Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( Pkn ) Penggalan Bangsa Dan Kesatuan Negara Republik Indonesia
Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bab Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia - Saat mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) kalian tentu pernah mempelajari salah satu bahan wacana Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia. Pada bahan ini kalian akan mempelajari menyerupai apa itu pengertian bangsa berdasarkan beberapa ahli, apa itu pengertian negara, menyerupai apa semangat kebangsaan menyerupai nasionalisme, dan patriotisme. Agar kemampuan kalian dalam memahami bahan pada serpihan ini semakin elok maka alangkah baiknya kalau kalian sering-sering melatih diri dengan menjawab soal-soal. Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bab Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia.
A. Pilihlah salah satu tanggapan yang benar dengan memperlihatkan tanda silang (x) di depan aksara a, b, c, d, ataupun e !
1. Otto Bauer beropini bahwa bangsa yaitu sekelompok insan yang mempunyai persamaan karakter dan tumbuh karena...
a. persamaan sejarah
b. perasaan setia mitra yang agung
c. persamaan keturunan
d. kesatuan tempat tinggal
e. persamaan nasib
2. Terjadinya negara alasannya yaitu warga mengikatkan diri dalam perjanjian bersama untuk mendirikan suatu organisasi yang bisa melindungi dan menjamin kelangsungan hidup bersama yaitu terjadinya negara, berdasarkan teori ….
a. kekuasaan
b. ketuhanan
c. kedaulatan negara
d. kedaulatan hukum
e. perjanjian masyarakat
3. Salah satu faktor yang mengakibatkan pentingnya pengukuhan negara lain dalam unsur terbentuknya negara yaitu ....
a. pelaksanaan politik luar negeri yang harus diubahsuaikan dengan kepentingan nasional
b. stabilitas dalam negeri yang masih rawan dari perpecahan dan perebutan kekuasaan
c. dilema ekonomi harus dipecahkan dengan kolaborasi antarnegara
d. teknologi yang harus diwaspadai dari dampak negara-negara lain
e. kebudayaan negara maju menghipnotis negara yang gres berdiri
4. Tugas esensial negara yaitu ...
a. fungsi legislatif
b. fungsi eksekutif
c. fungsi yudikatif
d. mempertahankan negara sebagai organisasi politik yang berdaulat
e. memperbesar kesejahteraan umum baik moral, intelektual, sosial, maupun ekonomi
5. Suatu negara terjadi alasannya yaitu memisahkan diri dengan negara yang semula menguasainya, yaitu ....
a. separatisme
b. cesie
c. anexatie
d. fusi
e. occupatie
6. Untuk menanamkan jiwa atau semangat patriotisme dan nasionalisme kepada generasi muda yang kini ini dirasa kurang yaitu ….
a. sumber dana
b. sumber daya insan yang terampil
c. sarana dan prasarana
d. keteladanan
e. peraturan hukum
7. Faktor pemersatu bagi bangsa Indonesia yaitu ....
a. penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
b. pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya
c. menyadari arti Sumpah Pemuda 1928
d. perasaan senasib dan seperjuangan serta harapan nasional
e. melestarikan semangat dan jiwa 1945
8. Bentuk negara yang hanya terdapat dalam kerajaan Inggris yaitu .…
a. negara serikat
b. serikat negara
c. dominion
d. perwalian
e. uni
9. Menurut Aristoteles tujuan negara yaitu ....
a. memenuhi kebutuhan-kebutuhan kemanusiaan
b. memenuhi keinginan rakyatnya secara maksimal
c. menyelenggarakan hidup yang baik bagi warga negaranya
d. berbagi daya cipta rakyatnya sebebas-bebasnya
e. menjamin tersedianya kebutuhan hidup rakyatnya
10. Pengakuan secara de jure diwujudkan dalam bentuk ....
a. pengukuhan secara resmi berdasarkan aturan internasional
b. pengukuhan secara aktual telah berdirinya negara
c. mengadakan hubungan-hubungan yang bersifat khusus
d. melakukan perjanjian antara kedua negara
e. penerimaan sebagai anggota PBB
11. Semangat patriotisme dalam masa globalisasi cukup umur ini yaitu ….
a. mengikuti contoh hidup dari luar yang disenangi
b. mempertahankan tradisi yang hamper punah
c. menolak masuknya budaya asing
d. mendapatkan budaya absurd yang baru
e. menyaring dampak budaya asing
12. Unsur mutlak yang harus dipenuhi sebagai pembentuk negara yaitu ….
a. unsur kedaulatan
b. unsur konstitutif
c. unsur deklaratif
d. unsur penting
e. unsur yuridis
13. Pengertian bangsa dalam arti antropologis yaitu komplotan hidup insan alasannya yaitu adanya kesamaan unsur-unsur di bawah ini, kecuali ....
a. ras
b. bahasa
c. agama
d. keinginan
e. kebudayaan
14. Bangsa yaitu suatu masyarakat yang berada di suatu kawasan yang sama dan mereka patuh pada kedaulatan negara sebagai suatu kekuasaan tertinggi ke luar dan ke dalam. Pengertian tersebut merupakan pengertian bangsa dalam arti ....
a. politik
b. sosiologis
c. antropologis
d. primordialisme
e. etimologis
15. Pengakuan de facto dari kemerdekaan suatu negara menjadikan ….
a. sanggup mengadakan kekerabatan dengan negara lain
b. diakui keberadaannya di dunia internasional
c. sanggup diterima sebagai anggota organisasi regional
d. sanggup diterima sebagai anggota organisasi internasional
e. mempunyai kewenangan mengatur rakyat
16. Unsur deklaratif atau pengukuhan dari negara lain, diharapkan oleh negara yang merdeka dan berdaulat untuk ….
a. memenuhi tata pergaulan internasional
b. syarat sahnya suatu negara didirikan dan diakui
c. memenuhi keinginan PBB supaya menjadi anggota
d. memperoleh sumbangan dana pembengunan
e. mendapatkan kedudukan yang sejajar dan baik
17. Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercantum dalam ....
a. Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 Alinea I
b. Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 Alinea II
c. Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 Alinea III
d. Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 Alinea IV
e. pokok-pokok Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945
18. Berikut ini faktor pemersatu bagi bangsa berdasarkan pendapat Ernest Renan yaitu ….
a. kesamaan bangsa
b. kesamaan suku
c. persamaan warna kulit
d. perasaan setia kawan
e. persamaan agama
19. Terjadinya negara Indonesia pada tahun 1945 dicapai melalui …
a. perjanjian
b. peperangan
c. peleburan
d. pemberian
e. kompromi
20. Di bawah ini termasuk rumusan tujuan negara Indonesia, kecuali ….
a. mencerdaskan kehidupan bangsa
b. memajukan kesejahteraan umum
c. menjamin kehidupan bersama bagi bangsa Indonesia
d. melindungi segenap bangsa dan tanah air Indonesia
e. melakukan ketertiban dunia
21. Salah satu perbedaan yang menonjol antara teori lain dengan teori integralistik mengenai pengertian negara yaitu bahwa teori integralistik lebih mengutamakan ....
a. persatuan antara pemerintah dan rakyat
b. mengurus kepentingan rakyat semata
c. keseimbangan antara hak dan kebebasan
d. kesejahteraan seluruh rakyat
e. ketenteraman pemerintah menjalankan fungsinya
22. Unsur wilayah negara yang paling luas yaitu ....
a. daratan yang terhampar
b. lautan yang terbentang
c. kawasan ektrateritorial
d. udara di atasnya
e. maritim territorial
23. Tujaan negara berdasarkan Immanuel Kant yaitu ....
a. membuat kekuasaan negara sebesar-besarnya
b. membuat perdamaian dunia
c. menjamin hak dan kebebasan manusia
d. memajukan kesejahteraan manusia
e. membuat kebebasan dan kehormatan rakyat
24. Tokoh teori terjadinya suatu negara alasannya yaitu adanya perjanjian yang dibentuk antarmasyarakat ialah ....
a. JJ Rouseau, Thomas Hobbes dan Jhon Lock
b. Voltaire, Niccollo Machiavelli dan Montesquiue
c. Socrates, Plato, dan Aristofeles
d. F. Julius Stahl, Agustinus, dan Thomas Aquino.
e. Immanuel kant, Dante Alegheiri dan Kranenburg
25. Salah satu nilai patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di bidang hankamnas yaitu ….
a. mengorbankan jiwa raga dalam menghadapi musuh
b. berjuang untuk meraih harapan demi masa depan
c. membantu TNI/Polri untuk memberantas kejahatan
d. memperlihatkan harta benda demi bangsa dan negara
e. rela berkorban untuk mengamankan wilayah negara
26. Menurut Friedrik Hertz bahwa setiap bangsa mempunyai empat unsur aspirasi sebagai berikut, kecuali ....
a. keinginan untuk mencapai kesatuan nasional.
b. keinginan mencapai kemerdekaan
c. keinginan untuk mandiri
d. ingin menonjol dari bangsa-bangsa yang lain
e. kebebasan berbudaya secara mutlak
27. Pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan dipelopori oleh ….
a. Aristoteles
b. Logeman
c. JJ Ruseau
d. Palto
e. Montesqueau
28. Suatu paham yang mengagung-agungkan bangsa sendiri dan merendahkan bangsa lain disebut ….
a. patriotisme
b. nasionalisme dalam arti luas
c. nasionalisme
d. chauvenisme
e. sinkretisme
29. Fungsi negara meliputi kiprah pokok yang meliputi fungsi legeslatif, fungsi eksekutif, dan fungsi yudikatif. Pendapat ini dinyatakan oleh ....
a. Van Vollen Hoven
b. Montesquieu
c. Prof. Mr. R. Kranenburg
d. Charles E. Merriam
e. George Jellinek
30. Negara mempunyai kekuatan yang sah untuk memksakan aturan yang telah dibentuk oleh forum yang berwenang kepada warga negaranya. Sifat hakikat negara yang demikian ini yaitu ....
a. monopoli
b. memaksa
c. meliputi semua
d. berkuasa
e. berdaulatbesarnya
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat !
1. Sebutkan unsur-unsur terbentuknya negara !
2. Sebutkan identitas nasional bangsa Indonesia !
3. Bagaimana fungsi negara berdasarkan Montequieu ?
4. Apa yang dimaksud kiprah esensial negara ?
5. Jelaskan empat perilaku yang harus dihindari dalam membina nasionalisme !
Semoga dengan adanya Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bab Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia ini kalian akan semakin termudahkan dalam memahami dan mempelajari bahan wacana bangsa dan kesatuan negara republik Indonesia. Kalian akan semakin mengerti apa itu pengertian negara, bangsa, dan semangat kebangsaan menyerupai patriotisme dan nasionalisme. Dengan berguru yang ulet semoga nilai Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) kalian akan semakin bagus. Amin. Terimakasih telah membaca Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bab Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia.
Sumber http://abidtinfaz.blogspot.com
0 Response to "Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( Pkn ) Penggalan Bangsa Dan Kesatuan Negara Republik Indonesia"
Posting Komentar