Ki-Kd Matematika Sma Kurikulum 2013 (Permendikbud No 24 Tahun 2016)
KI-KD Matematika Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Permendikbud No 24 Tahun 2016)
Matematika merupakan ilmu universal yang berkhasiat bagi kehidupan insan dan juga mendasari perkembangan teknologi modern, serta mempunyai tugas penting dalam banyak sekali disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi cukup umur ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan, diharapkan penguasaan dan pemahaman atas matematika yang besar lengan berkuasa semenjak dini.
NRC (National Research Council, 1989) dari Amerika Serikat telah menyatakan pentingnya Matematika dengan pernyataan berikut: “Mathematics is the key to opportunity.” Matematika ialah kunci kearah peluang-peluang. Bagi seorang siswa keberhasilan mempelajarinya akan membuka pintu karir yang cemerlang. Bagi para warga negara, matematika akan menunjang pengambilan keputusan yang tepat. Bagi suatu negara, matematika akan menyiapkan warganya untuk bersaing dan berkompetisi di bidang ekonomi dan teknologi.
Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua penerima didik mulai dari sekolah dasar, untuk membekali penerima didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, inovatif dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diharapkan semoga penerima didik sanggup mempunyai kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk hidup lebih baik pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan sangat kompetitif. Dalam melakukan pembelajaran matematika, diharapkan bahwa penerima didik harus sanggup mencicipi kegunaan berguru matematika.
Kompetensi merupakan seperangkat sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai sehabis mempelajari suatu muatan pembelajaran, menamatkan suatu program, atau menuntaskan satuan pendidikan tertentu. Berdasarkan analisis kebutuhan, potensi, dan karakteristik social, ekonomi, dan budaya daerah, maka pemerintah perlu merumuskan dan menetapkan standar kompetensi lulusan (SKL) sebagai kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. SKL nantinya dipakai sebagai contoh utama pengembangan standar isi, standar proses, standarpenilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standarsarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.
Ada banyak sekali aktivitas persiapan yang wajib dilakukan guru sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku acuan untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber berguru yang relevan, dan memilih langkah-langkah pembelajaran, hingga dengan menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif ibarat yang diyakini sebagian guru, melainkan aktivitas yang menempel pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, aktivitas perencanaan selalu mendahului aktivitas pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP sanggup dilakukan oleh guru secara berdikari maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP ialah silabus dan standar isi.
Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sebagai langkah awal dari proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan semoga pembelajaran sanggup berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan efisien dalam rangka membuatkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi. RPP disusun menurut serangkaian KD yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Penyusunan RPP ini dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.
Kompetensi dasar (KD) merupakan pembagian terstruktur mengenai dari komponen yang ada didalam Kompetensi Inti (KI), yang berisi banyak sekali bahan pembelajaran yang secara pribadi akan sanggup diterapkan guru di sekolah. KD dipakai sebagai dasar untuk menyusun indikator dan tujuan pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Indikator dan tujuan pembelajaran merupakan komponen yang harus ada dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Bagi anda yang sedang mencari atau membutuhkan KI-KD Matematika Sekolah Menengan Atas Kelas 10, 11 dan 12 Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan d0wnl0ad Pada Link yang telah tersedia dibawah ini
Sumber http://kamusedukasi.blogspot.com
0 Response to "Ki-Kd Matematika Sma Kurikulum 2013 (Permendikbud No 24 Tahun 2016)"
Posting Komentar