Download Rpp Pkn Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download RPP PKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pelaksanaan pembelajaran sanggup berjalan dengan baik apabila guru merencanakannya dengan baik. Perencanaan pembelajaran ini dikenal dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP. Apabila guru menyusun RPP lengkap dan sistematis, maka pembelajaran sanggup berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana diperlukan pada Standar Proses.
Setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis. Di samping RPP, guru juga harus menyiapkan media dan sumber belajar, serta evaluasi pembelajaran yang dikembangkan baik secara individual maupun kelompok.
RPP merupakan taught curriculum yang berarti bahwa apa yang dirancang dalam kurikulum harus tertuang dalam RPP untuk mencapai hasil mencar ilmu siswa atau learned curriculum yang merupakan hasil eksklusif dari pengalaman mencar ilmu yang dirancangkan dalam RPP. Agar impian ini sanggup tercapai dengan baik, maka guru harus menyusun perencanaan pembelajaran lengkap dan sistematis termasuk penilaiannya.
Prinsip-prinsip penyusunan RPP sebagai berikut.
- Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
- Partisipasi aktif siswa.
- Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk berbagi kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan kegiatan dukungan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi
Langkah penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Mengkaji silabus (dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka silabus dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada Permendikbud tersebut) (lihat Panduan Pengembangan Silabus).
- Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD dalam rangka merumuskan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan planning evaluasi sesuai dengan muatan KD. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4 (lihat Panduan Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD)
- Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan. Penentuan ini menurut hasil analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan diadaptasi dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan.
- Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan menurut KD dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Menyusun materi pembelajaran. Materi pembelajaran sanggup berasal dari buku teks pelajaran, buku panduan guru, sumber mencar ilmu lain berupa muatan lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran ini lalu dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
- Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai.
- Menentukan media, alat, bahan yang dipakai dalam proses pembelajaran.
- Memastikan sumber mencar ilmu yang dijadikan rujukan yang akan dipakai dalam langkah pembagian terstruktur mengenai proses pembelajaran.
- Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).
- Mengembangkan evaluasi proses dan hasil mencar ilmu meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran
Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Terintegrasi dengan pembelajaran:
- Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Literasi; keterampilan era 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
- HOTS (Higher Order Thinking Skill)
- RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru Tahun 2017 (Permendikbud nomor 24 tahun 2016)
- IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
- IPK disusun memakai kata kerja opresional yang sanggup diukur/dilakukan evaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
- IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
- IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abnormal dan/atau ketrampilan konkret
- RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran.
- Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Mata Pelajaran PPKn diharapkan dapat berfungsi sebagai wahana bagi siswa untuk menumbuhkembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari – hari
Pembelajaran PPKn dirancang sebagai wahana untuk mengembangkan keterampilan era ke-21 (The 21st Century Skills) agar para guru PPKn menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola dan mengembangkan pembelajarannya. Silabus PPKn disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana agar mudah dipahami dan dilaksanakan guru dengan tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Prinsip penyusunan silabus antara lain mudah diajarkan/dikelola oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapaiannya (measurable assessable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
Peta Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013
- Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
- Makna, kedudukan dan fungsi undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem aturan nasional
- Tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem aturan nasional nasional di Indonesia
- Makna dan arti kebangkitan nasional 1908 dalam usaha kemerdekaan Republik Indonesia
- Nilai dan semangat sumpah cowok tahun 1928 dalam bingkai bhinneka tunggal ika
- Semangat dan kesepakatan kebangsaan kolektif untuk memperkuat negara kesatuan republik indonesia dalam kontek kehidupan siswa
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun sebagai materi pola dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk menjamin pencapaian kompetensi yang harus dikuasai siswa. Kegiatan pembelajaran harus sanggup berbagi potensi siswa sehingga mencapai perkembangan yang seimbang antara kebutuhan fisik, psikis, dan spritual yang meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
0 Response to "Download Rpp Pkn Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar