-->

iklan banner

Inilah Resiko Apabila Gagal Root Atau Salah Root Pada Android

Bagi kau para pengguna android, niscaya tidak gila lagi kalau mendengar istilah Root. Apa itu Root Android? Rooting Android merupakan sebuah proses yang bisa memungkinkan anda untuk mendapat jalan masuk dan kontrol penuh terhadap smartphone android anda. Sebenarnya, root ponsel android itu hampir sama dengan istilah jailbreak di iPhone atau h4ck di symbian. Ada alasan tersendiri mengapa orang orang menentukan untuk me-root ponsel android mereka.

Dengan me-root smartphone android, maka anda akan bisa bebas dalam menginstall aplikasi aplikasi gratis yang bertebaran di market maupun non-market. Sebelum diroot, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Inilah alasan banyak orang kenapa melaksanakan root pada smartphone android kesayangan mereka.

Root android memang memiliki banyak keuntungan, ibarat bisa bebas dalam memodifikasi theme, bebas memasang/menginstall aplikasi, menghapus aplikasi bawaan, bisa melaksanakan customisasi, dan masih banyak lagi laba yang didapat dari Rooting Android.

Tapi dibalik semua laba itu, ada resiko dan kerugian nya. Apa saja?



Kerugian dan Resiko Root Android

1. Garansi Bisa Hilang
Melakukan proses rooting pada ponsel android anda bisa mengakibatkan garansi yang diberikan pabrik menjadi hilang. Jika anda membawa smartphone android yang sudah ter-root ke service center, maka dipastikan tidak akan mendapat garansi walaupun masa berlaku garansi belum habis. Itu disebabkan lantaran pada ketika proses root, otomatis akan merusak/melepas segel yang terpasang pada smartphone android kita.

2. Resiko Bila Gagal Root
Bila anda gagal melaksanakan proses root, maka dipastikan ponsel android anda akan mengulang proses dari awal, dan ini bisa memakan waktu yang lama. Disisi lain, kalau gagal dalam root android maka kemungkinan yang paling parah yaitu bisa mengakibatkan smartphone android anda bootloop atau mati total.

3. Rentan Virus
Banyak pengguna android yang ponsel nya sudah diroot mengeluh lantaran ponsel nya rentan terhadap virus. Ini terjadi lantaran firewall terbuka akhir proses root. Tapi hal ini bisa diatasi dengan menginstall aplikasi antivirus terpercaya yang bisa anda temukan di Google Play Store.

4. Ponsel Menjadi Lemah
Pada kebanyakan ponsel android yang sudah diroot, banyak ditemukan beberapa masalah, yakni berkurang nya performa smartphone lantaran harus dipaksa bekerja lebih keras dan melaksanakan sesuatu yang diluar kemampuan ponsel itu sendiri. Hal ini akan menjadikan umur smartphone menjadi pendek dan smartphone jadi praktis panas berlebihan ketika digunakan. Solusi nya, anda bisa mempraktikkan cara mengoptimalkan kinerja smartphone ini.

Menurut saya pribadi, saya akan tetap melaksanakan proses root pada ponsel android saya, lantaran akan mendapat banyak laba nya. Tapi sebelum melaksanakan root, saya menyarankan anda untuk menentukan smartphone android yang sempurna dan sekiranya cocok dan bisa kalau diroot, termasuk mengurangi resiko root. Sekarang semua keputusan ada di tangan anda. Jika anda merasa root yaitu sebuah kebutuhan lantaran performa dan kemampuan belum maksimal, silahkan saja melaksanakan proses root.

Tapi kalau anda merasa smartphone anda sudah mumpuni, high spec, fitur berkelas, maka anda boleh boleh saja untuk tidak melaksanakan proses root.

Melakukan root pada ponsel android anda memang sesuatu yang menyenangkan dan memperlihatkan banyak manfaat. Tetapi bila anda tidak membutuhkan root pada smartphone, tidak perlu dilakukan, terutama bila anda yaitu orang yang masih newbie alias pemula dan belum tau seluk beluk mengenai root.
Sumber http://aivegi.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Resiko Apabila Gagal Root Atau Salah Root Pada Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel