-->

iklan banner

✔ Kedelai Dan Manfaatnya

Jumpa lagi bersama adenalfi, pada kesempatan ini kami menghadirkan pokok pembahasan dari kacang kedelai.

Kedelai, atau kacang kedelai, yaitu salah satu tumbuhan polong-polongan yang menjadi materi dasar banyak masakan dari Asia Timur menyerupai kecap, tahu , dan tempe . Berdasarkan peninggalan arkeologi , tumbuhan ini telah dibudidayakan semenjak 3500 tahun yang kemudian di Asia Timur.
Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia.

Kedelai dibudidayakan di lahan sawah maupun lahan kering (ladang). Penanaman biasanya dilakukan pada final isu terkini penghujan , sehabis panen padi. Pengerjaan tanah biasanya minimal. Biji dimasukkan pribadi pada lubang-lubang yang dibuat. Biasanya berjarak 20–30 cm. Pemupukan dasar nitrogen dan fosfat diperlukan, namun sehabis tumbuhan tumbuh penambahan nitrogen tidak memperlihatkan laba apa pun. Lahan yang belum pernah ditanami kedelai dianjurkan diberi "starter" basil pengikat nitrogen Bradyrhizobium japonicum untuk membantu pertumbuhan tanaman. Penugalan tanah dilakukan pada dikala tumbuhan dewasa (fase vegetatif awal), sekaligus sebagai pencucian dari gulma dan tahap pemupukan fosfat kedua. Menjelang berbunga pemupukan kalium dianjurkan walaupun banyak petani yang mengabaikan untuk menghemat biaya.

Pemanfaatan utama kedelai yaitu dari biji. Biji kedelai kaya protein dan lemak serta beberapa materi gizi penting lain, contohnya vitamin (asam fitat) dan lesitin.

Olahan biji kedelai sanggup dibentuk menjadi:

  • tahu (tofu)
  • bermacam-macam saus
  • penyedap (seperti kecap, taosi dan tauco)
  • tempe
  • susu kedelai (baik bagi orang yang sensitif laktosa )
  • tepung kedelai
  • minyak (dari sini sanggup dibentuk sabun, plastik, kosmetik, resin, tinta, krayon, pelarut, dan biodiesel)
  • makanan ringan

Kedelai dianggap sebagai protein lengkap lantaran adanya jumlah asam amino esensial. Manfaat kedelai ditemukan pada negara-negara menyerupai China dan Jepang, di mana masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar prostat.

Berikut sejumlah manfaat kesehatan yang sanggup Anda peroleh dari kedelai :

   1. Antioksidan

Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon, di mana bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa ini bertanggung jawab untuk memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan proses tubuh yang normal.

   2. Mengurangi resiko penyakit jantung

Protein dan isoflavon hadir dalam kedelai, membantu dalam mengurangi kolesterol LDL (kolesterol "jahat") serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Hal ini pada gilirannya, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan, konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan ahad mengakibatkan penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata.

   3. Mencegah kanker

Isoflavon bertindak sebagai distributor antikanker yang melawan sel-sel kanker. Melindungi tubuh dari kanker hormon menyerupai itu dari rahim, payudara dan prostat.

   4. Membalikkan efek endometriosis

Kedelai membantu dalam menunda agresi estrogen alami tubuh, yang bertanggung jawab untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit selama periode menstruasi (perdarahan berat) dan tanda-tanda lainnya pada wanita.

   5. Mencegah osteoporosis

Protein kedelai membantu dalam perembesan yang lebih baik kalsium dalam tulang. Isoflavon yang hadir dalam masakan kedelai berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang dan menghambat kerusakan tulang yang pada gilirannya mencegah osteoporosis.

   6. Mengatasi tanda-tanda menopause

Kandungan isoflavon pada kedelai membantu untuk mengatur estrogen. Penelitian telah menemukan bahwa isoflavon kedelai sanggup mengurangi rasa panas pada tubuh (hot flushes) pada perempuan menopause.

   7. Memberi efek baik untuk diabetes dan sakit ginjal

Protein dan serat yang larut dalam kedelai, mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal, dengan demikian mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal.

   8. Menjaga berat badan

Kandungan serat yang tinggi pada kedelai sebagai alat untuk administrasi (mengatur) berat badan. Ini yaitu indeks glisemik rendah (GI) masakan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga sanggup membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan.

Demikianlah beberapa ulasan dari kami biar saja banyak manfaatnya.


Sumber http://adenalfi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Kedelai Dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel