-->

iklan banner

√ Mata : Pengertian, Bagian, Fungsi Jenis Penyakitnya Lengkap

√ Mata : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Lengkap


 


 


SeputarIlmu.Com – Mata merupakan salah satu alat indera insan yang sangat penting bagi insan lantaran mata berfungsi untuk melihat suatu benda yang ada disekelilingnya. Untuk itu disini akan mengulas wacana pengertian mata, dan bagian-bagian mata beserta fungsi nya. untuk mari simak ulasan yang ada dibawah berikut.


 


 


Pengertian Mata


Mata ialah salah satu alat indra insan yang mempunyai fungsi sebagai indra penglihat. Mata ialah suatu alat indra yang kompleks. Mata juga mempunyai bagian-bagian beserta fungsi nya yaitu, bulu mata, alis mata, dan kelopak mata juga mempunyai tugas penting dalam mendukung penglihatan. Mata ialah yang kerjanya terkait dengan cahaya (terang gelap), warna, dan benda yang dilihat.


 


 


 Mata merupakan salah satu alat indera insan yang sangat penting bagi insan lantaran mat √ Mata : Pengertian, Bagian, Fungsi  Jenis Penyakitnya Lengkap


 


 


Bagian-Bagian Mata dan Beserta Fungsinya


 


Secara garis besar Mata mempunyai 2 kepingan utama, yaitu kepingan dalam bola mata, dan kepingan luar bola mata.


Bagian Luar Mata


1. Alis Mata


Alis mata ialah suatu kepingan yang terdapat di atas kelopak mata yang terdiri dari rambut – rambut.


Fungsi Alis mata : berfungsi untuk melindungi mata dari air dan kotoran yang akan masuk ke mata. Contohnya : mata bisa terlindung dari keringat dari atas alis mata.


 


2. Kelopak Mata


Kelopak mata ialah suatu kepingan yang menutupi sebagian mata. Kelopak mata sanggup menutup dan membuka. Kelopak mata mempunyai gerak refleks untuk berkedip jikalau terjadi sesuatu.


Fungsi Kelopak mata : Memiliki fungsi untuk melindungi dan membersihkan mata.


Contohnya : ketika intensitas cahaya yang diterima oleh bola mata meningkat secara tiba-tiba.


 


3. Bulu Mata


Bulu mata ialah suatu kepingan yang terdapat pada suatu ujung kelopak mata yang terdiri oleh rambut – rambut halus.


Fungsi Bulu Mata : mempunyai fungsi untuk melindungi mata dari suatu kotoran dan juga untuk menyaring suatu intensitas cahaya yang masuk ke mata.


Fungsi Bulu mata : Pada suatu bulu mata terdapat sebuah kelenjar yang disebut suatu kelenjar meibow yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan lemak untuk mencegah kedua kelopak mata terjadinya lengket dikala berkedip.


 


Bagian Dalam Mata


1. Dinding Bola Mata


Bola mata tersusun terdiri 3 dinding yang mempunyai tugas mayoritas dalam menjalankan suatu fungsinya sebagai alat indra penglihat. Ketiga kepingan tersebut yaitu :


⇒ Sklera


Sklera ialah suatu kepingan dinding mata paling luar, kepingan yang satu ini berwarna putih buram dan sifatnya keras lantaran terdiri oleh suatu jaringan ikat dengan serat yang kuat.


Fungsi Skelara: Memiliki fungsi untuk membungkus dan melindungi suatu bola mata dari kerusakan.


 


⇒ Kornea

Pada suatu kepingan depan skera terdapat kepingan bening yang terlihat cembung yang disebut dengan kornea.


Fungsi Kornea : mempunyai fungsi untuk melindungi suatu lensa mata dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata. Kornea yang selalu dibasahi oleh air mata, tidak mempunyai pembuluh darah dan mempunyai sifat tembus cahaya.


 


⇒ Koroid

Koroid ialah suatu kepingan dinding mata lapisan tengah. Pada Koroid terdapat banyak pembuluh darah oleh lantaran gampang untuk transfer oksigen. Koroid umumnya berwarna Coklat kehitaman atau hitam.


Fungsi Koroid : mempunyai fungsi untuk penyuplai oksigen dan nutrisi untuk kepingan lain, yang paling utama, bagi retina. Pada kepingan Warna gelap pada Koroid mempunyai fungsi biar suatu cahaya tidak direfleksikan (dipantulkan). pada Bagian depan koroid yang terputus akan membentuk suatu iris (selaput pelangi), pada kepingan tengah iris terdapat suatu lubang yang dinamakan pupil.


 


2. Retina


Retina ialah suatu kepingan dinding yang paling dalam dari mata yang mempunyai fungsi untuk menangkap suatu bayangan benda lantaran mempunyai sel yang peka terhadap cahaya. Retina ialah suatu kepingan yang mempunyai reseptor cahaya yang terdiri dari suatu sel – sel saraf yaitu :



  • Sel Batang (Basilus), yaitu suatu sel yang peka terhadap suatu cahaya yang tidak berpengaruh ( yang lebih berperan pada dikala malam hari atau dalam suatu keadaan gelap)


 



  • Sel Kerucut (Konus), yaitu suatu sel yang peka terhadap suatu intensitas cahaya yang berpengaruh (yang lebih berperan pada dikala siang hari atau dalam suatu keadaan terang)


Pada kepingan belakang retina tidak mempunyai sel batang ataupun sel kerucut tersebut, oleh lantaran itu disebut juga titik buta, dan apabila suatu bayangan benda jatuh pada titik tersebut maka tidak sanggup melihat. Sedangkan pada kepingan mata yang mempunyai banyak sel kerucut yang disebut titik kuning , pada kepingan ini ialah suatu kepingan yang paling peka terhadap suatu cahaya, dan apabila suatu bayangan benda jatuh pada titik kuning, maka insan sanggup melihat dengan jelas.


 


3. Iris


Iris ialah kepingan yang akan memberi warna pada mata, oleh lantaran itu insan mempunyai warna bola mata nya yang majemuk menyerupai warna, hitam, coklat, biru, dan hijau. adanya majemuk warna pada bola mata lantaran irislah yang mempunyai tugas untuk memperlihatkan warna pada bola mata manusia. Karena pada kepingan Iris ini terdapat pingmen warna, dan lantaran itu iris sering disebut juga suatu selaput pelangi, iris yang letaknya pada kepingan depan bola mata. Iris juga sanggup mengkerut dan mengembang


Fungsi Iris : iris mempunyai fungsi untuk mengatur suatu pergerakan pupil sesuai dengan suatu intensitas cahaya yang masuk.


 


4. Pupil


Pupil ialah suatu kepingan lubang yang terdapat pada suatu kepingan tengah iris. Pupil akan melebar jikalau cahaya yang masuk ke mata sedikit (dalam keadaan semakin gelap) , dan akan mengecil apabila banyak nya cahaya yang masuk ke mata (dalam keadaan semakin terang). Proses terjadinya membesar dan mengecilnya suatu Pupil berfungsi biar suatu cahaya yang masuk tidak berlebihan dan tidak terlalu sedikit biar tetap sanggup melihat dengan baik.


Fungsi Pupil : Pupil mempunyai fungsi untuk mengatur banyak sedikitnya suatu cahaya yang masuk ke mata


 


4. Lensa


Lensa ialah suatu kepingan yang bersifat lunak dan transparan yang terdapat dibagian belakang iris. Lensa yang mempunyai kemampuan daya akomodasi, daya fasilitas yaitu suatu kemampuan untuk menebal/menipisnya atau mencembung/memipihnya suatu lensa yang sesuai dengan jarak benda yang dilihat. Lensa juga diikat oleh otot pemegang lensa, otot inilah yang berfungsi dalam kemampuan Daya Akomodasi Lensa. Apabila suatu Lensa Akan semakin cembung dikala melihat suatu benda yang bersahabat dan semakin memipihnya dikala melihat suatu benda yang jauh.


Fungsi Lensa : lensa mempunyai fungsi untuk mengumpulkan dan memfokuskan suatu cahaya biar bayangan benda jatuh di daerah yang tepat.


 


5. Kelenjar Lakrima (kelenjar air mata)


Kelenjar Lakrima ialah salah satu kepingan mata.


Fungsi Kelenjar Lakrima : Kelenjar lakrima mempunyai fungsi untuk menghasilkan air mata yang akan membasahi suatu kornea, yang melindungi mata dari kuman, dan menjaga mata dan kelopak mata pada kepingan dalam biar tetap lembut dan sehat.


 


6. Saraf Optik


Saraf optik merupakan salah satu kepingan mata yang memperlihatkan informasi visual dan diteruskan ke otak.


Fungsi Saraf Optik : saraf optik mempunyai fungsi untuk memperlihatkan suatu informasi visual yang diterima dan diteruskan ke otak.


 


7. Titik Buta


Titik Buta ialah salah satu kepingan mata yang meneruskan dan membelokan suatu berkas saraf untuk menuju ke otak. Karena itu jikalau suatu bayangan benda jatuh dibagian ini, maka kita tidak bisa melihat. Pada suatu titik buta tidak terdapat sel – sel yang peka terhadap suatu rangsangan cahaya.


Fungsi Titik Buta : Titik buta ini mempunyai fungsi untuk meneruskan dan membelokkan suatu berkas saraf untuk menuju ke otak.


 




Jenis Penyakit Mata


1. Kelainan refraksi


Kelainan refraksi dibagi menjadi empat yaitu: presbiopi atau menurunnya kemampuan fasilitas lensa, miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, dan astigmatisme atau yang dikenal dengan istilah silindris. “Biasanya untuk menangani kelainan refraksi, memakai beling mata, lensa kontak, atau lasik. Penanganan harus cepat dilakukan untuk mencegah penyakit semakin parah, Supaya tidak terlanjur mengalami sebuah kelainan refraksi yang semakin parah, dan diharapkan investigasi rutin minimal satu tahun sekali untuk kesehatan mata.


 


2. Konjungtivitis


Konjungtivitis merupakan jenis penyakit mata yang dikarenakan adanya peradangan pada selaput mata. Gejala yang muncul berupa mata merah, gatal, dan berair. Penyebab penyakit mata ini antara lain yaitu iritasi lantaran polusi, alergi, dan jerawat yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. penyakit mata ini diharapkan investigasi ke dokter mata supaya tidak salah diagnosis terhadap penyebab dari konjungtivis. Ini lantaran risiko dari mengobati sendiri penyakit ini cukup tinggi, menyerupai meningkatnya tekanan mata yang memicu kebutaan.


 


3. Pterigium


Pterigium merupakan jenis penyakit mata yang dikarenakan adanya pertumbuhan jaringan berbentuk segitiga di lapisan membran tipis bening (konjungtiva) di kepingan putih mata. Hal ini dikarenakan radiasi sinar ultraviolet, paparan matahari serta iritasi kronis yang berasal dari asap, debu, angin, atau benda-benda asing. Pterigium ringan ini bisa diatasi dengan penggunaan obat tetes atas petunjuk dokter. Sementara bila sudah mengakibatkan tanda-tanda yang berat menyerupai penglihatan menjadi buram, maka perlu dilakukan operasi pengangkatan.


 


4. Katarak


Katarak merupakan jenis penyakit mata yang dikarenakan oleh lensa mata yang keruh sehingga masuknya cahaya pada retina jadi terhalang. Katarak umumnya disebabkan lantaran sebuah proses penuaan. Tetapi, beberapa faktor menyerupai paparan sinar ultraviolet, penggunaan obat-obatan menyerupai steroid dan diabetes juga bisa meningkatkan risiko katarak. Menurut data dari Kementerian Kesehatan, katarak ialah penyakit mata penyebab kebutaan pertama di Indonesia. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan operasi mata guna mengangkat lensa berkabut yang sudah bau tanah dan menggantinya dengan implantasi lensa plastik baru.


 


5. Glaukoma


Glaukoma merupakan jenis penyakit mata yang dikarenakan oleh peningkatan tekanan di bola mata. pada awalnya penyakit ini biasanya tidak mengakibatkan gejala. Tapi penglihatan perlahan menurun dan luas pandang menjadi semakin menyempit.


 


Untuk melihat benda atau objek yang akan dilihat insan niscaya membutuhakan yang namanya mata, Oleh lantaran itu mata mempunyai tugas yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Itulah klarifikasi √ Mata : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Lengkap. Semoga ilmu yang dijelaskan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Sekian dan terimakasih


 


 


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  √ Panca Indera : Pengertian, Macam, Bagian & Fungsinya Lengkap

Baca Juga :  Pengertian, Bagian-Bagian, dan Fungsi Kulit Menurut Para Ahli Biologi Beserta 20 Penyakit Kulit

Baca Juga :  Pengertian, dan 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap

Baca Juga :  √ Otak : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Lengkap

Baca Juga :  √ Paru-Paru : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Terlengkap

 


 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Mata : Pengertian, Bagian, Fungsi Jenis Penyakitnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel