-->

iklan banner

Ciri-Ciri Makhluk Hidup


Antara makhluk hidup dan benda tak hidup atau benda mati dibedakan dengan adanya tanda-tanda kehidupan. Makhluk hidup memperlihatkan adanya ciri-ciri atau gejala-gejala kehidupan, sedangkan benda mati tidak memperlihatkan gejala-gejala kehidupan.




Secara umum, ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidp adalah
  1. Bernafas, menghirup kadungan gas dalam udara  dan mengeluarkan karbondioksida
  2. Bergerak, kegiatan yang dilakukan oleh ubuh. Hal ini terjadi alasannya badan mempunyai sistem gerak. Sistem gerak terdiri dari tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak.
  3. Memerlukan makanan dan minuman, untuk beraktivitas, setiap makhluk hidup membutuhkan energi. Energi tersebut diperoleh dari makanan dan minuman.
  4. Tumbuh dan berkembang, setiap makhluk hidup akan bertambah besar dan mengalami perubahan fisik selama hidup
  5. Berkembang biak (reproduksi), kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan. Berkembang bia bertujuan untuk melestarikan keturunannyaa biar tidak punah
  6. Peka terhadap rangsangan, kemampuan untuk memperlihatkan jawaban terhadap ransangan yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsangan disebut iritabilita
  7. Menyesuaikan diri terhadap lingkungan, kemampuan makhluk hidup untuk mengikuti keadaan terhadap lingkungannya disebut adaptasi. Hal ini bertujuan biar makhluk hidup sanggup bertahan hidup.


Sumber http://haumagenst.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri-Ciri Makhluk Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel