-->

iklan banner

√ Pengertian Populasi : Ciri, Jenis, Faktor Misalnya [ Terlengkap ]

√ Pengertian Populasi : Ciri, Jenis, Faktor & Contohnya [ TERLENGKAP ] – Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan klarifikasi dari populasi. Langsung saja, kita mulai dahulu dengan pengertian individu.


Pengertian Individu yaitu suatu organisme tunggal contohnya, untuk seekor tikus, seorang manusia, sebatang pohong jambu, dan sebatang pohon kelapa.


Pengertian Populasi yaitu suatu kumpulan individu yang sejenis dan hidup di suatu kawasan dengan waktu tertentu. Contoh suatu populasi yaitu pada sebuah kola terdama ikan, teratai, dll. Populasi pohon kepala dikelurahan tegakan di tahun 1989 yang berjumlah 2552 batang. Berikut klarifikasi terlengkapnya wacana populasi.


 


 Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan klarifikasi dari populasi √ Pengertian Populasi : Ciri, Jenis, Faktor  Contohnya [ TERLENGKAP ]


 


Pengertian Populasi


Apa yang dimaksud dengan suatu populasi (population)? Secara umum, pengertian populasi yaitu sekumpulan mahluk hidup yang mempunyai karakteristik yang sama (species yang sama), hidup dalam wilayah geografis yang sama pada waktu tertentu, dan bisa bereproduksi di antara sesama mahluk hidup tersebut.


Ada juga yang menyampaikan bahwa arti populasi ini yaitu sekumpulan penduduk atau jumlah penghuni di suatu kawasan baik itu manusia, hewan, maupun, tumbuhan, yang berada pada suatu tempat atau ruang tertentu.


Sedangkan dalam penelitian, populasi ini yaitu suatu wilayah generalisasi yang terdiri dari objek atau subjek yang mempunyai karakteristik dan jumlah tertentu untuk dipelajari dan diambil kesimpulannya.


Sehingga kita sanggup menyimpulkan bahwa pengertian dari populasi yaitu suatu himpunan objek (manusia, mahluk hidup lainnya, gejala, benda atau peristiwa) yang mempunyai karakteristik sama dan berada di tempat yang sama juga.


 


 


Pengertian Populasi Menurut Para Ahli


Agar lebih memahami apa arti populasi, maka kita sanggup merujuk pada pendapat beberapa hebat sebagai berikut ini :


 


1. Sugiyono


Populasi yaitu suatu wilayah yang sifatnya general atau umum yang terdiri dari subjek ataupun objek dengan karakteristik tertentu.


 


2. Suharsimi Arikunto


Populasi yaitu keseluruhan subjek penelitian atau jumlah keseluruhan dari suatu sampel yang merupakan suatu sumber data yang sangat penting.


 


3. Ismiyanto


Populasi yaitu keseluruhan subjek atau totalitas subjek penelitian yang sanggup berupa manusia, benda, suatu hal yang di dalamnya sanggup diperoleh dan sanggup memperlihatkan suatu isu (data) penelitian.


 


4. Margono S.


Populasi yaitu seluruh data yang menjadi sentra perhatian seorang peneliti dalam suatu ruang lingkup dan waktu yang telah ditentukan.


 


5. Hadari Nawawi


Populasi yaitu keseluruhan dari objek penelitian yang terdiri atas manusia, hewan, benda-benda, tumbuh-tumbuhan, peristiwa, gejala-gejala, ataupun nilai tes sebagai suatu sumber data yang mempunyai karaktersitik tertentu dalam suatu penelitian.


 


6. Mohammad Nazir


Populasi yaitu sekumpulan individu dengan kualitas dan abjad yang sudah ditetapkan oleh peneliti, dimana abjad tersebut akan dinamakan sebagai variabel.


 


 


Ciri – Ciri Populasi


Untuk mengenali suatu populasi, maka kita juga harus mengenali ciri-cirinya. Populasi ini mempunyai dua ciri, yaitu ciri-ciri biologi dan ciri-ciri statistik. Berikut ini klarifikasi ciri-ciri populasi yaitu :


 


1. Lingkup Biologi


Ini merupakan ciri-ciri yang terdapat pada sekumpulan individu yang membangun suatu populasi yang diantaranya yaitu :



  • Terdapat suatu organisasi dan struktur organisasi yang bersifat konstan maupun yang fluktuasi sesuai waktu.

  • Memiliki suatu sejarah kehidupan (ontogenetik) mulai dari lahir, tumbuh, berdiferensiasi, menjadi tua, dan mati.

  • Terpengaruh oleh dampak lingkungan dan sanggup merespon perubahan lingkungan.

  • Terdapat suatu hereditas di dalamnya.

  • Terintegrasi pada aneka macam faktor genetik dan ekologi (kemampuan adaptasi, reproduksi, dan persistensi).


 


2. Lingkup Statistik


Ini merupakan suatu ciri-ciri kelompok dan merupakan hasil penggabungan aneka macam karakteristik dari individu di dalam populasi yang diantaranya :



  • Kepadatan atau ukuran besarnya suatu populasi termasuk aneka macam parameter utama ini dipengaruhi oleh kelahiran dan kematian.

  • Sebaran suatu populasi dipengaruhi oleh persebaran suatu objek tertentu, kondisi iklim dan cuaca, struktur, dan umur objek tersebut.

  • Populasi ini juga dipengaruhi oleh komposisi genetik

  • Terdapat dispersi, yaitu suatu sebaran individu intra populasi.


 


 


Jenis – Jenis Populasi


Secara umum populasi ini sanggup diklasifikasikan dalam tiga jenis, yaitu menurut jumlah populasi, menurut sifat populasi, dan menurut perbedaan lain. Adapun klarifikasi jenis-jenis populasi ialah sebagai berikut :


 


1. Berdasarkan Jumlah Populasi



  • Populasi Terbatas yaitu suatu sumber data yang relatif sanggup dihitung jumlahnya alasannya yaitu batasannya terang secara kuantitatif. Contoh : Pada tahun 1985 terdapat tiga juta perempuan yang telah mengikuti aktivitas KB.

  • Populasi Tak Terbatas yaitu suatu sumber daya yang tidak sanggup dinyatakan dalam bentuk jumlah alasannya yaitu tidak terdapat jumlah batasan. Contoh : Seorang narapidana di Indonesia jumlahnya sangat banyak.


 


2. Berdasarkan Sifat Populasi



  • Populasi Homogen yaitu suatu populasi dimana unsurnya mempunyai sifat yang sama sehingga jumlahnya secara kuantitatif tidak perlu dipermasalahkan.

  • Populasi Heterogen yaitu suatu populasi dimana unsurnya terdapat sifat yang bervariasi sehingga harus ditetapkan batasan-batasan secara kuantitafi dan kualitatif.


 


3. Berdasarkan Perbedaan Lain



  • Populasi Target yaitu suatu jenis populasi yang telah ditentukan sesuai dengan problem penelitian.

  • Populasi Survey yaitu suatu jenis populasi yang terliput dalam penelitian yang dilaksanakan.


 


 


Faktor yang Mempengaruhi Populasi


Perubahan pada jumlah populasi yang terjadi biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mengacu pada pengertian populasi, adapun beberapa faktor yang sanggup mempengaruhinya yaitu sebagai berikut :


 


1. Natalitas


Natalitas yaitu suatu kemampuan suatu populasi untuk meningkatkan jumlahnya dengan bereproduksi. Pada umumnya, natalitasi ini dinyatakan dalam bentuk angka jumlah kelahiran individu gres dibagi dengan waktu.


Dalam suatu populasi terdapat dua jenis natalitas, yaitu sebagai berikut :



  • Natalitas Maksimum yaitu suatu angka kelahiran atau reproduksi maksimum dalam keadaan yang ideal dimana faktor fisiologis diabaikan.

  • Natalitas Ekologi yaitu suatu angka kelahiran atau pertambahan populasi alasannya yaitu kondisi lingkungan yang spesifik.


 


2. Mortalitas


Mortalitas yaitu suatu tingkat angka kematian individu di dalam suatu populasi dalam kurun waktu tertentu. Mortalitas sanggup dibagi dua, yaitu sebagai berikut :



  • Mortalitas Ekologi yaitu suatu angka kematian individu dalam populasi alasannya yaitu kondisi lingkungan tertentu.

  • Mortalitas Minimum yaitu suatu angka kematian individu dalam lingkungan yang ideal, atau kematian karean usia tua.


 


3. Densitas


Densitas yaitu suatu tingkat kepadatan populasi yang bekerjasama dengan satuan ruang atau area. Contohnya pada suatu tambah udang menghasilkan 2 ton udang per hektar.

Kepadatan populasi dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :



  • Kerapatan Kasar yaitu suatu jumlah kepadatan populasi per satuan ruang total.

  • Kerapatan Ekologi yaitu suatu jumlah kepadatan per satuan ruang habitat.


 


 


Contoh Populasi


Begitu banyak pola suatu populasi yang menempati kawasan tertentu. Berikut ini yaitu beberapa pola populasi sebagai berikut :



  • Populasi sapi

  • Populasi kuda

  • Populasi nyamuk

  • Populasi ayam

  • Populasi semut

  • Populasi jengkrik

  • Populasi tebu

  • Populasi jagung

  • Populasi kacang hijau

  • Populasi kelapa,dll


 Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan klarifikasi dari populasi √ Pengertian Populasi : Ciri, Jenis, Faktor  Contohnya [ TERLENGKAP ]


 Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan klarifikasi dari populasi √ Pengertian Populasi : Ciri, Jenis, Faktor  Contohnya [ TERLENGKAP ]


 Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan klarifikasi dari populasi √ Pengertian Populasi : Ciri, Jenis, Faktor  Contohnya [ TERLENGKAP ]


 Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan klarifikasi dari populasi √ Pengertian Populasi : Ciri, Jenis, Faktor  Contohnya [ TERLENGKAP ]


 Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan klarifikasi dari populasi √ Pengertian Populasi : Ciri, Jenis, Faktor  Contohnya [ TERLENGKAP ]


 


Demikianlah klarifikasi mengenai √ Pengertian Populasi : Ciri-Ciri, Jenis, dan Faktornya [ TERLENGKAP ]. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ Sel Hewan : Pengertian, Struktur & Fungsinya Terlengkap


Baca Juga :  √ Pengertian Adaptasi Fisiologi, Morfologi, Tingkah Laku beserta Contohnya Terlengkap


Baca Juga :  √ Pengertian Populasi : Ciri, Jenis, Faktor & Contohnya [ TERLENGKAP ]


Baca Juga :  √ Pengertian Populasi : Ciri, Jenis, Faktor & Contohnya [ TERLENGKAP ]



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pengertian Populasi : Ciri, Jenis, Faktor Misalnya [ Terlengkap ]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel