-->

iklan banner

√ Pengertian Seni Musik Dari Banyak Sekali Sudut Pandang

Seni musik merupakan salah satu cabang seni yang memakai alat musik sebagai suatu sarana untuk mengungkapkan mulut penciptanya.


Sedangkan, musik itu sendiri merupakan sebuah seni yang memakai susunan bunyi yang dikemas dengan sedemikian rupa sehingga tercipta sebuah irama dan lagu yang sangat harmonis, terutama bunyi yang dihasilkan oleh alat musik yang saling melengkapi satu sama lain.


Selengkapnya mengenai alat musik: Jenis alat musik ritmis dan jenis alat musik melodis.


Beberapa orang beranggapan, bahwa musik itu tidak berwujud sama sekali.


Namun ada pendapat lain yang disampaikan oleh Aristoteles, ia menyimpulkan bahwa musik itu mempunyai kemampuan untuk mendamaikan hati yang gundah, mempunyai fungsi sebagai terapi rekreatif, dan bisa menumbuhkan jiwa patriotisme.


Pengertian Seni Musik Secara Umum


Secara umum seni merupakan suatu kemampuan untuk membuat sesuatu dan erat hubungannya dengan upaya untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah ditentukan oleh suatu gagasan tertentu.


Sedangkan musik yaitu susunan bunyi yang dikemas dengan sedemikian rupa sehingga bisa membuat sebuah irama dan lagu yang sangat harmonis.


Pengertian Seni Musik Secara Harfiah


Seni musik merupakan campuran dari dua kata, yaitu “seni” dan “musik”. Seni yaitu hasil cipta, karsa, dan juga rasa seorang insan yang diwujudkan dalam aneka macam macam sarana.


Sedangkan musik merupakan hasil dari pengolahan suara, harmoni, melodi, vokal dan juga ritme/tempo.


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tidak arti khusus yang ditujukan untuk seni musik. Namun, ada arti kata “seni suara” yang mempunyai makna paling bersahabat dengan seni musik.


Pengertian Seni Musik Secara Etimologi


Secara etimologi kata “seni” mempunyai arti “penyembahan, pertolongan dan pelayanan” yang berasal dari bahasa Sansekerta. Ada juga yang beropini bersama-sama asal mula istilah “seni” berasal dari bahasa Belanda “genie” bila dalam bahasa latin berarti “jenius”.


Sedangkan kata “musik” sendiri berasal dari bahasa Inggris “music” yang diambil dari bahasa Yunani “mousikê”. Tetapi, mousikê lebih merujuk kepada semua seni yang berupa musik dan puisi pimpinan Muses.


Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli


Saya sengaja memperlihatkan pengertian seni musik dari aneka macam sudut pandang, dengan tujuan agar kita sendiri bisa untuk mengeksplor kemampuan kita dalam dunia musik.


Selain itu, juga banyak para mahir yang mencoba memperlihatkan pendapatnya perihal “pengertian seni musik” berdasarkan pandangan mereka masing-masing. Salah satunya yaitu seorang seniman yang berjulukan Suhastjarja.


Menurut Suhastjarja, seni musik itu merupakan pengungkapan rasa akan keindahan oleh seorang insan yang lalu diwujudkan dalam susunan bunyi atau nada yang bisa menghasilkan ritme dan harmoni.


Jadi, bisa kita simpulkan bahwa seni musik yaitu suatu sarana seorang seniman untuk mengekspresikan dirinya dalam bentuk bunyi yang disusun dengan sedemikian rupa, baik yang hanya berupa vokal maupun yang diiringi dengan alat musik.



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pengertian Seni Musik Dari Banyak Sekali Sudut Pandang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel