-->

iklan banner

Apa Itu Proxy Server? Berikut Klarifikasi Lengkapnya!

Internet merupakan suatu kawasan yang sangat luas. Ada banyak sekali info yang sanggup kita dapatkan dan juga ada banyak metode semoga kita sanggup mengaksesnya, termasuk Proxy Server ini. Lalu, apa itu Proxy Server sebetulnya dan bagaimana kita sanggup menggunakannya?

Apa itu Proxy Server?

Proxy Server ialah sebuah server khusus yang menjadi jembatan antara anda dan situs yang anda kunjungi. Jika biasanya ketika anda mengakses suatu situs, anda akan pribadi menuju situs tersebut. Dengan Proxy Server, anda akan terkoneksi dengan Proxy Server terlebih dahulu, lalu Proxy Server akan melanjutkan usul anda ke situs yang anda tuju.

Internet merupakan suatu kawasan yang sangat luas Apa itu Proxy Server? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Ketika situs menerima permintaan, situs tersebut akan mengirimkan balik halaman situs ke Proxy Server. Setelah itu, Proxy Server gres lanjut mengirimkannya ke anda dan anda sanggup melihat situs menyerupai biasa. Jika anda ingin tau bagaimana cara kerja internet lebih lanjut, kami sudah menciptakan artikelnya untuk menjawab pertanyaan anda.

Namun perlu diperhatikan bahwa seluruh situs yang anda kunjungi tetap tersimpan di browser anda. Jika anda ingin tidak terlacak, silahkan gunakan mode Pribadi di browser menyerupai Firefox dan Edge atau jendela Incognito di Chrome.

Fungsi dari Proxy Server

1. Keperluan pribadi

Kebanyakan situs yang anda kunjungi sanggup mengetahui lokasi anda. Caranya ialah dengan mendeteksi alamat IP (Internet Protocol). Dengan memakai Proxy Server, lokasi anda tidak sanggup diketahui. Ini dikarenakan situs yang anda kunjungi hanya mengetahui lokasi Proxy Server, bukan lokasi anda.

Selain itu, alasannya ialah lokasi Proxy Server anda yang dideteksi, anda juga sanggup melihat situs yang diblokir di negara anda. Misalnya saja di Indonesia, situs Vimeo tidak sanggup diakses. Namun dengan memakai Proxy Server yang lokasinya di Amerika, anda sanggup mengaksesnya dengan mudah.

2. Keperluan kantor atau bisnis

Proxy Server sangat mempunyai kegunaan untuk keperluan pekerjaan. Pemilik perusahaan sanggup mengatur seluruh komputer untuk terkoneksi ke Proxy Server dan sanggup melihat situs apa saja yang karyawan kunjungi. Selain itu, perusahaan juga sanggup memblokir situs-situs tersebut yang dianggap mengganggu kinerja karyawan.

Selain itu, Proxy Server juga sanggup menghemat bandwidth internet alasannya ialah Proxy Server sanggup menyimpan situs yang sering dikunjungi oleh karyawan. Misalnya perusahaan mempunyai situs, maka Proxy Server sanggup menyimpannya sebagai cache, dan ketika karyawan mengaksesnya, cache itu lah yang disediakan.

Cara memakai Proxy Server

Proxy Server yang baik biasanya harus kita bayar. Namun ada juga yang gratis. Konsekuensinya mungkin yang versi gratis biasanya lebih lambat daripada yang berbayar.

Internet merupakan suatu kawasan yang sangat luas Apa itu Proxy Server? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Silahkan kunjungi Hide.me untuk mencoba memakai Proxy. Seperti gambar diatas, silahkan ketika situs yang ingin anda kunjungi. Kemudian, pilih lokasi Proxy Server-nya. Jika sudah, klik “Visit anonymously”. Lokasi Proxy Server inilah yang nantinya dipakai, sehingga lokasi anda ketika ini tidak akan ketahuan.

Internet merupakan suatu kawasan yang sangat luas Apa itu Proxy Server? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Contoh lainnya ialah ketika anda membuka Google memakai Proxy. Google secara otomatis mengubah bahasanya sesuai dengan lokasi Proxy Server anda. Dalam gambar diatas, bahasa Google menjelma bahasa Belanda.

Tentu masih banyak Proxy Server yang lain. Silahkan ketik saja “free web proxy” di Google dan anda sanggup menemukan banyak alternatif lain.


Internet merupakan kawasan publik. Namun ada beberapa pihak yang sanggup mengetahui apa saja situs yang anda kunjungi, misalnya ialah penyedia jasa internet anda. Untuk mengetahui lebih lanjut, kami sudah menciptakan artikel 5 Hal Pribadi yang Situs Web Pelajari Tentang Anda Tanpa Anda Ketahui.

Jenis-jenis Proxy Server

1. Trasparent Proxy

Proxy jenis ini juga mengirimkan alamat IP anda kepada situs. Hal ini sangat mempunyai kegunaan di lingkungan menyerupai perpustakaan dan sekolah untuk mengetahui apa saja situs yang dikunjungi siswa dan dimana lokasinya.

2. Anonymous Proxy

Proxy jenis ini tidak akan mengirimkan alamat IP anda ke situs yang anda kunjungi. Sama menyerupai pola sebelumnya, bila anda mengakses Google dengan Proxy yang berlokasi di Belanda, maka Google akan memakai bahasa Belanda alasannya ialah Google tidak mengetahui lokasi anda sebenarnya.

3. Distorting Proxy

Proxy jenis ini akan mengirimkan alamat IP palsu terhadap situs yang anda kunjungi, selagi mengirimkan alamat dari Proxy Server. Proxy ini sangat menyerupai dengan Anonymous Proxy, hanya saja Proxy jenis ini juga mengirimkan alamat IP palsu.

4. High Anonymity Proxy

Proxy ini sanggup jadi yang paling canggih. Karena memungkinkan anda untuk mengganti alamat IP secara periodik di waktu tertentu. Misalnya ketika ini mempunyai alamat IP di Indonesia, satu jam berikutnya sanggup diubah secara otomatis menjadi alamat IP di Australia.

Sekarang anda tahu apa itu Proxy Server

Walau Proxy Server sanggup melindungi anda, namun tidak sanggup semua hal sanggup dilindungi. Misalnya saja penyedia layanan internet menyerupai Telkom, Biznet, dan perusahaan lainnya masih sanggup mengetahui situs-situs yang anda kunjungi.

Lalu, bagaimana berdasarkan anda artikel apa itu Proxy Server ini? Masih ada pertanyaan di benak anda? Silahkan tulis di kotak komentar bila anda mempunyai pertanyaan lainnya.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Proxy Server? Berikut Klarifikasi Lengkapnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel