Silabus Desain Grafis Smk Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun 2017
Desain grafis yakni salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memperlihatkan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa menyerupai ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang dipakai bisa berupa tipografi atau media lainnya menyerupai gambar atau fotografi.
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia (C2)
SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah : ………………………………………………………………………………….
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Mata Pelajara : Dasar Desain Grafis
Durasi (Waktu) : 144 JP @ 45 menit
Kelas/Semester : X /1 dan 2
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi perihal pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bab dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan kiprah spesifik, dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta menuntaskan persoalan sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja berdikari dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik dibawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menimbulkan gerak alami, hingga dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik dibawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | Alokasi Waktu (JP) | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang 4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang | 3.1.1 Menjelaskan unsur-unsur tata letak garis. 3.1.2 Menguraikan unsur-unsur warna 3.1.3 Mendeskripsikan tekstur dan ruang. 4.1.1 Menetapkan tata letak unsu-unsur garis. 4.1.2 Menetapkan tata letak unsur-unsur warna 4.1.3 Menatapkan tata letak unsur-unsur warna | · Unsur-unsur desain grafis dan prinsipnya: · Karakteristik, kegunaan, dan makna warna. · Warna sebagai representasi dari alam · Warna sebagai komunikasi, dan ekspresi. | | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan perihal unsur-unsur desain grafis. · Mengumpulkan data perihal tata letak unsur-unsur dalam desain grafis. · Mengolah data perihal tata letak unsur-unsur dalam desain grafis. · Mengomunikasikan perihal tata letak unsur-unsur dalam desain grafis. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
3.2 Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB 4.2 Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB. | 3.2.1 Menguraikan fungsi warna CMYK dan RGB 3.2.2 Membandingkan warna CMYK dengan RGB 4.2.1 Melakukan kombinasi warna CMYK dan RGB. 4.2.2 Menunjukkan penempatan warna sesuai fungsi. | · Fungsi warna CMYK dan RGB. · Persamaan dan perbedaan warna CMYK dengan RGB. · Kombinasi warna CMYK dngan RGB | | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan perihal unsur warna CMYK dan RGB. · Mengumpulkan data perihal fungsi unsur warna CMYK dan RGB. · Mengolah data perihal fungsi unsur warna CMYK dan RGB. · Mengomunikasikan perihal fungsi unsur warna CMYK dan RGB. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
3.3 Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis 4.3 4.3 Menerapkan hasil prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis | 3.3.1 Menjelaskan prinsip tata letak desain. 3.3.2 Menguraikan prinsip desain 4.3.1 Mengintegrasikan perinsip ke dalam desain. 4.3.2 Menunjukkan desain sesuai prinsip. | · kesatuan (Unity) and keselarasan (harmony) · Keseimbangan (Balance) · Proporsi (Proportion) · Irama (Rhythm) · Penekanan/ fokus dan emphasis · Contrast dan variety. · Repetisi (Repetition) | | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan perihal prinsip tata letak. · Mengumpulkan data perihal prinsip tata letak desain. · Mengolah data perihal prinsip tata letak desain. · Mengomunikasikan perihal prinsip tata letak desain. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
3.4 Mendiskusikan banyak sekali format gambar 4.4 4.4 Menempatkan membuatkan format gambar | 3.4.1 Menjelaskan format gambar. 3.4.2 Menguraikan banyak sekali format. 4.4.1 Membandingkan format gambar. 4.4.2 Menyimpan gambar dengan format pilihan. | · Macam-macam format gambar. · Fungsi dan manfaat format gambar. · Perbedaan fungsi setiap format. | | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan perihal format gambar. · Mengumpulkan data perihal berbagai format gambar. · Mengolah data perihal berbagai format gambar. · Mengomunikasikan perihal berbagai format gambar. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
3.5 Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain 4.5 Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain | 3.5.1 Menjelaskan fungsi scanning. 3.5.2 Menguraikan mekanisme scanning. 4.5.1 Memilih gambar untuk discan. 4.5.2 Menunjukkan hasil scanning. | · Jenis-jenis scanner. · Langkah-langkah scanning. · Kelebihan dan kekurangan proses scanning. | | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan perihal scanning. · Mengumpulkan data perihal prosedur scanning. · Mengolah data perihal prosedur scanning. · Mengomunikasikan perihal prosedur scanning. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
3.6 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar vektor 4.6 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor | 3.6.1 Menjelaskan fungsi fitur-fitur pengolah gambar vektor. 3.6.2 Membandingkan gambar menurut fitur. 4.6.1 Mengintegrasikan fitur dalam menolah gambar vektor. 4.6.2 Menunjukkan gambar vektor hasil pengolahan. | · Perangkat lunak pengolah gambar. · Mengolah gambar vektor dengan perangkat lunak. | | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan perihal pengolah gambar vektor. · Mengumpulkan data perihal perangkat lunak pengolah gambar vektor. · Mengolah data perihal perangkat lunak pengolah gambar vektor. · Mengomunikasikan perihal perangkat lunak pengolah gambar vektor. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
3.7 Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan memakai fitur efek 4.7 Memanipulasi gambar vektor dengan memakai fitur efek | 3.7.1 Menjelaskan fungsi manifulasi gambar vektor. 3.7.2 Mengintegrasikan imbas fitur manipulasi pada gambar. 4.7.1 Membandingkan imbas manipulasi pada gambar. 4.7.2 Menunjukkan gambar hasil manipulasi. | · Manfaat manipulasi gambar vektor. · Teknik memanipulasi gambar vektor. | | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan perihal manipulasi gambar. · Mengumpulkan data perihal efek manipulasi gambar. · Mengolah data perihal efek manipulasi gambar. · Mengomunikasikan perihal efek manipulasi gambar. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor 4.8 Membuat desain berbasis gambar vektor | 3.8.1 Menguraikan desain gambar berbasis vektor. 3.8.2 Mengintegrasikan desain gambar berbasis vektor. 4.8.1 Mensketsa desain gambar. 4.8.2 Menunjukkan desain gambar berbasis vektor. | · Pembuatan gambar berbasis vektor. · Mengedit gambar berbasis vektor. | | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan perihal desain gambar. · Mengumpulkan data perihal desain gambar berbasis vektor. · Mengolah data perihal desain gambar berbasis vektor. · Mengomunikasikan perihal desain gambar berbasis vektor. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
3.9 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster) 4.9 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster) | 3.9.1 Menjelaskan fungsi fitur-fitur pengolah gambar bitmap. 3.9.2 Membandingkan gambar menurut fitur. 4.9.1 Mengintegrasikan fitur dalam menolah gambar vector. 4.9.2 Menunjukkan gambar vector hasil pengolahan. | · Perangkat lunak pengolah gambar. · Mengolah gambar bitmap dengan perangkat lunak. | | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan perihal pengolah gambar bitmap. · Mengumpulkan data perihal perangkat lunak pengolah gambar bitmap. · Mengolah data perihal perangkat lunak pengolah gambar bitmap. · Mengomunikasikan perihal perangkat lunak pengolah gambar bitmap. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
3.10 Menerapkan manipulasi gambar raster dengan memakai fitur efek 4.10 Memanipulasi gambar raster dengan memakai fitur efek | 3.10.1 Menjelaskan fungsi manifulasi gambar bitmap. 3.10.2 Mengintegrasikan imbas fitur manipulasi pada gambar. 4.10.1 Membandingkan imbas manipulasi pada gambar. 4.10.2 Menunjukkan gambar hasil manipulasi. | · Manfaat manipulasi gambar bitmap. · Teknik memanipulasi gambar bitmap. | | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan perihal manipulasi gambar. · Mengumpulkan data perihal efek manipulasi gambar. · Mengolah data perihal efek manipulasi gambar. · Mengomunikasikan perihal efek manipulasi gambar. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
3.11 Menerapkan desain berbasis gambar bitmap (raster) 4.11 4.11 Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster) | 3.11.1 Menguraikan desain gambar berbasis bitmap. 3.11.2 Mengintegrasikan desain gambar berbasis bitmap. 4.11.1 Mensketsa desain gambar. 4.11.2 Menunjukkan desain gambar berbasis bitmap. | · Pembuatan gambar berbasis bitmap. · Mengedit gambar berbasis bitmap. | | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan perihal desain gambar. · Mengumpulkan data perihal desain gambar berbasis bitmap. · Mengolah data perihal desain gambar berbasis bitmap. · Mengomunikasikan perihal desain gambar berbasis bitmap. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
3.12 Mengevaluasi penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster) 4.12 Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster) | 3.12.1 Menguraikan karakteristik penggabungan gambar vektor dan bitmap 3.12.2 Menyusun kriteria penilaian 4.12.1 Melakukan penilaian terhadap penggabungan gambar vektor dan bitmap 4.12.2 Menyusun laporan penilaian | · Karakteristik penggabungan gambar vektor dan bitmap · Kriteria penilaian penggabungan gambar vektor dan bitmap · Menyusun laporan penilaian. | | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan persoalan perihal penilaian gambar. · Mengumpulkan data perihal penilaian adonan gambar vektor dan bitmap. · Mengolah data perihal penilaian adonan gambar vektor dan bitmap. · Mengomunikasikan perihal penilaian adonan gambar vektor dan bitmap. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
Sumber http://kamusedukasi.blogspot.com
0 Response to "Silabus Desain Grafis Smk Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun 2017"
Posting Komentar