lainnya antara lain acara dan tingkah laris pekerjaan, interaksi dengan pegawai lainnya, standar kinerja, imbas terhadap keuangan dan penganggaran, mesin dan peralatan yang dipakai serta kondisi pekerjaan.
.

Sumber http://seputarpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Analisis Pekerjaan (Job Analysis) Serta Prinsipnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel