Belajar Servis Cvt Motor Matik Sendiri Dirumah
pada motor metik terdapat bab lain untuk di servis selain mesin, cvt tidak kalah pentingnya untuk diservis. pada umumnya servis cvt dilakukan setiap 3 bulan sekali supaya mencegah haus pada komponen cvt.
apa itu cvt? komponen yang hanya ada di motor matic, cvt hampir sama fungsinya ibarat rantai dan gear motor manual, yang membedakannya yakni cvt tidak memerlukan perpindahan gigi ibarat motor bebek, ia akan otomatis menyesuaikannya.
nah untuk yang malas ke bengkel untuk servis, sanggup dilakukan dirumah, dengan beberapa yang harus disiapkan.
setelah semuanya sudah lengkap lanjut ke tahap bongkar cvt, apabila motor masih keadaan panas maka biarkan cuek terlebih dahulu untuk mencegah supaya baut tidak slek atau rusak.
pertama buka baut yang melekat pada kolam cvt biasanya memakai konci T8. jumlahnya tidak mengecewakan banyak mengitari bak.
setelah sudah terbuka semua lepaskan kolam cvt, apabila susah berarti masih ada baut yang tertinggal, bila tidak ada coba di ketuk pelan pelan dari belakang.
lanjut membuka puli depan, biasanya untuk motor honda memakai konci sok 22, bila untuk yamaha mengunakan sok 17. gunakan treker untuk menahannya atau sanggup diganjal dengan baut.
setelah terbuka, lepaskan semua bab puli depan, untuk motor mio usang perhatikan baik-baik urutan ring tipisnya pada puli.
perhatikan mana yang perlu diganti ibarat roller yang peang, bos rumah roller sudah oblak, jalur v-belt dirumah roller sudah terkikis. ini biasanya yang menciptakan suara asing pada motor.
lanjut ke bab puli belakang, buka dengan memakai treker dan kunci 19 atau 17 tergantung jenis motor. lihat posisi dan cara membukanya pada gambar dibawah ini
setelah sudah terbuka, terdapat baut lagi untuk membuka bab kampas gandanya. berikut gambar untuk membukanya.
nah pada bab ini harus berhati-hati, alasannya terdapat per cvt didalamnya, ketika mulai kendur bukalah dengan pelan supaya tidak mental.
setelah terbuka terdapat yang namanya sleding shave, cara membuka komponen ini biasanya dengan di congkel. lihat gambar dibawah.
setelah terbuka biasanya akan terlihat gemuk yang sudah usang atau kotor didalamnya, bersihkan semua mengunakan bensin dan wadah yang tadi disiapkan.
yang nantinya pada komponen ini sehabis dibersihkan akan dikasih gemuk atau grease cvt. ibarat yang tadi sudah disiapkan.
nah jangan lupa cek ketebalan kampas gandanya. kampas ganda yang sudah tipis sanggup mengurangi tenaga pada motor.
gambar diatas yakni referensi kampas ganda baru, apabila kampas ganda jauh terkikis dari perbandingan kampas baru, sebaiknya ganti dengan yang baru.
sekarang kalian tinggal membersihkan komponen lainnya diwadah yang sudah dikasih bensin, pastikan semuanya bersih.
jangan lupa memperlihatkan gemuk atau grease cvt pada part yang perlu dilumasi, supaya tidak cepat aus pada cvt.
untuk cara pasangnya kembali mungkin sudah tau yah, tinggal membaca ulang cara diatas, kini kalian sudah sanggup bongkar pasang dan servis cvt dirumah, baca juga ihwal bagian dasar pada mesin motor. sekian dari saya semoga bermanfaat. Sumber http://gobengkel.blogspot.com
apa itu cvt? komponen yang hanya ada di motor matic, cvt hampir sama fungsinya ibarat rantai dan gear motor manual, yang membedakannya yakni cvt tidak memerlukan perpindahan gigi ibarat motor bebek, ia akan otomatis menyesuaikannya.
nah untuk yang malas ke bengkel untuk servis, sanggup dilakukan dirumah, dengan beberapa yang harus disiapkan.
berikut alat yang diharapkan untuk membongkar cvt :
- kunci lengkap atau minimal kunci T10, T8, kunci sok 17, 19, 22, 24, dan kunci treker cvt
- kain bekas yang bersih
- bensin
- wadah untuk membersihkan
- gemuk cvt atau ct grease
setelah semuanya sudah lengkap lanjut ke tahap bongkar cvt, apabila motor masih keadaan panas maka biarkan cuek terlebih dahulu untuk mencegah supaya baut tidak slek atau rusak.
pertama buka baut yang melekat pada kolam cvt biasanya memakai konci T8. jumlahnya tidak mengecewakan banyak mengitari bak.
setelah sudah terbuka semua lepaskan kolam cvt, apabila susah berarti masih ada baut yang tertinggal, bila tidak ada coba di ketuk pelan pelan dari belakang.
lanjut membuka puli depan, biasanya untuk motor honda memakai konci sok 22, bila untuk yamaha mengunakan sok 17. gunakan treker untuk menahannya atau sanggup diganjal dengan baut.
setelah terbuka, lepaskan semua bab puli depan, untuk motor mio usang perhatikan baik-baik urutan ring tipisnya pada puli.
perhatikan mana yang perlu diganti ibarat roller yang peang, bos rumah roller sudah oblak, jalur v-belt dirumah roller sudah terkikis. ini biasanya yang menciptakan suara asing pada motor.
lanjut ke bab puli belakang, buka dengan memakai treker dan kunci 19 atau 17 tergantung jenis motor. lihat posisi dan cara membukanya pada gambar dibawah ini
setelah sudah terbuka, terdapat baut lagi untuk membuka bab kampas gandanya. berikut gambar untuk membukanya.
sumber: ariblogmotor.com |
nah pada bab ini harus berhati-hati, alasannya terdapat per cvt didalamnya, ketika mulai kendur bukalah dengan pelan supaya tidak mental.
setelah terbuka terdapat yang namanya sleding shave, cara membuka komponen ini biasanya dengan di congkel. lihat gambar dibawah.
setelah terbuka biasanya akan terlihat gemuk yang sudah usang atau kotor didalamnya, bersihkan semua mengunakan bensin dan wadah yang tadi disiapkan.
sumber: ariblogmotor.com |
yang nantinya pada komponen ini sehabis dibersihkan akan dikasih gemuk atau grease cvt. ibarat yang tadi sudah disiapkan.
nah jangan lupa cek ketebalan kampas gandanya. kampas ganda yang sudah tipis sanggup mengurangi tenaga pada motor.
gambar diatas yakni referensi kampas ganda baru, apabila kampas ganda jauh terkikis dari perbandingan kampas baru, sebaiknya ganti dengan yang baru.
sekarang kalian tinggal membersihkan komponen lainnya diwadah yang sudah dikasih bensin, pastikan semuanya bersih.
sumber : ariblogmotor.com |
jangan lupa memperlihatkan gemuk atau grease cvt pada part yang perlu dilumasi, supaya tidak cepat aus pada cvt.
untuk cara pasangnya kembali mungkin sudah tau yah, tinggal membaca ulang cara diatas, kini kalian sudah sanggup bongkar pasang dan servis cvt dirumah, baca juga ihwal bagian dasar pada mesin motor. sekian dari saya semoga bermanfaat. Sumber http://gobengkel.blogspot.com
0 Response to "Belajar Servis Cvt Motor Matik Sendiri Dirumah"
Posting Komentar