Contextual Teaching And Learning (Ctl)
Baca Juga
A. Pengertian CTL (Contextual Teaching and Learning)
Pengertian Contextual Teaching and Learning (CTL) antara lain :
1. Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara bahan yang diajarkannya dengan situasi dunia kasatmata siswa dan mendorong siswa menciptakan relasi antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. (Dir.PLP, 2003)
2. Pembelajaran kontekstual yaitu pembelajaran yang berusaha mengaitkan konten mata pelajaran dengan situasi dunia kasatmata dan memotivasi siswa menghubungkan pengetahuan yang dimiliki dengan kehidupan mereka sehari-hari (Blancard, 2001 dan Johnson, 2002)
Baca Juga :
Dari pendapat diatas sanggup diambil kesimpulan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah konsep mencar ilmu yang membantu guru mengkaitkan antara bahan yang diajarkan dengan situasi dunia kasatmata dan mendorong pembelajar menciptakan relasi anatara bahan yang diajarkannya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat
B. Contoh perkara CTL :
Salah satu referensi penerapan yang menarik sebagaimana ditulis oleh Kompas Cyber Media (KCM, www.kompas.com/kesehatan/news/0502/21/132131.htm).
KCM menuliskan sebuah kegiatan pembelajaran yang dikreasikan oleh Sudarno, Guru Biologi pada Sekolah Menengan Atas YMIK 1, Tebet untuk lomba CitiSuccess Fund 2004.
KCM menuliskan sebuah kegiatan pembelajaran yang dikreasikan oleh Sudarno, Guru Biologi pada Sekolah Menengan Atas YMIK 1, Tebet untuk lomba CitiSuccess Fund 2004.
Sudarno merancang pembelajaran perihal reproduksi sekaligus mencegah penularan HIV/AIDS dan penyalahgunaan narkoba Sudarno dengan judul: Jangan Buta Hanya Karena Cinta..... Sudarno bukan saja telah menciptakan judul yang menarik namun proses pembelajarannya juga menarik, terutama bagi pelajar cukup umur tingkat SMA.
Dalam pembelajarannya Sudarno hanya sekali menawarkan ceramah dikelas, selebihnya siswa melaksanakan acara pembelajarannya sendiri.
Pertama, siswa berkunjung ke Rumah Sakit Dharmais untuk mendapat isu perihal HIV/AIDS dan layanan bagi penderitanya.
Pertama, siswa berkunjung ke Rumah Sakit Dharmais untuk mendapat isu perihal HIV/AIDS dan layanan bagi penderitanya.
Setelah itu siswa menonton film dokumenter perihal penyalahgunaan narkoba yang dilanjutkan diskusi dengan psikolog dari Universitas Indonesia.
Terakhir siswa menyematkan pita merah pada pengunjung stasiun manggarai dan terminal bus manggarai sekaligus peringatan hari AIDS Sedunia pada tanggal 1 Desember 2004.
Terakhir siswa menyematkan pita merah pada pengunjung stasiun manggarai dan terminal bus manggarai sekaligus peringatan hari AIDS Sedunia pada tanggal 1 Desember 2004.
Guru melaksanakan KBM metode diskusi dengan beberapa perbaikan.
1. Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing 5 orang. Masing-masing anggota kelompok diberi nomor kepala/nomor anggota 1 – 5.
2. Guru menjelaskan rencana kegiatan yang akan dilakukan siswa, termasuk adanya evaluasi proses dan teknik pelaporan hasil diskusi kelompok yang dilakukan dengan cara mengundi nomor kelompok dan nomor anggota yang harus melaporkan hasil diskusi.
3. Setiap kelompok mencar ilmu mendapat kiprah berupa lembaran kerja yang berisi referensi perkara yang berkaitan dengan bahan Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat.
4. Setelah selesai diskusi kelompok, guru mengundi kelompok dan nomor kelompok anggota yang harus tampil memberikan hasil diskusi. Kelompok lain yang belum tampil menawarkan tanggapan, saran atau pertanyaan.
5. Pada tamat kegiatan guru menawarkan evaluasi dan refleksi dengan cara mengemukakan kesan yang diperoleh sehabis mengikuti pelajaran.
Dari Berbagai Sumber
Sumber http://ikhtisarmateri.blogspot.com
0 Response to "Contextual Teaching And Learning (Ctl)"
Posting Komentar