-->

iklan banner

Jurusan Teknik Sipil Dan Prospek Kerja

Review Jurusan Teknik sipil - Teknik Sipil yaitu salah satu jurusan di perguruan tinggi tinggi  yang masih berada dalam lingkup ilmu teknik yang di dalamnya mempelajari  wacana teknologi perencanaan, pembangunan, perawatanan, perbaikan pada bangunan maupun kemudahan umum, contohnya jalan tol, jalan raya, gedung dan lain sebagainya.

Nah dari definisi diatas semoga pembaca sudah tidak ada yang salah beranggapan lagi hanya  karena ada kata - kata sipilnya maka seorang sarjana jurusan teknik sipil hanya sanggup bekerja sebagai pegawai negeri sipil ataupun hanya akan berkarir di instansi pencatatan sipil.

Baca juga : info lengkap jurusan teknik pertambangan


Jurusan teknik sipil dan teknik arsitektur merupakan jurusan yang berbeda walaupun sama-sama berbicara mengenai menciptakan gedung. Pada jurusan Teknik sipil, mahasiswa belajar cara menciptakan struktur bangunan  yang kokoh dan ekonomis. Sedangkan jurusan Teknik Arsitektur lebih terfokus kepada problem desain bangunan.  Teknik arsitektur lebih condong belajar mengenai cara mendesain bangunan yang menarik. Kaprikornus orang – orang teknik sipil sanggup dikatakan merupakan penerjemah ke dalam bentuk kasatmata dari sebuah desain gambar seorang arsitek.
Dalam jurusan ini sanggup dikatakan terdapat banyak mata kuliah yang memaksa anda untuk menhitung. Tetapi  jika anda tidak gemar dengan hitungan-hitungan, tetapi niat anda sangat ingin masuk ke jurusan teknik sipil maka jangan gentarkan niat anda. Lebih baik anda siapkan diri anda untuk mempelajari hitungan di jurusan ini. Karena anda harus ingat bahwa semua hal niscaya sanggup dipelajari. Banyak juga maahsiswa teknik sipil yang bahwasanya tidak menyukai hitungan tetapi buktinya sanggup menjadi sarjana teknik sipil.

Perkuliahan Di Teknik Sipil
Cabang-cabang ilmu yang mahasiswa jurusan teknik sipil pelajari diantaranya :  
1. Manajemen Konstruksi      
Di dalamya diantaranya  mencar ilmu mengenai administrasi dalam sebuah pekerjaan  konstruksi mencakup biaya atau keuangan, waktu pembangunan biar simpulan sempurna sasaran waktu dan hal – hal lainnya yang  berkaitan dengan administrasi dalam perencanaan sebuah bangunan.  Ilmu ini pas untuk anda calon -  calon manajer dalam sebuah proyek pembangunan/perusahaan konstruksi.
2. Geoteknik
Dalam geoteknik mahasiswa diantaranya mencar ilmu mengenai struktur tempat didirikan suatu bangunan. Selain itu juga mempelajari wacana sifat tanah menyerupai apakah tanah di suatu tempat baik dan cocok untuk pendirian sebuah bangunan alasannya kondisi tanah merupakan salah satu faktor yang besar lengan berkuasa dalam pemmbuatan sebuah bangunan.
3. Transportasi,
Mahasiwa teknik sipil juga dibekali mengenai pelajaran sistem transportasi berkaitan dengan perencanaan dan pengaplikasiannya dalam kehidupan. Hal ini bertujuan biar mahasiswa teknik sipil mempunyai ilmu yang sanggup diterapkan dalam pembuatan jalan tol maupun  raya, kontruksi bandara, pembangunan pelabuhan dan hal – hal lain yang berkaitan dengan pembuatan sarana transportasi.
4. Hidrologi/Hidrolika
Dari kata hidro diatas niscaya teman-teman sudah sanggup menebak yaitu Mahasiswa teknik sipil juga mempelajari mengenai air.
Pelajaran wacana air ini diantaranya mencakup distribusi, problem, penanganan dan pengawasannya . ilmu ini kelak akan diterapkan pada sesuatu yang bekerjasama dengan bangunan air contohnya waduk, bendungan dan pelabuhan. Selain itu ilmu ini juga digunakan untuk  irigasi dan drainase kota
5.Stuktur bangunan 
Di dalamnya membahas wacana material contohnya kaca, kayu,  baja, beton, dan juga material – material bangunan lainnya. Pembahasan wacana material ini bertujuan biar mahasiswa teknik sipil mengetahui menyerupai apa sifat-sifat material yang baik untuk digunakan sebagai materi dalam pembangunan. 
Jika anda masuk ke jurusan teknk sipil maka pada semester awal akan diajarkan mata kuliah dasar yang masih sanggup dikatakan menyerupai pelajaran Sekolah Menengan Atas menyerupai Bahasa indonesia, Fisika,Matematika (Kalkulus), Kimia, pancasila, Agama, Bahasa inggris. Kemudian kalau sudah menginjak ke semster – semester selanjutnya maka akan bertemu dengam mata kuliah yang mulai mendalami ilmu teknik sipil menyerupai : Mekanika teknik, statistika, Gambar teknik, Struktur Jembatan, Teknologi materi bangunan, Struktur beton, Hidrologi, Struktur baja, Struktur Kayu, Hukum yang bekerjasama dengan proyek Konstruksi, Sistem transportasi, Rekayasa pondasi, menejemen proyek, rel  Kereta Api, Jalan Raya, Terowongan, Irigasi bangunan air, Ilmu Ukur Tanah, Mekanika Tanah, Hidrolika, software komputer yang digunakan di bidang teknik sipil ( contohnya Staad pro , SAP 2000,  Autocad , eTABS , dsb ) dan mata kulliah lainnya yang jiika anda ingin tahu maka anda harus masuk ke jurusan teknik sipil hehe

Prospek kerja lulusan jurusan teknik sipil
Jurusan teknik sipil merupakan jurusan yang bahwasanya mengatakan prospek yang cerah. Karena anda harus ingat bahwa negara ini terus melaksanakan pembangunan dalam segala hal, baik gedung, jalan maupun kemudahan – kemudahan lainnya. Berikut ini yaitu beberapa ulasan mengenai prospek kerja teknik sipil.
1.Konsultan / Kontraktor Konstruksi Bangunan
Lulusan jurusan teknik sipil sanggup bekerja di bidang pembangunan sebuah kontruksi, pola posisinya sebagai , struktural engineer, site engineer,drafter dan estimator.
2. Program atau proyek pembangunan
Mahasiswa teknik sipil kelak sanggup bekerja dalam sebuah planning pembangunan, contohnya jalan raya, jalan tol, jembatan, rumah sakit, bendungan dan lain - lain. Negeri kita ini merupakan salah satu negara yang masih menggencarkan pembangunan, jadi menjadi mahasiswa teknik sipil dan kelak turut berkarir di bidang pembangunan kemudahan merupakan salah satu peluang yang baik bagi anda.
3.Pegawai Negeri Sipil ( PNS )
Instansi-instansi pemerintah juga membutuhkan lulusan teknik sipil. Contohnya pada tubuh dan dinas menyerupai Badan perencanaan daerah, PMU-Bina Marga, rumah sakit, Departemen ESDM, Dina tata kota dan pertamanan.
4. Badan Usaha Milik Negara ( BUMN )
Beberapa BUMN juga menyediakan lowongan untuk anda calon sarjana teknik contohnya di Cipta karya ( Perencanan ), Waskita karya ( Bangunan Gedung ), Hutama karya (Jalan dan jembatan ) dan BUMN-BUMN lainnya.
5. Bidang Umum
Lulusan teknik sipil masih punya banyak sekali alternatif dimana ia akan bekerja pilihan prospek, contohnya sanggup bekerja di BUMN yang tidak bekerjasama dengan industri di bidang konstruksi untuk pembangunan contohnya Telkom dan PLN. Pekerjaan yang dilakukan lulusan teknik sipil pada perusahaan ini contohnya pada prasarana  tower telekomunikasi serta bendungan untuk pembangkit listrik. Perusahaan – perusahaan swasta juga sanggup menjadi tempat bekerja lulusan teknik sipil termasuk juga perusaahn minyak dan pertambangan.

Bagi anda yang tidak suka bekerja di lapangan maka Dunia perbankan juga sanggup menjadi aternatif, pola pekerjaanyanya menjadi analis peminjaman uang untuk pembangunan sebuah proyek untuk menetukan apakah proyek tersebut layak menerima uang proteksi atau tidak.

Selain hal-hal di atasa masih banyak prospek kerja jurusan teknik sipil.  Pada Intinya jurusan teknik sipil bukanlah jurusan yang sempit dalam hal prospek kerja. 


Sumber http://informasijurusankuliah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jurusan Teknik Sipil Dan Prospek Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel