-->

iklan banner

Resume Hakikat Dan Karakteristik Konsep Dasar Ips


RESUME HAKIKAT DAN KARAKTERISTIK KONSEP DASAR IPS

HAKIKAT KONSEP DASAR IPS

            Dalam bidang ilmu pengetahuan sosial, ada beberaapa istilah-istilah mencakup ilmu sosial ( social science), studi sosial ( social studies), dan ilmu pengetahuan sosial (IPS). Secara sderhana IPS ada yang mengartikan sebagai studi wacana insan yang dipelajari oleh anak didik di tingkat sekolah dasar dan menengah. Dalam kenyataannya bidang studi tersebut sering disebut dengan istilah-istilah antropologi-sosiologi, ekonomi, geografi, sejarah , ilmu politik, psokologi/ psokologi sosial. Disamping istilah yang diatas, ditemui pula istilah lain yakni, Sosila educatio dan social learning. Menurut cheppy kedua istilah tersebut lebih menitikberatkan kepada aneka macam pengalaman disekolah yang dipandang sanggup membantu anak didik untuk lebih bisa bergaul di tengah masyarakat. Maksud dari ucapan barusan ialah social learning itu daya tangkap siswa terhadap apapun yang dilihat , didengar , dan dirasakan itu yakni pengetahuan dan siswa pun belum tahu bahwa apa yang beliau tangkap itu benar atau salah. Dan social education inilah membantu siswa untuk lebih tahu atau mengenal apapun dan bisa sanggup membedakan yang benar dan yang salah , yang patut dicontoh dan yang tidak. Dimana apapun yang ditangkat siswa dipelajari disekolah sehingga siswa bisa bergaul ditengah masyarakat.
            Pemahaman yang keliru wacana ilmu pengetahuan sosial (IPS) dan IIS pada sebagaian guru atau para pembelajar sehingga sering menimbulkan implementasi yang kurang tepat. IPS lebih menitikberatkan kepada pendekatan multidisipliner atau interdisipliner, dimana topik-topik dalam IPS sanggup dimanipulasi menjadi suatu isu, pertanyaan atau permasalahan yang berspektif interdisipliner. Sedangkan IIS lebih menitikberatkan kepada pndekatan intedisiplin pada suatu bidang studi kajian disatu disiplin ilmu, misalnya disiplin ilmu antropologi. Aplikai dipersekolahan IPS sering dipraktekan sebagai IIS. Padahal antara IPS dan IIS mempunyai perbedaan yang fundamental namun antara keduanya tidak sanggup dipisahkan.
            Studi sosial (social studies) bukan merupakan suatu bidang keilmuan atau disiplin bidang akademis, melainkan lebih merupakan suatu bidang pengkajian wacana tanda-tanda dan problem sosial. Pendekatan studi sosial bersifat interdisipliner atay multidisipliner dengan mengunakan aneka macam bidang kelimuan. Sedangkan pendekatan yang dipakai dalam ilmu sosial bersifat disipliner dari ilmunya masing-masing.

Kenapa pengetahuan sosial itu ada beberapa istilah menyerupai ilmu sosial, studi sosial, dan IPS. Padahal sama-sama menjelaskan wacana sosial?    
           
            Karena pengetahuan sosial itu dilihat dari aneka macam sudut pandangnya. Misalnya ilmu sosial lebih kepada ilmu kemasyarakatan luar.
            Kita sanggup melihat keseluruhan IPS sebagai sarana pendidikan yang memaparkan di dalam segitiga waktu-ruang-hidup. Sebagaimana oleh studi sejarah (man in time ) insan dengan waktunya, geografi (man in space) insan dengan wilayahnya, dan adonan sosiologi, antropologi, ekonomi, tata negara (man in life) insan dengan hidupnya. Hubungan ketiganya yakni tranmisi budaya (sejarah), pembiasaan ekologis (geografi), dan usaha hidup (sosiologi dan lain sebagainya).

KARAKTERISTIK KONSEP DASAR IPS

            Tujuan utama setiap pembelajaran ilmu sosial yakni membentuk warga negara yang baik (god citizenship), sama halnya dengan IPS sebagai satu aktivitas perndidikan juga memilikitjuan yamg sama, yakni membentuk warga negara yang baik. Namun dalam proses penyajiannya IPS mempunyai karakteristik tersendiri, dalam arti tidak sama dengan karakteristik ilmu-ilmu sosial yang ada walaupun demikian kita tahu bahwa keberadaan ilmu-ilmu sosial tidak sanggup dipisahkan dari IPS alasannya yakni konsep-konsep ilmu-ilmu sosial merupakan sumber utama bagi pengembangan bahan pembelajaran IPS itu sendiri.
            Ketiga aspek yang dikaji dalam proses pendidikan ilmu pengetahuan sosial (memberikan aneka macam pengertian yang mendasar, melatih aneka macam keterampilan, serta membuatkan perilaku etika yang dibutuhkan) merupakan karakteristik IPS itu sendiri. Untuk lebih memperlihatkan wawasan yang lebih, apa saja yang tecakup dari ketiga spek kajian tesebut ialah :
-         Berbagai pengetian yang selayaknya dimiliki oleh setiap penerima didik melalui aktivitas pendidikan IPS.
-         Berbagai keterampilan yang harus dikembangkan melalui aktivitas pendidikan IPS.
-         Berbagai perilaku etika yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran pendidikan IPS. 
Apakah ada kesesuaian antara hakikat dan karakteristik konsep dasar IPS itu sendiri?
            Tentu saja ada kesesuaian antara hakikat dan karakteristik konsep dasar IPS, yakni bisa dikatakan bahwa hakiat itu lebih kepada teoritis dan karakteristik itu lebih kepada praktisnya.

Sumber http://alfiskaoktayati.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resume Hakikat Dan Karakteristik Konsep Dasar Ips"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel