-->

iklan banner

10 Pengertian, Macam-Macam, Tujuan, Dan Manfaat Jaringan Komputer Berdasarkan Para Jago Terlengkap

10 Pengertian, Macam-Macam, Tujuan, dan Manfaat Jaringan Komputer Menurut Para Ahli Terlengkap – Jaringan komputer pada zaman kini sangat penting alasannya bab dari kebutuhan manusia, jaringan komputer membantu kita untuk melaksanakan pekerjaan dan saling berkomunikasi walaupun dijangkaun yang luas sekalipun. Tanpa ada nya jaringan komputer kita tidak akan sanggup mengakses internet oleh alasannya itu jaringan komputer sangat penting untuk kehidupan zaman sekarang. Untuk lebih terperinci lagi mari simak ulasan yang ada dibawah berikut.


 dan Manfaat Jaringan Komputer Menurut Para Ahli Terlengkap 10 Pengertian, Macam-Macam, Tujuan, dan Manfaat Jaringan Komputer Menurut Para Ahli Terlengkap



Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli


1. Jafar Noor Yudianto (2007)

Menurut Jafar Noor Yudianto menyatakan bahwa Jaringan komputer yaitu suatu sistem yang terdiri atas yaitu komputer-komputer yang didesain untuk sanggup menyebarkan suatu sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan biar sanggup mengakses isu (peramban web).



2. Umi Proboyekti

Menurut Umi Proboyekti menyatakan bahwa Jaringan komputer yaitu suatu sekumpulan komputer yang berjumlah banyak yang terbagi-bagi dan saling bekerjasama dalam melaksanakan tugasnya. contohnya dua buah komputer sanggup dikatakan terkoneksi kalau keduanya sanggup saling bertukar informasi.



3. Anonim

Menurut Anonim mendefinisikan bahwa suatu Jaringan Komputer yaitu suatu kelompok komputer otonom yang saling bekerjasama antara satu dengan lainnya yang menggunakan protokol komunikasi melalui suatu media komunikasi sehingga sanggup saling menyebarkan data, informasi, program, penggunaan nya  bersamaan perangkat keras menyerupai printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer juga sanggup diartikan sebagai suatu kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.



4. Abdul Kadil (2003)

Menurut Abdul Kadil (2003) menyatakan bahwa Jaringan Komputer yaitu korelasi antara dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang mempunyai tujuan utama yaitu untuk melaksanakan pertukaran data.



5. Tanaenbaum (2002)

Menurut Tanaenbaum Jaringan Komputer yaitu suatu kumpulan dari perangkat keras dan lunak di dalam suatu sistem yang mempunyai hukum tertentu untuk mengatur semua anggotanya dalam mengerjakan acara komunikasi. Satu komputer yang saling terhubung ke jaringan menjadi satu node dari jaringan tersebut. Sedangkan suatu  host secara umum yang diartikan sebagai suatu komputer yang saling terkoneksi ke jaringan yang sanggup menawarkan layanan jaringan (network service).



6. Izaas El Said

Menurut Izaas El Said Jaringan Komputer yaitu suatu sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, untuk saling sanggup menyebarkan isu dan juga sumber daya yang dipunyainya.



7. Madcoms

Menurut Madcoms menyatakan bahwa Jaringan komputer yaitu suatu kumpulan dari beberapa suatu komputer dan peralatan penunjang lainnya, yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi satu sama lainnya.



8. Techi Wire House

Menurut Techi Wira House menyatakan bahwa Jaringan komputer yaitu suatu kumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terkoneksi satu sama lain, yang mempunyai suatu koneksi tertentu



9. Kristanto (2003)

Menurut Kristanto (dalam Tiranda, 2014) menyatakan bahwa Jaringan komputer yaitu suatu kelompok komputer otonom yang saling terhubung satu sama lain, dengan menggunakan satu protocol komunikasi sehingga semua komputer yang saling terhubung tersebut sanggup menyebarkan suatu informasi, program, sumber daya dan juga sanggup saling menggunakan perangkat keras lainnya secara bersamaan, yaitu printer, harddisk dan lain sebagainya.



9. Wikipedia

Menurut Wikipedia Indonesia mendefiniskan bahwa jaringan komputer yaitu suatu sistem yang terdiri dari banyak komputer (lebih dari satu komputer) yang didesain untuk sanggup saling menyebarkan sumber daya atau resources, saling berkomunikasi satu sama lain, dan juga sanggup saling mengakses isu satu sama lain.



10. Zymon Machajewski

Menurut  Zymon Machajewski menyatakan bahwa jaringan komputer yaitu suatu perangkat komputer yang saling terhubung secara samaan satu sama lainnya yang bertujuan, yaitu untuk saling membagikan atau men-share resources alias sumberdaya. Salah satu sumberdaya yang paling banyak digunakan pada zaman ini yang banyak digunakan di sebuah jaringan komputer yaitu sumber daya internet. 



Macam-Macam Jaringan Komputer 


1. LAN (Local Area Network)

Local area network yang disingkat LAN yaitu suatu Jaringan ini mempunyai lokasi jangkauannya yang hanya lebih kurang 100 meter saja. Jaringan yang satu ini sering digunakan didalam suatu perusahaan, alasannya perusahaan menggunakan jaringan LAN di mana di dalam perusahaan yang menggunakan jaringan LAN untuk memanfaatkan kemudahan untuk menyebarkan data diam-diam perusahaan.


2. MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network yang disingkat MAN merupakan Lebih besar jangkauannya daripada jaringan LAN, yaitu maksimal 10 s.d. 50 kilometer.Jaringan MAN ini digunakan oleh suatu perusahaan yang mempunyai cabang didalam satu kota saja.


3. WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network yang disingkat WAN yaitu suatu jaringan komputer yang mempunyai jangkauan antar benua, dengan melewati suatu batas geografis negara dan milik umum. WAN biasanya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih suatu jaringan lokal yang sehingga sih pengguna sanggup berkomunikasi dengan si pengguna lain walaupun berada di lokasi berbeda.


4. Internet (Interconnected Network)
Interconnected Network yang disingkat Internet yaitu suatu jaringan komputer yang mempunyai jangkauan yang sangat luas hingga seluruh wilayah bumi. Internet ini Sering digunakan untuk menyebarkan suatu  isu yang secara global mencakup perihal pendidikan, hiburan, teknologi, dan lain-lain.


5. Wireless
Wireless Jaringan yang satu ini merupakan yang paling sederhana dikarenakan tidak menggunakan kabel. Yang di mana di dalam pengoperasiannya hanya mengandalkan suatu teknologi radio (frekuensi). Yang sering disebut juga jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) atau  yang sering kita pakai Wi-Fi.






Tujuan Jaringan Komputer




  • Untuk mendapat suatu isu biar tetap tidak ketinggalan dan terbaru

  • Untuk mengefesienkan suatu administrasi sumber daya

  • Untuk membantu suatu perusahaan biar karyawannya sanggup berkomunikasi dengan karyawan lainya dengan lebih efisien

  • Untuk membantu dalam melayani rekan kerja secara fektif

  • Untuk mempercepat suatu proses data sharing (berbagi data)




Manfaat Jaringan Komputer



  • cepat dalam mengakses suatu informasi,

  • Dapat menawarkan kemudahan dalam berkomunikasi

  • Memperluas dalam penggunaan sistem informasi,

  • Banyak aplikasi pendukung yang sanggup dijalankan disemua komputer

  • Membuat suatu sistem komputer biar lebih fleksibel dan gampang untuk digunakan.


Dizaman kini suatu jaringan sangat diperlukan dalam kehidupan manusia, alasannya acara insan kebanyakan sangat membutuhkan jaringan.



Terimakasih sudah membaca perihal 10 Pengertian, Macam-Macam, Tujuan, dan Manfaat Jaringan Komputer Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat Bagi pembaca yang sedang membutuhkannya.





Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Pengertian, Macam-Macam, Tujuan, Dan Manfaat Jaringan Komputer Berdasarkan Para Jago Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel