Pengajaran Profesional Dan Pembelajaran Bermakna 3
TELAAH KURIKULUM
Untuk memahami makna fundamental pernyataan-pernyataan setiap SK dan KD, untuk memahami korelasi antara SK dan KD, memahami bangkit kompetensi yang akan dicapai dalam satu semester, menghasilkan tema sebagai payung bahasan unit-unit kompetensi,dan untuk menyusun draft silabus dan RPP yang sistematis, guru perlu melaksanakan telaah kurikulum melalui langkah Pemetaan Kompetensi dan Mengembangkan Ide-Ide Kegiatan pembelajaran.Pemetaan Kompetensi diawali dengan mengelompokkan KD-KD yang memiliki "kesamaan" aspek tertentu. Kesamaan ini selanjutnya dikemas menjadi tema/konteks/teks, dimana tema/konteks/teks ini dijadikan wadah bagi pengembangan pembelajaran yang lebih bermakna dan kontekstual. Pemetaan kompetensi yang baik akan membantu guru dalam administrasi waktu alasannya ialah KD-KD yang memiliki kesamaan aspek sanggup diintegrasikan sehingga menghindari pengulangan bahan dan memudahkan pemahaman penerima didik.
Untuk membuatkan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna guru perlu merencanakan ide-ide acara pembelajaran untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran. Ide-ide acara pembelajaran akan memudahkan penyusunan silabus dan planning pembelajaran, alasannya ialah tentunya guru akan menyusun ide-ide acara pembelajaran yang diubahsuaikan dengan kondisi penerima didik, ketersediaan sarana dan prasarana, dan kemampuan guru. Kegiatan merancang inspirasi acara pembelajaran akan memudahkan guru merancang Lembar Kerja Siswa.
Sumber http://buguruwati.blogspot.com
0 Response to "Pengajaran Profesional Dan Pembelajaran Bermakna 3"
Posting Komentar