-->

iklan banner

Energi

Kemampuan suatu benda untuk melaksanakan kerja  EnergiJames Prescott Joule
A. Pengertian Energi
Kemampuan suatu benda untuk melaksanakan kerja (usaha) disebut energi. 
Dalam sistem internasional (SI), energi dinyatakan dalam satuan joule (J), sedangkan dalam cgs dinyatakan dengan erg.
Satuan energi yang lain ialah kalori atau kilo kalori. Satuan kalori biasanya dipakai untuk menyatakan besar energi panas (kalor) dan energi kimia yang terkandung dalam makanan.
1 joule = 0,24 kalori
1 joule = 6,5  x 10^18 eV
1 joule = 1 Nm




B. Bentuk-bentuk Energi
  • Energi Kimia. Energi kimia ialah energi yang dilepaskan selama reaksi kimia. Contoh, bencana kembang api. Ketika mesiu tersebut terbakar, sejumlah gas terlepas dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, terjadi pelepasan energi ke udara.
  • Energi ListrikEnergi listrik terjadi lantaran adanya muatan listrik yang bergerak. Muatan listrik yang bergerak akan mengakibatkan arus listrik.
  • Energi Bunyi. Bunyi dihasilkan dari benda yang bergetar. Ketika kita mendengar suara guntur yang sangat keras, terkadang beling jendela rumah kita akan ikut bergetar. Hal ini disebabkan suara sebagai salah satu bentuk energi merambatkan energinya melalui udara.
  • Energi Kalor. Kalor merupakan salah satu bentuk energi yang sanggup mengakibatkan perubahan suhu maupun perubahan wujud zat. Energi kalor biasanya merupakan hasil sampingan dari perubahan bentuk energi lainnya.
  • Energi Cahaya. Energi cahaya sanggup diperoleh dari benda-benda yang sanggup memancarkan cahaya, contohnya api dan lampu.
  • Energi pegas. Semua benda yang lentur atau lentur mempunyai energi pegas. Contoh benda lentur antara lain pegas, per, busur panah, trampolin, dan ketapel. Jika kau menekan, menggulung, atau meregangkan sebuah benda elastis, sehabis kau melepaskan gaya yang kau berikan maka benda tersebut akan kembali ke bentuk semula.
  • Energi Nuklir. Energi nuklir merupakan energi yang dihasilkan selama reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi pada inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain dan partikel-partikel lain dengan melepaskan energi kalor.


C. Hukum Kekekalan Energi
Energi tidak sanggup diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya sanggup berubah bentuk menjadi bentuk energi lain.” James Prescott Joule

Sesuai dengan Hukum Kekekalan Energi,
Energi listrik menjadi energi panas
Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas terjadi pada mesin pemanas ruangan, kompor listrik, setrika listrik, heater, selimut listrik, dan solder.

Energi mekanik menjadi energi panas
Contoh perubahan energi mekanik menjadi energi panas ialah dua buah benda yang bergesekan. Misalnya, saat kau menggosok-gosokkan telapak tanganmu maka kau akan merasa panas.

Energi mekanik menjadi energi bunyi
Perubahan energi mekanik menjadi energi suara sanggup terjadi saat kita bertepuk tangan atau saat kita memukulkan dua buah benda keras.

Energi kimia menjadi energi listrik
Perubahan energi pada baterai dan aki merupakan teladan perubahan energi kimia menjadi energi listrik.

Energi listrik menjadi energi cahaya dan kalor
Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya dan kalor terjadi pada berpijarnya bohlam lampu. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa energi cahaya biasanya disertai bentuk energi lainnya, contohnya kalor. Coba dekatkan tanganmu ke bohlam lampu yang berpijar! Lamakelamaan tanganmu akan merasa semakin panas.

Energi cahaya menjadi energi kimia
Perubahan energi cahaya menjadi energi kimia sanggup kita amati pada proses pemotretan sampai terbentuknya foto.

Sumber http://haumagenst.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Energi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel