-->

iklan banner

✔ Pengertian & Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Pengertian & Ciri-Ciri Makhluk Hidup - Makhluk hidup yaitu struktur biologis yang merespon perubahan lingkungan atau dalam entitas sendiri. Pada kepingan ini kau akan mempelajari Pengertian Makhluk Hidup, ciri-ciri makhluk hidup.

Tuhan telah membuat beraneka ragam komponen biotik dan abiotik yang mengisi bumi. Komponen biotik mencakup aneka macam makhluk hidup.

Diperkirakan makhluk hidup yang menghuni bumi ini ada sekitar 100 juta jenis. Dari jumlah itu, gres sekitar 1,7 juta jenis yang telah diidentifikasi, diberi nama, dan diketahui manfaatnya.

Meskipun ukuran dan bentuk makhluk hidup sangat beraneka macam, semuanya mempunyai ciri-ciri yang sanggup membedakannya dengan makhluk tak hidup dan benda mati.

Selain itu semua makhluk hidup banyak sel (multiseluler) mempunyai sistem organisasi yang sama, yaitu sel-sel membentuk jaringan, jaringan-jaringan menyusun organ, dan organ-organ saling bekerja sama dalam suatu sistem organ.

Pengertian Makhluk Hidup

Pengertian ini menjadi sangat penting untuk mengetahui batasan suatu makhluk bisa dikatakan hidup.

Makhluk hidup atau organisme, yang dalam bahasa Yunani yaitu organon yang berarti alat yaitu kumpulan molekul-molekul yang saling memengaruhi sedemikian rupa sehingga sanggup berfungsi secara stabil dan mempunyai sifat hidup. Istilah organisme kompleks mengacu pada organisme yang mempunyai lebih dari satu sel.

Makhluk hidup adalah struktur biologis yang merespon perubahan lingkungan atau dalam entitas sendiri. Makhluk hidup mempunyai organisasi biokimia yang kompleks yang memungkinkan mereka untuk memproses zat dan memanfaatkan energi untuk merespon perubahan di sekitar mereka.


Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Manusia, hewan, dan flora yaitu makhluk hidup yang ada di bumi. Ukuran, bentuk, kebiasaan, tempat, dan cara hidup aneka macam makhluk hidup itu bermacam-macam.

Meskipun demikian semua makhluk hidup mempunyai ciri-ciri yang membedakan dengan makhluk tak hidup dan benda mati. Apasajakah ciri-ciri makhluk hidup?

Ciri-ciri makhluk hidup yaitu sebagai berikut.

1. Bernapas

Setiap ketika makhluk hidup selalu bernapas. Bernapas yaitu proses pengambilan oksigen dari udara bebas serta melepaskan karbon dioksida dan uap air. Oksigen dipakai untuk pembakaran zat kuliner yang disebut proses oksidasi biologis.

Proses oksidasi menghasilkan energi yang dipakai untuk aneka macam aktivitas. Sedangkan sisa oksidasi berupa karbon dioksida dan uap air dikeluarkan bersama udara yang dihembuskan ketika bernapas.

2. Memerlukan Makanan atau Nutrisi

Ciri makhluk hidup yang kedua yaitu memerlukan kuliner atau nutrisi. Kamu ketika merasa lapar akan berusaha mengatasi rasa lapar itu dengan makan.

Lalu bagaimana dengan binatang dan tumbuhan? Kalau kau mempunyai binatang peliharaan ibarat burung, ayam, dan anjing, kau tentu memberi makan binatang itu setiap hari.

Sebaliknya binatang liar berusaha memenuhi sendiri kebutuhan makannya. Hal ini menerangkan bahwa binatang memerlukan makanan.

3. Bergerak

Perhatikan makhluk hidup yang ada di sekitarmu. Manusia, hewan, dan flora semuanya melaksanakan gerakan. Gerak pada insan dan binatang gampang diamati.

Selain itu gerak pada insan dan binatang sanggup mengakibatkan berpindah tempat sehingga disebut gerak aktif.

4. Peka Terhadap Rangsangan (Iritabilitas)

Hewan dan insan mempunyai indera. Melalui indera inilah binatang dan insan mengetahui rangsangan dari lingkungannya. Tahukah kau indera pada manusia?

Manusia mempunyai lima indera pokok yang disebut panca indera, yaitu mata yang peka terhadap rangsangan cahaya, indera pendengaran peka terhadap rangsangan suara, hidung peka terhadap rangsang bau, pengecap peka terhadap rangsangan rasa, dan kulit yang peka terhadap rangsangan sentuhan, tekanan, panas, dingin, dan rasa sakit.

5. Adaptasi

Adaptasi yaitu kemampuan makhluk hidup untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan supaya sanggup bertahan hidup.

Contoh pembiasaan pada hewan yaitu terdapat aneka macam bentuk paruh dan kaki pada burung sesuai dengan jenis kuliner dan tempat hidupnya.
Contoh pembiasaan pada tumbuhan yaitu bentuk daun yang berbeda antara flora yang hidup di kawasan lembap, berair, dan kering.

Adaptasi juga sanggup berbentuk tingkah laku, contohnya kerbau berkubang ketika udara panas. Cobalah kau amati macam-macam bentuk pembiasaan pada binatang dan flora di lingkungan sekitarmu

6. Berkembang Biak (Reproduksi)

Berkembang biak yaitu menghasilkan keturunan. Kamu tentu tahu bahwa setiap makhluk hidup tidak sanggup hidup selamanya. Untuk melestarikan jenisnya maka makhluk hidup mempunyai kemampuan berkembang biak.

7. Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh merupakan perubahan ukuran badan akhir bertambahnya jumlah sel dan volume tubuh. Pertumbuhan bersifat ireversibel, artinya tidak sanggup kembali ke bentuk semula.

Misalnya dari tubuhmu yang bertambah tinggi dan tidak akan kembali menjadi pendek lagi. Sedangkan berkembang merupakan proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif.

Misalnya telur katak menetas menjadi berudu, kemudian menjadi katak berekor, katak muda, dan jadinya bermetamorfosis katak dewasa.

8. Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskresi)

Setiap makhluk hidup mengeluarkan zat sisa supaya tidak membahayakan dan meracuni tubuhnya. Alat ekskresi pada insan berupa paru-paru, kulit, ginjal, dan anus.

Paru-paru mengeluarkan zat sisa berupa karbon dioksida dan uap air. Kulit mengeluarkan zat sisa berupa keringat yang terdiri dari air, urea, dan garam.

Ginjal mengeluarkan zat sisa berupa urin yang terdiri dari air, garam, dan urea. Anus merupakan poros sistem pencernaan yang mengeluarkan zat sisa berupa tinja, air, dan garam.

Pengertian Makhluk Hidup, ciri-ciri makhluk hidup, Contoh pembiasaan pada hewan, Contoh pembiasaan pada tumbuhan, pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup, pembiasaan morfologi, pengertian ekosistem, pengertian lingkungan hidup, ciri makhluk hidup, makhluk hidup, tumpuan pembiasaan morfologi, pembagian terstruktur mengenai hewan, tumpuan pembiasaan fisiologi, pembiasaan tumbuhan, pembiasaan hewan, ciri ciri khusus hewan, pengertian pertumbuhan, tingkat organisasi kehidupan, pembiasaan morfologi pada hewan, keanekaragaman gen, ciri ciri makhluk hidup beserta gambarnya, biosfer, iritabilitas, pembiasaan morfologi pada tumbuhan, ciri khusus hewan, urutan takson, ciri khusus tumbuhan, taksonomi hewan, tingkat keanekaragaman hayati, pembiasaan fisiologi pada tumbuhan, tingkatan takson, pembiasaan fisiologi pada hewan, tumpuan pembiasaan fisiologi pada hewan, keanekaragaman ekosistem
Sumber http://ofteachers.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Pengertian & Ciri-Ciri Makhluk Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel