-->

iklan banner

Setting Ulang Suzuki Shogun 125 Sp Hasilkan 120 Km/Jam

Setting Ulang Suzuki Shogun 125 SP Hasilkan 120 km/jam

 

MotoBike - Mengusung label SP (Special Production), bukan berarti Istimewa dalam segala hal, termasuk performa. Walaupun sudah menganut kopling manual dan beberapa fitur menarik pada tampilan, banyak pembesutnya yang masih tidak puas dengan akselerasi angsa lansiran Suzuki berkapasitas 125 cc ini. 
 
Dari pabrikan, motor ini dirancang menganut perbandingan kompresi statis 9.1 : 1. Setelan klep in maupun out-nya 0,05 mm.”Plus settingan  udara di karburator antara 1 ¼ hingga 1 1/5 putaran keluar, biasanya top speed cuma tembus 110 km/jam,” ungkap Ida Bagus Teja Kencana, Service Manager Cahaya Surya Bali Indah di Jl. By pass Ngurah Rai 110C, Kuta, Bali yang merupakan main dealer Suzuki untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara. 
 
Bisa gak ya dimaksimalin lagi? 
 
DIRENGGANGKAN
 
Kali ini Kadek Ramayadi dari bengkel D30 yang berlokasi di Br. Pengosekan, Ubud, Gianyar yang mencoba menjawabnya. Kebetulan ada Shogun SP lansiran 2006 milik salah satu   bukan berarti Istimewa dalam segala hal Setting Ulang Suzuki Shogun 125 SP Hasilkan 120 km/jamkonsumennya yang boleh ‘diobok-obok’. Dengan catatan semua part yang dipakai harus standar ting-ting. Jangan kayak Ayu Ting-Ting yang susah nyari alamat, hehehe.. 
 
Mula-mula yang dilakukan ialah "mengukur durasi kem dan angkatan klep (gbr.1). Dari hasil pengukuran, didapatkan durasi kem in dalam keadaan klep terangkat 1 mm ialah membuka 2° sebelum Titik Mati Atas (TMA) dan menutup 42° sesudah Titik Mati Bawah (TMB). Artinya durasi terhitung 224° dengan lift kem 5,15 mm (gbr.2),” terperinci ayah satu putri ini. 
 
  bukan berarti Istimewa dalam segala hal Setting Ulang Suzuki Shogun 125 SP Hasilkan 120 km/jamSedangkan klep out memiliki format pembukaan 40°sebelum TMB dan menutup 4° sesudah TMA. Durasinya sama dengan kem in, yaitu 224°. Gejala yang dirasakan kala berakselerasi dengan setelan pabrik itu, power pada tiap perpindahan gigi agak sedikit drop. Untuk mencapai top speed juga rasanya cukup lama. 
 
Maka, setting ulang pun dilakukan. Setelan klep diubah. Pertama dicoba clearance 0,09 mm untuk klep in dan out. Sementara kombinasi pilot dan main jet masih 12,5 dan 92 (gbr.3) dengan setelan udara 1 1/5 putaran keluar. 
 
Motor pun kemudian dites berakselerasi. Hasilnya, power motor dirasakan lebih anggun dari sebelumnya, akselerasi tidak mengecewakan cepat dan top speed   bukan berarti Istimewa dalam segala hal Setting Ulang Suzuki Shogun 125 SP Hasilkan 120 km/jambisa mencapai 115 km/jam. Namun ada yang dirasa masih kurang, yakni tiap perpindahan gigi nafas motor terasa lebih pendek-pendek walupun akserasinya agresif. 
 
Hal tersebut sanggup disebabkan lantaran setelan udara terlalu kering. Maka Kadek, sapaan erat laki-laki berbadan bongsor ini pun kemudian mengubah sedikit setelan udara dari semula 1 1/5 menjadi hanya 1 putaran membuka (gbr.4).
 
”Setelan udara agak ditutup untuk mendapat adonan materi bakar yang lebih banyak,” sergah penggemar off-road ini. Selanjutnya motor kembali dites lari, dan balasannya kecepataan yang dibukukan mencapai 120 km/jam. Mau buktikan sendiri?
  bukan berarti Istimewa dalam segala hal Setting Ulang Suzuki Shogun 125 SP Hasilkan 120 km/jam

 


Sumber http://aivegi.blogspot.com/

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Setting Ulang Suzuki Shogun 125 Sp Hasilkan 120 Km/Jam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel