Kisi-Kisi Soal & Kartu Soal Hots Fisika Kelas 11 Kurikulum 2013
KARTU SOAL
Mata Pelajaran | : | FISIKA |
Kelas/Semester | : | XI/1 |
Kurikulum | : | 2013 |
Kompetensi Dasar | : | 3.11 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa. |
Materi | : | Mata dan beling mata. |
Indikator Soal | : | Disajikan gambar salah satu cacat mata dan data titik dekatnya, siswa sanggup menganalisis gambar dan data tersebut untuk memilih jarak benda dari mata |
Level Kognitif | : | Penalaran |
Soal:
1. Berikut ini disajikan gambar perjalanan sinar pada mata.
Budi dan Andi menderita cacat mata menyerupai gambar.Budi ingin meminjam beling mata Andi. Budi sanggup membaca tanpa kacamata pada jarak 100 cm sedangkan Andi bisa membaca tanpa kacamata pada jarak 50 cm. Agar sanggup membaca buku dengan jelas, Budi bermaksud meminjam kacamata Andi. Pada jarak berapakah Budi harus meletakkan buku tersebut supaya sanggup membaca dengan terperinci menggunakan kacamata Andi?
A. 25 cm
B. 30 cm
C. 33 cm
D. 40 cm
E. 50 cm
Kunci/Pedoman Penskoran: C
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena:
ü Stimulus yang disajikan kontekstual dan menarik (baru, belum pernah dimuat dalam buku- buku atau kumpulan soal sebelumnya).
ü Untuk menjawab soal di atas, siswa harus memahami konsep miopi dan hipermetropi menurut sinar yang jatuh ke mata sesuai gambar yang diberikan.Selanjutnya siswa harus menganalisis konsep memilih kekuatan kacamata yg harus dipakai pada seseorang yang menderita cacat mata, sehinggaakhirnya siswa sanggup memilih jarak buku harus diletakkan supaya terbaca dengan jelas.
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA/URAIAN
Nama Pengembang | : | |
Mata Pelajaran | : | Fisika |
Kls/Prog/Peminatan | : | 11 |
No. | Aspek yang ditelaah | Butir Soal | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
A. 1. | Materi Soal menggunakan stimulus yang menarik (baru, mendorong peserta didik untuk membaca). | | | | | |
2. | Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)* | | | | | |
3. | Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta) yang dalam penyelesaiannya dicirikan dengan salah satu atau lebih tahapan proses berpikir berikut: · Transfer satu konsep ke konsep lainnya · Memproses dan menerapkan informasi · Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda · Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah · Menelaah ide dan informasi secara kritis | | | | | |
4. | Jawaban tersirat pada stimulus. | | | | | |
*) Khusus mata pelajaran bahasa dapat menggunakan teks yang tidak kontekstual (fiksi, karangan, dan sejenisnya).
**) Pada kolom nomor soal diisikan tanda silang (X) bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
................., ..............................
Penelaah
...........................................
NIP.
FORMAT KISI-KISI SOAL HOTS
Mata Pelajaran : .................................................
No. | Kompetensi Dasar | Materi | Kelas/ Semester | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | No. Soal |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
...................., ...........
Mengetahui Koordinator MGM
Kepala Sekolah Menengan Atas
................... .....................
NIP. NIP
Sumber http://kamusedukasi.blogspot.com
0 Response to "Kisi-Kisi Soal & Kartu Soal Hots Fisika Kelas 11 Kurikulum 2013"
Posting Komentar