-->

iklan banner

Pentingnya Servis Motor Bulanan Dan Biayanya

servis yaitu sesuatu yang perlu dilakukan untuk menjaga kinerja dan performance sebuah kendaraan, menjadi salah satu hal yang harus lakukan setiap bulan.

pada umumnya servis pada motor terbagi menjadi 2 yaitu servis ringan dan servis besar.

  • untuk servis ringan biasanya dilakukan pada beberapa kepingan ibarat karburator, kepingan kopling, ganti seher, dan servis kepingan CVT, dll. yang hanya mencakup beberapa kepingan pada motor.



  • lain ceritanya dengan servis besar yang membongkar seluruh kepingan mesin pada motor hingga menjadi 2 bagian, biasanya dibilang dengan turun mesin. dan dilakukan untuk keperluan mengganti kepingan dalam komponen mesin motor.

    untuk lebih lanjutnya tentang pengertian servis besar dan servis ringan sepeda motor.


tapi tidak sedikit orang yang masih malas ke bengkel untuk servis sebab banyak sekali alasan. Salah satunya yaitu gak punya duit atau sibuk kerja.

Saat kalian mempunyai kendaraan, seharusnya sudah semestinya merawatnya dan melaksanakan servis rutin bulanan pada kendaraannya.

Lagipula uang yang harus keluarkan untuk servis bulanan motor gak semahal ibarat yang kau bayangkan kok. lain ceritanya untuk yang servis besar.

servis yaitu sesuatu yang perlu dilakukan untuk menjaga kinerja dan performance sebuah ke Pentingnya Servis Motor bulanan dan biayanya

apabila jarang melaksanakan servis, yang ada motor akan cepat rusak. yang menciptakan biaya yang keluar lebih banyak lagi. untuk yang malas pergi kebengkel atau minim biaya, sanggup belajar servis motor sendiri dirumah.

agar motor tetap terawat perhatikan hal-hal berikut dikala melaksanakan servis bulanan:


1. Ganti oli

Ganti oli yaitu hal terpenting atau sanggup dibilang wajib, sebab harus dilakukan setiap bulan semoga mesin tetap terjaga dan tidak kekurangan pelumas.

Selain itu, sebab fungsinya sebagai pelumas, jadi oli sanggup melapisi kepingan logam semoga tidak terjadi kontak eksklusif dengan udara atau air. Selain itu, oli juga sanggup melindungi mesin semoga tidak gampang berkarat.

untuk jenis oli itu sendiri dihentikan sembarangan. Karena itu, disarankan semoga konsultasi terlebih dahulu dengan mekanik mengenai jenis oli yang sempurna dengan tipe motor yang digunakan.

Soalnya hal tersebut sangat berisiko merusak mesin motor. Jadi, pastikan memakai brand dan jenis oli yang sama semenjak awal.

Nah, untuk biaya ganti oli ini umumnya kau harus mengeluarkan uang mulai dari 45ribu hingga 150ribu per liter, tergantung merek dan kualitasnya.



2. Servis tune up rutin

tune up juga tidak kalah pentingnya dengan ganti oli, harus dilakukan setiap bulan secara rutin. Tujuannya yaitu semoga sanggup mengetahui kondisi motor tersebut.

untuk biaya tune up ini sanggup dibilang cukup murah, yaitu sekitar 75ribu. tapi biaya itu hanya untuk periksa aja ya. Kaprikornus ini belum termasuk jika ada yang diperbaiki atau penggantian sparepart.

Akan tetapi, servis tune up ini umumnya paketan. Jadi, dengan mengeluarkan uang 75ribu, kau sudah bisa:

  • Mengecek tekanan ban
  • Mengecek kondisi atau tegangan rantai
  • Karburator dan radiator dibersihkan
  • Mengecek alat ECU dan area CVT
  • Mengecek kondisi lampu (jauh, depan dan belakang), sen dan klakson
  • Saringan udara juga umumnya akan dibersihkan

Jika dikala diservis tune up ternyata ada yang harus diperbaiki atau diganti, umumnya pihak mekanik akan bertanya terlebih dahulu ke anda. Jadi, gak perlu khawatir melihat tagihan yang meledak.

Akan tetapi, disarankan semoga membawa uang lebih dikala akan servis motor. Jadi, apabila ada yang harus diperbaiki atau diganti, sanggup eksklusif dikerjakan. Daripada nanti harus ngantri-ngantri lagi kan.


3. Kampas rem

Rem yaitu suku cadang yang harus selalu diperiksa kualitasnya setiap bulan. coba bayangkan jika mengendarai kendaraan tapi remnya tidak pakem? sanggup ancaman sendiri di jalan sebab takut menabrak sesuatu.

Karena itu disarankan semoga rutin mengganti kampas rem setiap bulannya. Lagipula, harganya pun tidak terlalu mahal dibanding keselamatan pengendara.

kalo untuk kampas rem ini sendiri terbagi menjadi dua dengan harga yang juga berbeda pula, ibarat berikut:

  • Kampas rem depan cakram harganya sekitar 45 ribu untuk yang orisinil dan 25 rb untuk yang biasa.
  • Kampas rem belakang tromol harganya sekitar 60 ribu untuk yang orisinil dan 35 ribu untuk yang biasa.

Akan tetapi, pihak mekanik umumnya akan memberitahukan apakah kampas rem perlu diganti atau tidak dan usia kampas rem dipengaruhi dari cara pemakaiannya.



4. Sparepart lainnya

beberapa suku cadang yang rentang waktu pemakaiannya tidak selama suku cadang lain. misalkan  aki yang sanggup bertahan sekitar dua tahun. berikut cara mengatasi aki kering yang soak.

Lagipula, kalian juga tentu gak mau kan harus dorong-dorong motor di jalanan sebab motormu mati akhir ada salah satu suku cadang yang rusak.

ada juga beberapa suku cadang khusus motor matic yang perlu diperiksa dan diganti, seperti:

  • Roller yang harganya berkisar antara 20 ribu sampai 35 ribu.
  • V belt yang harganya sekitar 75 ribu hingga 150 ribu.
  • kampas ganda yang harganya sekitar 110 ribu hingga 200 ribu.

Sama ibarat kampas rem, usia beberapa suku cadang tersebut juga dipengaruhi oleh cara pemakaiannya.


Jadi, total uang yang harus dikeluarkan kurang lebih yaitu sekitar Rp 400 ribu per bulan. Gak mahal bukan? sebab dengan mengeluarkan uang segitu, motor dijamin abadi dan berkendara pun jadi lebih kondusif dan nyaman. itu tidak termasuk  pengantian suku cadang yang diluar dugaan.


Sumber http://gobengkel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pentingnya Servis Motor Bulanan Dan Biayanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel