Cvt Ialah Ciri Khas Motor Matic
mungkin kalian semua pernah dengar yang namanya CVT pada motor matic, nah kali ini aku akan membahas wacana potongan yang hanya ada pada sepeda motor matic tersebut.
CVT yaitu ciri khas motor matic
Seperti yang kalian tahu sepeda motor matic itu sudah tidak lagi memakai rantai dan gear mirip motor belibis (manual) pada umumnya, namun ada beberapa motor matic yang memakai rantai dan gear mirip motor bebek. Nanti itu akan aku bahas dilain waktu. Kali ini aku akan menjelaslan bagian-bagian yang ada pada CVT (continuous variable transmission) motor matic.
Didalam cvt motor matic itu terdapat 4 (empat) komponen utama yaitu :
primary sheave yaitu sebuah komponen potongan mesin motor matic yang terhubung pribadi dengan kruk as motor dan primary sheave sendiri terdiri dari beberapa potongan diantaranya :Fixed sheave
berfungsi sebagai penahan v-belt. komponen ini tidak bergerak. berbentuk mirip piringan dan biasanya potongan sisinya ibarat kipas sebagai pendingin mesin. coba lihat gambar diatas
sliding sheave
sliding sheave atau biasa disebut rumah roller, komponen ini berfungsi menekan v-belt dalam putaran tinggi. karna sliding sheave ini sanggup bergerak kekanan ataupun ke kiri.
sliding sheave atau biasa disebut rumah roller, komponen ini berfungsi menekan v-belt dalam putaran tinggi. karna sliding sheave ini sanggup bergerak kekanan ataupun ke kiri.
collar
fungsinya yaitu sebagai kawasan dudukan dari fixed sheave, sliding sheave dan cam. lihat gambar diatas.
fungsinya yaitu sebagai kawasan dudukan dari fixed sheave, sliding sheave dan cam. lihat gambar diatas.
cam
fungsinya sebagai kawasan dudukan slider atau epilog rumah roller
slider
fungsinya sebagai pendorong roller yang roller sendiri akan mendorong sliding sheave. slider ini bergerak ketika putaran mesin tinggi.
roller
roller berjumlah 6 (enam) buah yang mempunyai bentuk sanggup dibilang mirip roda dan fungsinya sebagai penekan sliding sheave, cara kerjanya mengikuti sesuai putaran mesin, apabila putaran mesin tinggi roller ini menekan sliding sheave lebih tinggi dan begitu pula sebaliknya gaya di atas biasa di sebut gaya sentrifugal. dan roller itu sendiri mempunyai batas tekanan yang sudah diadaptasi oleh kendaraan.
fungsinya sebagai kawasan dudukan slider atau epilog rumah roller
slider
fungsinya sebagai pendorong roller yang roller sendiri akan mendorong sliding sheave. slider ini bergerak ketika putaran mesin tinggi.
roller
roller berjumlah 6 (enam) buah yang mempunyai bentuk sanggup dibilang mirip roda dan fungsinya sebagai penekan sliding sheave, cara kerjanya mengikuti sesuai putaran mesin, apabila putaran mesin tinggi roller ini menekan sliding sheave lebih tinggi dan begitu pula sebaliknya gaya di atas biasa di sebut gaya sentrifugal. dan roller itu sendiri mempunyai batas tekanan yang sudah diadaptasi oleh kendaraan.
2. Secondary sheave
sliding sheave
berfungsi menekan v-belt. perbedaan sliding sheave di secondary sheave dengan sliding sheave di primary sheave yaitu tidak mempunyai sirip.
berfungsi menekan v-belt. perbedaan sliding sheave di secondary sheave dengan sliding sheave di primary sheave yaitu tidak mempunyai sirip.
fixed sheave
berfungsi sebagai penahan v-belt atau potongan statis.
berfungsi sebagai penahan v-belt atau potongan statis.
per cvt
berfungsi sebagai pendorong sliding sheave
berfungsi sebagai pendorong sliding sheave
torque cam
berfungsi membantu menekan otomatis sliding sheave pada ketika motor memerlukan akselerasi.
berfungsi membantu menekan otomatis sliding sheave pada ketika motor memerlukan akselerasi.
clutch housing
biasa disebut rumah kopling fungsinya yaitu penerus putaran dari v-belt ke poros roda
sepatu kopling
sepatu kopling atau yang biasa disebut kampas ganda pada motor matic itu berjumlah 3 (tiga) buah dan fungsinya yaitu sebagai penghubung putaran ke poros roda belakang. sistem kerjanya hampir sama dengan roller dengan model sentrifugal yaitu bekerja sesuai putaran tinggi redahnya.
biasa disebut rumah kopling fungsinya yaitu penerus putaran dari v-belt ke poros roda
sepatu kopling
sepatu kopling atau yang biasa disebut kampas ganda pada motor matic itu berjumlah 3 (tiga) buah dan fungsinya yaitu sebagai penghubung putaran ke poros roda belakang. sistem kerjanya hampir sama dengan roller dengan model sentrifugal yaitu bekerja sesuai putaran tinggi redahnya.
3. v-belt
coba kalian lihat gambar diatas yang berwarna biru, mungkin kalian sudah tahu wacana yang satu ini dan fungsinya itu sendiri yaitu sebagai penghubung antara primary sheave dan secondary sheave dengan meneruskan putaran dari primary sheave ke secondary sheave yang menghubung ke roda belakang kendaraan anda, biasanya v-belt itu sendiri mempunyai gerigi yang dirancang biar tidak cepat panas terkena goresan terus menerus.
poin terakhir yaitu :
4. Gear reduksi
gear reduksi atau biasa disebut rasio itu terletak dibalik secondary sheave yang mana rasio itu berbentuk mirip gear motor belibis pada umumnya, bedanya beliau berjumlah 3 buah gear penghubung yang mana fungsinya itu sebagai pendongkrak tenaga motor itu sendiri dan biasanya mempunyai oli khusus untuk rasio
itulah bagian-bagian komponen yang ada pada CVT motor matic, nah hingga sini kalian sudah tahu kan apa saja dan fungsi yang ada pada potongan CVT tersebut, lain waktu aku akan membahas potongan lain pada motor matic. mungkin dari kalian ada yang ingin bertanya seputar CVT motor matic silahkan tanya pada potongan komentar.
0 Response to "Cvt Ialah Ciri Khas Motor Matic"
Posting Komentar