-->

iklan banner

Pengertian Servis Besar Dan Servis Ringan Sepeda Motor

servis yaitu sesuatu yang perlu dilakukan untuk menjaga kinerja dan performance sebuah kendaraan, pada umumnya servis pada motor terbagi menjadi 2 yaitu servis ringan dan servis besar.

untuk servis ringan biasanya dilakukan pada beberapa bab menyerupai karburator, bab kopling, ganti seher, dan servis bab CVT, dll. yang hanya mencakup beberapa bab pada motor.


lain ceritanya dengan servis besar yang membongkar seluruh bab mesin pada motor hingga menjadi 2 bagian, biasanya dibilang dengan turun mesin. dan dilakukan untuk keperluan mengganti bab dalam komponen mesin motor.

berikut pengertian servis ringan dan servis besar pada kendaraan sepeda motor : 

servis ringan sepeda motor


servis yaitu sesuatu yang perlu dilakukan untuk menjaga kinerja dan performance sebuah ke pengertian servis besar dan servis ringan sepeda motor

adalah sebuah perbaikan motor yang tidak perlu melaksanakan turun mesin sepeda motor dari krangka. servis ringan pada sepeda motor mencakup pelepasan silinder head dan kepala silinder, serta melepas magnet pada kolam mesin bab kiri, pelepasan komponen kopling dan sistem pompa oli. Pengerjaannya mencakup pencucian kerak pada ruang bakar, pencucian sistem pedoman materi bakar dan pelumasan, kerak oli yang berada di dinding mesin juga harus dibersihkan dengan cairan bersih. 


Turun Mesin atau servis besar motor


servis yaitu sesuatu yang perlu dilakukan untuk menjaga kinerja dan performance sebuah ke pengertian servis besar dan servis ringan sepeda motor

Turun Mesin, menyerupai dengan tujuannya turun mesin mengharuskan mesin turun dari bab rangka motor. dan mengerjakanya tidak sanggup dilakukan jikalau mesin sepeda motor masih berada di rangka motor. 

umumnya turun mesin sepeda motor di lakukan alasannya yaitu ada pengerjaan pada bab tengah mesin, menyerupai perbaikan pada kruk as atau crankshaft, gigi rasio (untuk motor manual), atau penggantian as kick starter. 

Langkah Kerjanya siapkan alat-alatnya sebagai berikut: 
  • kunci-kunci standar dan harus lengkap. 
  • kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit dan tracker kopling 
  • bak ukuran kecil fungsinya buat daerah baut-baut semoga tidak acak-acakan atau hilang.
  • bak ukuran sedang fungsinya untuk daerah komponen-komponen mesin menyerupai bab magnet, kopling, head silinder dan lain-lain .
  • bensin 1 liter untuk membersihkan komponen pada mesin.
  • kain lap untuk membersihkan komponen mesin dan tangan.
  • balok kayu untuk menaruh mesin sehabis diturunkan. 
  • kompresor untuk membersihkan komponen yang sudah dibersikan dengan bensin atau sanggup juga memakai kain lap.
  • buku panduan jenis motor yang akan di servis.

nah untuk urutan proses bongkar mesin, sehabis mesin di pisahkan dari rangka motor, maka proses pembongkaran mesin harus mengikuti petunjuk secara berurutan yaitu; 

  • mesin bab kiri, komponennya blok magnit, magnit, gear stater, rante stater. 

  • mesin bab atas, langkah berikutnya membuka mesin bab atas, komponennya rantai keteng, head cilinder, pelatuk, noken as, klep, piston, dan blok silinder. 

  • mesin bab kanan, sehabis selesai membuka mesin bab atas di lanjutan dengan membuka mesin sebelah kanan, komponennya blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set. 

  • mesin bab tengah, langkah terakhir sehabis membuka mesin bab kanan di lanjutkan membuka mesin bab tengah, komponennya gigi rasio, kick stater, kruk as, stang seher.


jangan lupa kumpulkan baut dan komponen-komponen pada daerah yang berbeda untuk yang belum terlalu paham atau mengerti dan catatlah bagian-bagian yang dirasa belum dikuasai

sesuaikan dengan kelompok bab mesinnya semoga pada ketika memasang kembali tidak salah atau tertukar. sehabis semua selesai dibongkar, maka lakukan investigasi pada komponen, dan ganti part yang sudah aus dan rusak. 

Susun secara berurutan dan sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa memakai cairan pembersih atau karbu cleaner, catat part-part yang rusak dan pisahkan pada daerah yang berbeda, lakukan perbaikan jikalau masih layak di pakai atau lakukan penggantian part yang rusak. 

beberapa item part yang wajib di ganti pada ketika melaksanakan belah mesin yaitu ; 
  • gasket kit A (paking top set). 
  • gasket kit B (paking full set). 
  • oil seal stater kaki. 
  • oil seal operan gigi tranmisi atau persnelling. 
  • oil seal gear depan. 
  • oli mesin 1 liter atau 0,8 liter


urutan proses memasang atau merakit mesin. Tahapan untuk merakit kembali mesin yang sudah di bongkar, yaitu kebalikan dari proses pembongkaran mesin yaitu diawali dengan memasang :
  1. Bagian tengah mesin. 
  2. Bagian kanan mesin. 
  3. Bagian atas mesin. 
  4. Bagian kiri mesin. 


Hal-hal yang harus di perhatikan ketika merakit mesin: 

Bagian tengah mesin
Letakan kolam mesin bab kanan dibawah, ketika akan merakit tengah mesin, pastikan kick starter sudah sempurna pada dudukanya. 

Bagian atas mesin
Atur posisi ring seher semoga tidak sejajar dengan ring oli, ring kompresi 1, dan ring kompresi 2 sehingga oli tidak memasuki ruang bakar mesin.

Tepatkan piston di posisi TMA(titik mati atas) atau istilah kerennya posisi top ketika kepala silinder akan di pasang. 

pastikan semua komponen mesin dalam keadaan bersih, ketika dalam proses bongkar mesin, dan merakit mesin. lakukan proses perakitan secara berurutan sesuai langkah diatas, 

untuk proses pemasangannya yaitu kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari bab tengah ke bab kanan kemudian bab atas dan bab kiri untuk yang terakhir.

setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sesuaikan dengan ukuran yang direkomendasikan dari pabrik. lakukan investigasi kebocoran oli pada semua bab blok-blok mesin.

nah kini tinggal naikan mesin ke rangka untuk melaksanakan percobaan nyala mesin, mungkin hingga disini dulu yah. semoga artikel ini sanggup membantu.


Sumber http://gobengkel.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Servis Besar Dan Servis Ringan Sepeda Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel