Inilah 7 Bab Dasar Mesin Sepeda Motor
pada umumnya mesin motor sanggup berjalan dengan 3 faktor berikut:
- bahan bahar
- kompresi
- dan pengapian
apabila salah satunya mengalami duduk perkara maka kinerja mesin tersebut akan terganggu bahkan tidak bekerja.
sebenarnya masih banyak komponen pada mesin motor yang belum kita ketahui, tapi aku akan membahas 7 (tujuh) belahan dasar pada mesin motor.
mesin tersebut dibagi menjadi beberapa belahan dasar yaitu :
1. crankcase
crankcase matic |
komponen ini biasanya berbahan dasar aluminium dengan sedikit gabungan logam dan sanggup disebut babet. fungsi crankcase itu sendiri sebagai wadah komponen lainnya ibarat crankshaft atau kruk as (poros engkol) dan belahan lain didalamnya. crankcase ini juga termasuk daerah penampungan oli pada mesin.
2. crankshaft/porol engkol
crankshaft motor |
atau porol engkol yang biasa disebut oleh para mekanik kruk as, merupakan belahan utama pada crankcase yang berfungsi mengubah gerakan naik turun pada pada seher menjadi gerakan memutar, untuk lebih lanjut sanggup baca artikel aku wacana pengertian crankshaft atau kruk as. materi dasarnya berupa baja keras yang dicampur dengan nikel.
kerusakan pada komponen ini sangat kuat pada kinerja mesin, tanda komponen tersebut sudah mulai rusak ialah bergetarnya motor ketika rpm tinggi. getar yang melebihi dari biasanya.
3. blok silinder
blok silinder |
yang biasa disebut dengan blok seher ini merupakan sebuah daerah naik turunnya sebuah piston, yang perpegangan dengan belahan crankcase, luka yang dialami pada dinding blok silinder sanggup menciptakan oli memasuki ruang bakar dan mengeluarkan asap putih pada knalpot.
komponen ini juga merupakan daerah tensioner pada motor yang berfungsi untuk menjaga ketegangan rantai keteng.
4. head silinder
head silinder |
yang biasa disebut dengan blok head ialah sebagai epilog dari blok silinder, dan merupakan daerah untuk komponen lainnya ibarat noken as (camshaft), pelatuk, dan klep. pada belahan ini sering terjadi bunyi ajaib ibarat ngelitik dibagian komponen didalamnya, kenali asal bunyi ajaib mesin. untuk mendeteksi kerusakan.
fungsi komponen itu ialah sebagai kepala atau otak dari mesin motor yang mengatur masuknya materi bahar dan keluarnya sisa ledakan kompresi.
5. karbulator
karbulator |
merupakan daerah pencampuran materi bahar dan udara, yang nanti akan diledakan di belahan kompresi pada mesin. apabila pencapurannya tidak sesuai maka akan menciptakan mesin kurang bertenaga, tapi dengan majunya teknologi kini karbulator sudah diganti dengan yang namanya injeksi. ibarat motor beat injeksi yang sekarang.
6. blok kopling
komponen kopling |
bak kopling |
untuk yang ini hanya ada pada mesin angsa dan manual, kolam kopling ini merupakan wadah untuk komponen kopling lainnya, ibarat kampas kopling, rumah kopling, kampas ganda, dan masih banyak lagi komponen lain didalamnya. fungsi kopling itu sendiri sebagai pemutus dan penyambung putaran pada mesin.
7. gear rasio
rasio motor metic |
rasio motor bebek |
merupakan pembanding yang menandakan tingkat besar kecilnya gigi transmisi, yang memilih tenaga yang dihasilkan oleh gigi pada motor. lain ceritanya dengan rasio pada motor metik yang hanya mempunyai satu set gigi rasio.
rasio yang sudah haus biasanya mengakibatkan bunyi ngaung didalam mesin, panjangnnya nafas pada satuan gigi motor juga dipengaruhi oleh komponen ini.
dan masih banyak lagi belahan lain pada mesin motor yang belum dibahas, mungkin dilain waktu akan aku uraikan, yang aku bahas hanya 7 (tujuh) belahan dasar pada pada mesin motor, semoga membantu. Sumber http://gobengkel.blogspot.com
0 Response to "Inilah 7 Bab Dasar Mesin Sepeda Motor"
Posting Komentar