-->

iklan banner

Materi Pelajaran Komputer Untuk Anak Usia Sd Ketika Ini

Materi Pelajaran Komputer Untuk Anak Usia SD Saat ini, topik ini menarik aku tulis di website modulkomputer.com untuk membuka ide-ide kreatif para Guru yang mengajar mata pelajaran TIK/ mulok komputer di sekolah dasar. Perkembangan teknologi berkembang pesat ketika ini, ini berdampak pada pergaulan belum dewasa dengan perangkat teknologi informasi yang semakin lumrah. Karenanya sebagai guru komputer perlu memusatkan perhatian pada imbas yang ditimbulkan dari pergaulan anak-anak, anak usia SD terutama, terhadap perangkat teknologi informasi tersebut. Untuk itu lewat goresan pena ini mari kita beropini ihwal bahan pelajaran komputer ibarat apa yang pas, atau diharapkan ditahun 2018 ini.

Materi Pelajaran Komputer Untuk Anak Usia SD Saat ini Materi Pelajaran Komputer Untuk Anak Usia SD Saat ini

Yang jadi pola dalam penentuan bahan pelajaran mulok Komputer di SD ialah struktur kurikulum, lebih spesifik lagi SK KD dalam silabus pembelajaran pada kurikulum yang digunakan.

Materi pelajaran komputer SD di masa KTSP

Pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dimana masih ada mata pelajaran TIK, pemerintah mengeluarkan pola dasar bahan pelajaran komputer yang akan diajarkan oleh guru di sekolah masing-masing, silabus tersebut bisa diubahsuaikan dan dikembangkan lagi oleh masing-masing sekolah.

Pada masa kurikulum KTSP umumnya bahan pelajaran di level SD itu seputar penggunaan aplikasi Office. Silabus TIK yang aku buat untuk pembuatan modul komputer SD, juga kurang lebih sama materinya sepuatr Office, plus pengenalan internet dan penggunaan aplikasi berbasis internet didalamnya.

Materi pelajaran komputer dalam silabus TIK SD yang aku buat dipetakan menjadi dua, yang pertama bahan kelas dasar (kelas 1 – 3), dan bahan kelas tinggi ( kelas 4 – 6). Untuk bahan kelas dasar bahan utamanya fokus pada pengenalan cara memakai perangkat komputer dasar, ibarat menggerakan mouse, memakai keyboard dengan aplikasi sederhana (Paint, Wordpad, aplikasi Accesorries) sebagai media materinya.

Sedangkan untuk kelas tinggi masuk pada pokok bahan mengoperasikan aplikasi Office dan Internet. Untuk kelas 3 SD misalnya, bahan pokoknya ialah mencar ilmu cara mengetik yang baik dengan aplikasi yang dipakai ialah Wordpad. Untuk kelas 4 pokok bahan pada cara mengoperasikan aplikasi Microsoft Word dan dasar internet. Kelas 5 fokus pada memakai aplikasi Microsoft Excel dan penggunaan beberapa aplikasi berbasis internet, untuk kelas 6 nya fokus pada aplikasi Microsoft Powerpoint untuk animasi dan Interent.

Di sekolah dasar yang sudah mapan, dalam arti perangkat komputernya lengkap, guru komputernya ada dan mumpuni, bahan pelajaran komputernya sudah jauh lebih tinggi. Seperti yang aku lihat pada silabus dari penerbit erlangga untuk kelas 6 SD bahan pelajarannya sudah pada penggunaan aplikasi disain grafis Adobe Photosop, lihat disini contoh silabusnya.

Saya sendiri menciptakan silabus dengan perkiraan general, artinya semua sekolah dasar bisa mengajarkan bahan yang ada dalam silabus yang aku buat tersebut, seminim apapun akomodasi komputernya, dan siapapun gurunya.

Materi pelajaran komputer di masa ketika ini, Generasi Alfha

Era ketika ini disebut juga dengan masa generasi alpha. generasi yang lahir dari tahun 2011 – 2015, generasi yang ketika mereka lahir teknologi sudah berkembang dengan canggihnya. Maka intensitas pergaulan dengan perangkat teknologi ibarat komputer dan gadget sudah menjadi hal lumrah, pada kondisi ibarat ini muncul pertanyaan ihwal bahan pelajaran komputer yang relevan untuk mereka.

Apa bahan pelajaran komputer yang cocok dengan anak usia SD ketika ini?

Ada beberapa bahan yang sebetulnya tetap relevan digenerasi apapun. Materi itu ialah bahan office. Kalau memakai aplikasi buatan Bil Gate maka bahan memakai aplikasi Microsoft Offie akan tetap relevan di masa apapun.

Aplikasi wordprocessor merupakan aplikasi yang akan tetap dipakai sekalipun teknologi terus berkembang. Karena aplikasi wordprocessor ini merupakan media pengganti alat tulis dan kertas, sedangkan kebutuhan menulis akan terus ada hingga kapanpun. Jadi, bahan mengetik di aplikasi wordprocessor akan tetap dibutuhkan. Tinggal bagimana cara mengemasnya saja.

Begitupun dengan aplikasi spreadsheet, ini juga merupakan aplikasi yang tak lekang oleh zaman. Keberadaanya dan fungsi-fungsinya sangat dibutuhkan, terutama untuk pengolahan data sementara.

Sedangkan untuk aplikasi presentation, sekalipun tetap dipakai tetapi belakanga banyak varian aplikasi canggih yang bisa dipakai untuk menciptakan slide presentasi.

Maka aku mengurutkan beberapa bahan yang berdasarkan aku pas untuk belum dewasa usia SD  ketika ini, antara lain;

1). Materi pegolah kata memakai aplikasi wordprocessor

2). Materi pengolah angka memakai aplikasi spreadsheet

3). Materi menciptakan slide presentasi kreatif dan animasi sederhana memakai aplikasi presentation

Saya rasa tiga bahan tersebut tetap relevan untuk menjadi bahan pokok pembelajaran mata pelajaran mulok TIK / komputer di level Sekolah Dasar.

Bagaimana dengan bahan ini;

1). Disain grafis memakai adobe photosop

2). Belajar pemrograman memakai scratc, alice, atau tynker atau visual basic

3). Robotik

Materi-materi tersebut berdasarkan aku boleh diajarkan, tapi sebatas pilihan, tidak masuk dalam bahan pokok pembelajaran. Sebab materi-materi tersebut sekalipun terdengar “wah” dan “canggih” tapi kurang bermanfaat bagi belum dewasa usia SD, bahan ibarat itu cocoknya diajarkan untuk anak di level Sekolah Menengah Pertama dan SMA.

Jadi, dalam modul TIK SD terbaru yang akan aku buat, aku akan tetap menciptakan materi-materi pokok tadi yaitu bahan aplikasi perkantoran, tentu dengan versi aplikais terbaru dan cara penyajian yang berbeda diubahsuaikan dengan kebutuhan penggunakan aplikasi tersebut di eras ketika ini. Misalnya untuk penggunaan aplikasi presentation aku akan lebih bahagia menyajikannya untuk menciptakan huruf dan film animasi sederhana ketimbang menciptakan slide-slide presentasi.

Kira-kira ibarat itulah Materi Pelajaran Komputer Untuk Anak Usia SD yang pas untuk anak SD di masa generasi Z ketika ini. Mungkin penyusun buku komputer level SD lainnya beropini berbeda, tapi secara eksklusif aku beropini materi-materi itulah yang pas diajarkan kepada anak usia Sekolah Dasar.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Pelajaran Komputer Untuk Anak Usia Sd Ketika Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel