-->

iklan banner

√ Biografi Bobby Kool Personil Dari Superman Is Dead

Nama lengkap I Made Putra Budi Sartika (Bobby kool) lahir di Denpasar, 8 September 1977. I Made Putra Budi Sartika atau yang dekat disapa dengan Bobby ini merupakan personil dari grup band asal Bali, Indonesia, yaitu Superman Is Dead. Di grup Superman Is Dead, Bobby berperan sebagai gitaris dan sekaligus sebagai vokalis.


Nama panggilannya saat masih bawah umur yakni Bobby Bikul (bikul=tikus dalam bahasa Bali). Ketika kariernya bermusik dimulai, lalu ia mengganti namanya dengan Bobby Kool. Masa kecil Bobby dihabiskan di Denpasar, ia menuntaskan kuliahnya di Sastra Inggris, Fakultas sastra Universitas Warmadewa Denpasar. Saat pertama kali bermain musik ia lebih tertarik untuk memainkan drum. Namun, saat ia mulai membentuk sebuah grup band ia mulai tertarik untuk memainkan alat musik gitar. Selain tertarik dalam dunia musik ia juga dikenal sebagai penggemar sepeda sekaligus seorang disainer. Ia sering merakit sepeda dari beberapa rongsokan sepeda yang sudah tidak terpakai/rusak.


Hobinya terhadap sepeda menjadi salah satu gambaran khusus pada dirinya saat membentuk sebuah grup band (Superman Is Dead) di mana ia memperkenalkan sebuah slogan kepada para penggemarnya ihwal “lebih baik naik sepeda”. Profesi lain dari Bobby yaitu sebagai disainer grafis, ia juga sempat bekerja sebagai seorang disainer untuk sebuah perusahaan majalah kartun dan koran surfing di Bali. Namun, pada alhasil bergabung bersama Rizal Tanjung yang merupakan seorang peselancar nasional yang lalu mereka berdua mendirikan sebuah perusahaan berjulukan Electrohell yang bergerak dalam bidang pembuatan desain pakaian surfing dan juga mendirikan sebuah studio rekaman. Semua sampul album dari Superman Is Dead dirancang sendiri oleh Booby Kool.


Perjalanan karir


Superman Silver Gun (1995)


Pertemuannya dengan Jerinx (drummer) dan Lolot (bass) pada tahun 1995 di Kuta, Bali. di mana mereka mendiskusikan minat yang sama pada musik, yang lalu dilanjutkan dengan pembentukan grup band yang berjulukan “Superman Silver Gun”, nama tersebut diambil dari sebuah judul lagu milik Stone Temple Pilots. Bobby Kool ambil posisi sebagai gitaris sekaligus vokalis dalam grup tersebut. Pada awalnya mereka sering membawakan lagu-lagu dari NOFX dan juga Green Day untuk mengisi beberapa program panggung lokal di Bali.


Superman is Dead (1995-2002, indie)


Seiring dengan perkembangan Superman Silver Gun, mereka memikirkan sebuah konsep tentang, gotong royong tak ada insan yang sempurna. Konsep inilah menjadikan pergantian nama dari Superman Silver Gun menjadi Superman Is Dead yang dianggap cocok dengan konsep mereka. Superman Is Dead atau yang lebih dikenal dengan SID sempat berganti deretan gitar bass yang semula diisi oleh Lolot yang lalu digantikan oleh Eka Rock. Dengan deretan tersebut mereka bisa membuat lagunya sendiri dan menghasilkan tiga buah album indie diantaranya: Case 15 (1997), Superman Is Dead (album) (1998/1999), dan Bad Bad Bad (2002)


Croto Chip (2001)


Dengan semakin merebaknya dampak musik ska di Indonesia, membuat Bobby berpikiran untuk mendirikan sebuah grup band indie yang mengusung fatwa ska. Proyek tersebut ia beri nama Croto Chip yang lalu melahirkan sebuah album bertajuk “Percuma”.


Superman is Dead (mayor label, 2003-sekarang)


Tepatnya tahun 2003 Superman Is Dead secara resmi berada di bawah naungan label Sony Music Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan dirilisnya album Kuta Rock City. Album perdana mereka menuai banyak sekali kesuksesan dan lalu dilanjutkan dengan dirilisnya album-album Superman Is Dead yang lain menyerupai The Hangover Decade (2005), Black Market Love (2006), Angels & the Outsiders (2009), Aku Anak Indonesia (Single) (2011),dan The Early Years, Blood, Sweet and Tears (2012) dalam format vinyl dan yang terakhir yakni Sunset di Tanah Anarki (2013).



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Biografi Bobby Kool Personil Dari Superman Is Dead"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel