-->

iklan banner

Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (Ips) Sd


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)


KELAS:IV


KOMPETENSI INTI


KOMPETENSI DASAR

1.    Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
1.1  Menerima karunia Tuhan YME yang telah membuat waktu dengan segala perubahannya
1.2     Menjalankan pedoman agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3     Menerima karunia Tuhan YME yang telah membuat manusia dan lingkungannya

2.    Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
2.1.    Menunjukkan sikap jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
2.2.    Menunjukkan sikap rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3.    Menunjukkan sikap santun, toleran dan peduli dalam melaksanakan interaksi sosial dengan lingkungan dan sahabat sebaya

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain
3.1      Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.2      Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.3      Memahami insan dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.4      Memahami kehidupan insan dalam kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya di masyarakat sekitar
3.5      Memahami insan dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia

4.1      Menceriterakan wacana hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.2      Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.3      Menceritakan insan dalam hubungannya dengan lingkungan geografis daerah tinggalnya
4.4      Mendeskripsikan kehidupan insan dalam kelembagaan sosial, pendidikan, ekonomi, dan budaya di masyarakat sekitar
4.5      Menceritakan insan dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi



KELAS: V


KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai pedoman agama yang dianutnya
1.1  Menerima karunia Tuhan YME yang telah membuat waktu dengan segala perubahannya
1.2  Menjalankan pedoman agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat
1.3  Menghargai karunia Tuhan YME yang telah membuat insan dan lingkungannya

2.     Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
2.1  Menunjukkan sikap bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan  kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan
2.2  Menunjukkan sikap jujur, sopan, estetikadan mempunyai motivasi internal dikala bekerjasama dengan  lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3  Menunjukkan sikap peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulanganpermasalahan lingkungan hidup

3.     Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan daerah bermain
3.1     Memahami acara dan perubahan kehidupan insan dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
3.2  Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan insan dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
3.3  Memahami insan dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
3.4  Memahami insan Indonesia dalam acara yang yang terkait dengan  fungsi dan tugas kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
3.5  Memahami insan Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

4.     Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Menyajikan hasil pengamatan mengenai acara dan perubahan kehidupan insan dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
4.2  Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan insan dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam banyak sekali jenis media
4.3  Menyajikan pemahaman wacana insan dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
4.4   Menceritakan secara tertulis pemahaman wacana insan Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran  kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
4.5  Menceritakan secara tertulis hasil kajian mengenai acara insan Indonesia dalam  dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi


KELAS: VI


KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai pedoman agama yang dianutnya
1.1      Menerima karunia Tuhan YME yang telah memperlihatkan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melaksanakan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik
1.2      Menerimaadanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat yang mengatur kehidupan insan dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia
1.3      Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah membuat insan dan lingkungannya

2.    Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
2.1      Menunjukkan sikap cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
2.2      Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam menyebarkan contoh hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
3.   Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan daerah bermain
3.1  Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan insan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia
3.2  Menunjukkan pemahaman alasannya dan akhir terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan hingga dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara
3.3   Memahami keterkaitan  manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya
3.4   Menelaah  manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia
3.5   Menelaah landasan dari dinamika interaksi insan dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan insan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya
4.2  Menyajikan hasil pemahaman wacana alasannya dan akhir terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan hingga dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara dalam bentuk tulisan
4.3  Mengemukakan hasil pemahaman mengenai keterkaitan insan dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam banyak sekali bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
4.4  Menyajikan pemahaman mengenai manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam banyak sekali bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
4.5  Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi insan dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbgai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)




Sumber http://alfiskaoktayati.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (Ips) Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel