-->

iklan banner

Dasar-Dasar Pendidikan Ips



Pengertian IPS
  IPS sebagai mata pelajaran dalam kurikulum sekolah (SD, SMP, SMA)
  IPS sebagai academic discipline/area of study di PT

IPS sebagai Academic Discipline
  IPS yaitu area of inquiry pada jenjang PT yang melaksanakan kajian terhadap fenomena pendidikan yang berkenaan dengan kegiatan siswa, guru, materi belajar, proses belajar, evaluasi, sumber belajar, lingkungan, serta pemikiran-pemikiran kependidikan yang berkenaan dengan PIPS di jenjang persekolahan.

TIGA TRADISI SOCIAL STUDIES
  1. Social Studies as Citizenship Transmission
  2. Social Studies as Social Sciences
  3. Social Studies as Reflective Inquiry

IPS sebagai Pendidikan Disiplin Ilmu
  PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU, yaitu suatu batang badan disiplin (baru) yang menyeleksi konsep, generalisasi dan teori dari struktur disiplin-disiplin ilmu (universitas) dn disiplin Ilmu Pendidikan yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan.
  PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU SOSIAL, yaitu seleksi dari struktur disiplin akademik IIS yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk mewujudkan tujuan nasional yang menurut Pancasila sesuai dengan UU Sisdiknas.

LIMA TRADISI SOCIAL STUDIES
  1. Social Studies as Citizenship Transmission
  2. Social Studies as Social Science Education
  3. Social Studies as Reflective Thinking
  4. Social Studies as Social Criticism
  5. Social Studies as Personal Development of the Individual


Pengertian Pendidikan IPS di Sekolah
  Suatu penyederhanaan disiplin IIS, psikologi, filsafat, ideologi negara dan agama yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan.
  Penekanan pada: (1) tumbuhnya nilai-nilai kewarganegaraan, susila ideologi negara dan agama; (2) isi dan metode berpikir ilmuwan sosial; (3) reflective inquiry; (4) mengambil kebaikan dari 1, 2, 3. (Nu’man Somantri, 2001)

Karakteristik PIPS
Pendidikan disiplin ilmu:
  Terpadu (integrated)
  Interdisipliner
  Multidimensional
  Cross-disipliner
  Synthetic discipline
  Kajian sistematik
  Scientific boundary line

Tujuan IPS Sekolah
  Mempersiapkan para penerima didik sebagai warga negara yang menguasai pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), perilaku dan nilai (attitudes and values) yang sanggup dipakai sebagai kemampuan untuk memecahkan problem langsung atau problem sosial serta kemampuan mengambil keputusan  dan berpartisipasi dalam banyak sekali kegiatan kemasyarakatan biar menjadi warga negara yang baik.

Lima Kriteria Kemampuan yang harus Dikembangkan
      Kemelek-wacanaan problem sosial (social literacy)
      Kemampuan komunikasi sosial (social communication skills)
      Pemecahan problem sosial (social problem solving)
      Berpikir kritis (critical thinking)
      Keterpaduan (integration)

Kompetensi Guru
Kompetensi yang harus dimiliki
  Kemampuan perihal visi seorang guru sebagai pendidik IPS.
  Kompetensi berkenaan dengan apa yang akan dididikkan/diajarkan.
  Kompetensi perihal pengembangan proses pembelajaran.
  Kompetensi perihal problem berguru dan kepribadian penerima didik.
  Kompetensi perihal penilaian pembelajaran dan hasil belajar.

Kompetensi sebagai Ilmuwan
  Kompetensi perihal keilmuan IPS sebagai Area of Inquiry.
  Kompetensi perihal materi kajian IPS sebagai acara pendidikan di jenjang sekolah.
  Kompetensi perihal pengembangan keilmuan IPS sebagai Academic Discipline.
  Kompetensi perihal komunikasi dan lembaga ilmiah (tertulis, lisan)
  Kompetensi berkenaan dengan pengembangan acara IPS untuk jenjang sekolah.
  Kompetensi mengenai penilaian acara IPS di jenjang sekolah.

Sosok Utuh SKGK-SD/MI Lulusan S1 PGSD/MI
Mengenal penerima didik secara mendalam:
  Karakteristik, latar belakang/kebhinekaan budaya, gaya belajar, kesulitan belajar, potensi.Menguasai bidang studi:
  Substansi dan metodologi 5 bidang studi (BI, Mat, IPA, IPS, PKn) Materi asuh 5 mata pelajaran dalam Kur. SD/MI (BI, Mat, IPA, IPS, PKn)

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik:
  Menguasai prinsip dasar pembelajaran yang mendidik.
  Mengembangkan kurikulum 5 mata pelajaran SD/MI.
  Merancang pembelajaran yang mendidik.
  Melaksanakan pembelajaran yang mendidik.
  Menilai proses dan hasil belajar.

Mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan:
  Menampilkan diri sebagai pendidik profesional.
  Menilai kinerja sendiri.
  Meningkatkan kualitas pembelajaran.
  Berkomunikasi secara efektif.
  Berkonstribusi dalam pengembangan pendidikan di tingkat kelas, institusi, regional, nasional.
  Memanfaatkan teknologi gosip untuk pembelajaran dan ekspansi wawasan.
  Menggunakan bahasa Inggris untuk memperluas wawasan.

Substansi materi IPS yang harus dikembangkan Menurut Bar dan Shermis:
  Social studies taught as citizenship transmission; IPS sebagai Pendidikan Kewarganegaraan à terdapat pewarisan budaya.
  Social studies taught as social science; IPS sebagai pengajaran IIS à tujuan kewarganegaraan sanggup dicapai dengan keputusan yang diambil menurut pada penguasaan konsep, proses dan masalah-masalah sosial.
  Social studies taught as reflective inquiry; IPS sebagai penyelidikan reflektif à tujuan warga negara yang baik sanggup dicapai melalui proses inkuiri dimana pengetahuan berasal dari apa yang perlu diketahui oleh warga negara untuk menciptakan keputusan dan memecahkan masalah.

Tujuan mata pelajaran IPS
  Membina pengetahuan siswa perihal pengalaman insan dalam kehidupan bermasyarakat pada masa lalu, kini dan akan datang,
  Menolong siswa untuk berbagi keterampilan (skill) di masa yang akan datang,
  Menolong siswa untuk berbagi nilai/sikap (value) demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, dan
  Menyediakan kesempatan kepada siswa untuk mengambil bagian/berperan serta dalam kehidupan sosial (Chapin, J.R.R.G, 1992:5)

Visi dan Misi pendidikan IPS
  Visi      : Membentuk dan berbagi langsung “warga negara yang baik” (good citizen)
  Misi     :
ü  Menumbuhkan kesadaran bahwa dirinya merupakan makhluk ciptaan-Nya
ü  Mendidik siswa menjadi warga negara yang baik
ü  Menekankan pada kehidupan insan yang demokratis
ü  Meningkatkan partisipasi aktif, efektif dan kritis sebagai warga negara
ü  Membina siswa tidak hanya berbagi pengetahuan, tetapi perilaku dan keterampilan biar sanggup mengambil  bab secara aktif dalam kehidupan kelak sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang baik.

Sumber http://hani-rahayu.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dasar-Dasar Pendidikan Ips"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel