Deteksi Sumber Hilangnya Pengapian Motor
sebagai pengendara atau penguna sepeda motor kita juga harus memperhatikan kendaraan yang kita gunakan tersebut, service rutin itu harus dilakukan pada kendaraan anda. tapi sering kali yang terjadi pada sepeda motor yakni sering hilangnya pengapian secara tiba-tiba atau mendadak ketika sedang berkendara, mungkin sebagian dari kalian pernah mengalami hilangnya pengapian secara tiba-tiba?
pengapian motor yakni sumber pembakaran pada mesin motor dan sangat mensugesti performance atau tenaga motor tersebut. percikan apinya berfungsi aben adonan udara dan kabut materi bakar yang masuk ke ruang pembakaran.
apabila tidak ada api maka tidak ada pembakaran yang menciptakan mesin tidak sanggup hidup, mungkin buat yang resah harus mulai darimana? kita akan mencari pokok permasalahannya satu persatu kita mulai dari
pengecekan pada busi
kenapa komponen pertama yang harus dicek itu busi? alasannya busi itu urutan proses pengapian yang terakhir yang sanggup memercikan api, gimana cara cek businya? yah dicopot dong businya.setelah busi dicopot pasang lagi kop busi ke businya dan dekatkan pada mesin motor, kemudian coba engkol atau starter. warna api yang biru menerangkan pengapian yang normal apabila apinya berwarna merah gantilah busi dengan yang gres dan kalo tidak mengeluarkan api itu menerangkan bahwa ada problem pada komponen pengapian kalian dan cek ke komponen lainnya. busi juga sanggup menjadi penyebab borosnya materi bahar pada motor lho..
pengecekan pada koil
koil yakni sebuah komponen motor untuk melipat gandakan arus listrik dari spul motor, tapi pada umumnya koil itu jarang mengalami kerusakan, lah terus gimana dong kalo koilnya engga rusak? yah kan belum dicek, coba lalukan pengecekan terhadap koil tersebut.cara pengecekannya mudah, kalian tinggal cabut kabel yang menuju busi dan coba tempelkan ke mesin motor, apabila keluar api berarti normal tapi kalo tidak keluar api, coba cabut kabel yang menuju koil kemudian tempelkan ke mesin atau kerangka motor, apabila keluar api berarti normal, namun bila tidak keluar api coba cek komponen lainnya.
pengecekan pada CDI
CDI itu sanggup dibilang otaknya pengapian motor, lah motor kok punya otak? itukan cuma umpama wooy.. lanjut. CDI itu sendiri sama dengan koil yang jarang mengalami kerusakan, namun lain ceritanya kalo terjadi koslet atau memang CDI itu sendiri bukan aslinya. yah mungkin sanggup saja mati.cara pengecekan CDI itu sendiri dibilang simpel gampang susah, damai aja tapi kebanyakan gampangnya ^_^
biasanya orang mengunakan avometer atau tester tapi buat saya itu terlalu ribet, bukan begitu sodara-sodara? cara sederhana kita tinggal ngecek kabel yang berwarna orange ditempelkan pada mesin atau kerangka kalo apinya gede awas kebakaran wkwk :D itu tandanya normal. tapi kalo apinya kecil kemungkinan CDI lemah.
pengecekan pada kontak
emang ngaruh yah kontak motor? coba aja kalo engga di kontak emang nyala? wkwk. bukan begitu maksud saya coba cek kabel yang terhubung dengan kontak motor alasannya biasanya soket pada kontak suka copot sendiri.pengecekan pada sepul
nah ini yang terakhir yang harus diperiksa yakni spul pada motor. selain bukanya yang tidak mengecewakan repot sepul itu sendiri jarang mengalami kerusakan, cara melihat kerusakan pada spul biasanya terlihat dari fisiknya niscaya ada yang gosong atau terbakar.kalau tidak ada yang gosong biasanya si masih sanggup dipakai dan biasanya yang rusak ada pada pecahan pulser yang mana pulser itu sendiri berfungsi sebagai titik buka pengapian, jikalau pulsernya lemah maka apinya tidak akan keluar pada motor anda.
nah jadi kalian sudah tau kan apa saja yang harus diperiksa ketika motor hilang pengapian secara tiba-tiba? dan kenali juga dasar pecahan mesin pada motor kalo masih belum ada juga pengapian pada motor kalian, saran dari saya si kalian coba ganti kabel bodi motor kalian dengan yang baru. Sumber http://gobengkel.blogspot.com
0 Response to "Deteksi Sumber Hilangnya Pengapian Motor"
Posting Komentar