-->

iklan banner

Faktor-Faktor Yang Memilih Pengeluaran Pemerintah

Pajak yang diterima pemerintah akan dipakai untuk membiayai banyak sekali acara pemerintah. Di negara-negara yang sudah sangat maju pajak yakni sumber utama dari pembelanjaan pemerintah. Sebagian dari pengeluaran pemerintah yakni untuk membiayai manajemen pemerintahan dan sebagian lainnya untuk membiayai kegiatan-kegiatan pembangunan.

Membayar honor pegawai-pegawai pemerintah, membiayai sistem pendidikan dan kesehatan rakyat, membiayai pembelanjaan untuk angkatan bersenjata, dan membiayai jenis infrastruktur yang penting. Beberapan pola pembelanjaan tersebut merupakan pengeluaran oleh pemerintah. Artikel ini akan membahas wacana beberapa faktor yang memilih pengeluaran pemerintah tersebut.

Jumlah pengeluaran pemerintah dalam suatu periode tertentu dipengaruhi oleh banyak sekali faktor. Beberapa faktor yang penting yakni sebagai berikut:

1. Proyeksi Jumlah Pajak yang Diterima
Salah satu faktor penting yang memilih besarnya pengeluaran pemerintah yakni jumlah pajak yang diramalkan. Dalam menyusun anggaran belanjanya, terlebih dahulu pemerintah harus menciptakan proyeksi wacana jumlah pajak yang akan diterimanya. Makin banyak jumlah pajak yang sanggup dikumpulkan, makin banyak pula pembelanjaan pemerintah yang dilakukan.

2. Tujuan-tujuan Ekonomi yang Akan Dicapai
Faktor yang lebih penting dalam penentuan pengeluaran pemerintah yakni tujuan-tujuan ekonomi yang ingin dicapai pemerintah. Peran pemerintah sangat penting dalam perekonomian, alasannya yakni sanggup mengatur acara ekonomi kea rah yang diinginkan. Beberapa tujuan penting dari acara pemerintah yakni mengatasi duduk kasus pengangguran, inflasi dan mempercepat pembangunan ekonomi jangka panjang.

Untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut sering sekali pemerintah membelanjakan uang yang jauh lebih besar dari pendapatan pajak yang diperoleh. Untuk mengatasi pengangguran dan pertumbuhan ekonomi yang lambat – misalnya, pemerintah perlu membiayai pembangunan infrastruktur menyerupai irigasi, jalan-jalan, pelabuhan, dan berbagi pendidikan.
Ilustrasi Pembangunan Infrastruktur via tataruangpertanahan.com
Usaha tersebut membutuhkan uang yang banyak dan pendapatan dari pajak saja tidak cukup untuk membiayainya. Sehingga untuk memperoleh dana yang diperlukan, pemerintah terpaksa melaksanakan pinjaman.

3. Pertimbangan Politik dan Keamanan
Pertimbangan politik dan keamanan negara selalu menjadi salah satu tujuan penting dalam menyusun anggaran belanja pemerintah. Kekacauan politik, perselisihan di antara banyak sekali golongan masyarakat dan tempat seringkali terjadi di banyak sekali negara di dunia. Keadaan tersebut akan menjadikan kenaikan pembelanjaan pemerintah yang sangat besar, terutama apabila operasi militer perlu dilakukan.

Sumber Referensi:
Sadono Sukirno. 2006. Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Memilih Pengeluaran Pemerintah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel