Perangkat Kerja Dan Tahapan Pengadaan Personil Kantor
Perlengkapan Karyawan Kantor
Perlengkapan secara umum berupa meja/kursi kerja, lemari arsip/filing cabinet, alat tulis, kertas tulis, komputer, mesin tik, pesawat telepon, dan lain sebagainya.
Sedangkan perlengkapan untuk membantu proses tugas-tugas admistrasi yaitu komputer. Kenapa harus menggunakan komputer?
Karena dengan adanya komputer memperlihatkan kemudahan-kemudahan bagi karyawan kantor diantaranya
: 1) Dengan adanya aplikasi microsoft word tidak perlu lagi repot-repot berulang kali mengetik surat,
2) Dengan adanya aplikasi spreedsheet pada microsoft exceel memudahkan pengerjaan laporan keuangan
Karena dengan adanya komputer memperlihatkan kemudahan-kemudahan bagi karyawan kantor diantaranya
: 1) Dengan adanya aplikasi microsoft word tidak perlu lagi repot-repot berulang kali mengetik surat,
2) Dengan adanya aplikasi spreedsheet pada microsoft exceel memudahkan pengerjaan laporan keuangan
1. Analisis Jabatan : Analisa jabatan yaitu menganalisa hal-hal yang bekerjasama dengan uraian pekerjaan (job description), spesifikasi pekerjaan (job specification), dan penilaian pekerjaa (job evaluation)
2. Rekrutmen : Rekritmen yaitu acara untuk mencari tenaga kerja, untuk mengisi lowongan kerja yang tersedia pada perusahaan atau instansi, baik swasta maupun pemerintah.
Hal-hal yang berkaitan dengan rekruitmen antara lain :
Hal-hal yang berkaitan dengan rekruitmen antara lain :
a. Penentuan dasar rekrutmen : Rekrutmen berpedoman pada spesifikasi pekerjaan yang telah ditentukan unuk mengisi jabatan tersebut.
Spesifikasi pekerjaan diuraikan secara terperinci biar pelamar mengetahui kualifikasi apa saja yang dibutuhkan.
Spesifikasi pekerjaan diuraikan secara terperinci biar pelamar mengetahui kualifikasi apa saja yang dibutuhkan.
b. Penentuan sumber-sumber rekrutmen :
1) Sumber internal : karyawan yang akan mengisi lowongan kerja diambil dari dalam perusahaan tersebut, dengan cara mutasi atau pemindahan karyawan.
2) Sumber eksternal : karyawan yang akan mengisi lowongan kerja diambil dari luar perusahaan, sanggup dilakukan sebagai berikut:
1) Sumber internal : karyawan yang akan mengisi lowongan kerja diambil dari dalam perusahaan tersebut, dengan cara mutasi atau pemindahan karyawan.
2) Sumber eksternal : karyawan yang akan mengisi lowongan kerja diambil dari luar perusahaan, sanggup dilakukan sebagai berikut:
- Pelamar tiba sendiri melamar ke perusahaan,
- Kerjasama dengan kantor dinas tenaga kerja,
- Kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan,
- Membuat iklan/advertising di media massa,
- Melalui rujukan seseorang/rekanan karyawan,
- Kerjasama dengan perusahaan lain, atau sanggup juga melalui nepotisme
c. Metode-metode rekrutmen, antara lain :
1) Metode tertutup : rekrutmen hanya untuk kalangan terbatas, untuk karyawan atau orang-orang tertentu saja, sehingga lamaran yang masuk tidak banyak, kelemahannya akan sulit memperoleh karyawan yang baik.
2) Metode terbuka : rekrutmen diumumkan secara terbuka melalui iklan di media massa. Bertujuan untuk mendapatkan banyak lamaran, sehingga perusahaan sanggup memperoleh karyawan yang baik dan jago menjadi lebih besar
1) Metode tertutup : rekrutmen hanya untuk kalangan terbatas, untuk karyawan atau orang-orang tertentu saja, sehingga lamaran yang masuk tidak banyak, kelemahannya akan sulit memperoleh karyawan yang baik.
2) Metode terbuka : rekrutmen diumumkan secara terbuka melalui iklan di media massa. Bertujuan untuk mendapatkan banyak lamaran, sehingga perusahaan sanggup memperoleh karyawan yang baik dan jago menjadi lebih besar
d. Kendala-kendala rekrutmen yang sering terjadi antara lain :
1) Kebijakan perusahaan yang menyangkut gaji,
2) Persyaratan jabatan yang banyak yang harus dipenuhi menciptakan semakin sedikit minat pelamar untuk melamar,
3) Soliditas perusahaan dalam mendapatkan karyawan baru,
4) Metode pelaksanaan rekrutmen yang dialkukan secara terbuka atau tertutup member dampak terhadap minat pelamar,
5) Kondisi pasar tenaga kerja memperlihatkan dampak terhadap tingkat penawaran tenaga kerja,
6) Kondisi lingkungan eksternal ibarat kondisi perekonomian dan pesaing memberi dampak terhadap minat pelamar
1) Kebijakan perusahaan yang menyangkut gaji,
2) Persyaratan jabatan yang banyak yang harus dipenuhi menciptakan semakin sedikit minat pelamar untuk melamar,
3) Soliditas perusahaan dalam mendapatkan karyawan baru,
4) Metode pelaksanaan rekrutmen yang dialkukan secara terbuka atau tertutup member dampak terhadap minat pelamar,
5) Kondisi pasar tenaga kerja memperlihatkan dampak terhadap tingkat penawaran tenaga kerja,
6) Kondisi lingkungan eksternal ibarat kondisi perekonomian dan pesaing memberi dampak terhadap minat pelamar
3. Seleksi : Seleksi yaitu mekanisme yang dilakukan oleh perusahaan dalam memilih pelamar untuk mengisi lowongan pekerjaan yang disediakan oleh perusahaan.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan seleksi :
1) Seleksi harus efisien dan efektif,
2) Seleksi memperhatikan peraturan-peraturan pemerintah yang berlaku,
3) Petugas seleksi harus cerdas dan jujur.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan seleksi :
1) Seleksi harus efisien dan efektif,
2) Seleksi memperhatikan peraturan-peraturan pemerintah yang berlaku,
3) Petugas seleksi harus cerdas dan jujur.
Dari Berbagai Sumber
Sumber http://ikhtisarmateri.blogspot.com
0 Response to "Perangkat Kerja Dan Tahapan Pengadaan Personil Kantor"
Posting Komentar