-->

iklan banner

Gerak Pada Hewan

Salah satu ciri makluk hidup yakni bergerak. 
Hewan bergerak untuk banyak sekali tujuan, antara lain untuk melindungi diri dari predator atau untuk mencari mangsa.

A. Gerak Hewan di Air
Tubuh binatang yang hidup di air mempunyai massa jenis yang lebih kecil daripada lingkungannya.
Gaya angkat air yang besar dan masa jenis binatang yang kecil mengakibatkan binatang sanggup melayang di dalam air dengan mengeluarkan sedikit energi.
Ikan sanggup berenang alasannya yakni memanfaatkan bentuk tubuhnya, berikut penjelasannya.
  1. Ikan sering mengeluarkan gelembung renang yang mempunyai kegunaan untuk mengatur gerakan naik turun
  2. Ikan mempunyai susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong ekor ikan di dalam air.
  3. Sebagian besar ikan memakai gerak badan ke kanan dan ke kiri dan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan.
  4. Ikan yang bergerak dengan sirip pasangan dan sirip tengah cocok untuk hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak sanggup berenang secepat ikan yang memakai badan dan sirip ekornya.
Contok lain gerak binatang pada air.
Berbeda dengan ikan dan binatang yang hidup di dalam air, nyamuk seperti bangkit di atas air alasannya yakni memanfaatkan prinsip tegangan permukaan air.
Tegangan permukaan merupakan bencana yang diakibatkan adanya gaya kohesi antar molekul-molekul air. Selain nyamuk, anggang-anggang juga memanfaatkan gaya tegangan permukaan untuk dapat bergerak di permukaan air.

B. Gerak Hewan di Udara
Hewan-hewan yang terbang di udara dengan cara yang unik. Tubuh hewan-hewan tersebut mempunyai gaya angkat yang besar untuk mengimbangi gaya gravitasi. Salah satu upaya untuk memperbesar gaya angkat dengan memakai sayap.
Sayap burung mempunyai susunan kerangka yang ringan, tulang dada dan otot yang kuat. 
Bentuk sayap airfoil menciptakan udara mengalir pada potongan atas sayap lebih cepat daripada potongan bawahnya. Saat sayap dikepakkan, udara akan mengalir ke bawah. Dorongan ke bawah tersebut akan menghasilkan gaya yang berlawanan arah sehingga burung akan terangkat ke atas.

C. Gerak Hewan di Darat
Kecenderungan binatang yang hidup di darat yakni mempunyai otot dan tulang yang kuat. Otot dan tulang tersebut diharapkan untuk mengatasi inersia (kecenderungan badan untuk diam) dan untuk menyimpan energi pegas (elastisitas) untuk melaksanakan banyak sekali aktivitas.


Berdasarkan uraian sebelumnya, binatang sanggup bergerak karena:

a. Hewan sanggup bergerak alasannya yakni adanya gaya. 
Gaya agresi dan reaksi.Seekor burung yang terbang ke depan menunjukkan gaya pada udara, dan udara tersebut mendorong balik sayap burung itu ke depan.

b. Struktur otot dan tulang.
Gajah dan kerbau mempunyai massa badan yang besar, alhasil untuk bergerak gajah dan kerbau harus melawan inersia yang nilainya juga besar.
Kuda, cheetah, dan kijang, ketiga hewan tersebut mempunyai struktur rangka dan otot yang sangat kuat, namun kijang dan cheetah yang mempunyai bentuk kaki yang lebih ramping sehingga kijang dan cheetah mempunyai elastisitas yang tinggi. Bentuk kaki yang lebih ramping tersebut menimbulkan kijang dan cheetah pada ketika berlari lebih banyak melompat ke udara dan meluncur di udara.

Sumber http://haumagenst.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gerak Pada Hewan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel