-->

iklan banner

Download Rpp Matematika Smp/Mts Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017/2018

Pelaksanaan pembelajaran sanggup berjalan dengan baik apabila guru merencanakannya dengan baik. Perencanaan pembelajaran ini dikenal dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP. Apabila guru menyusun RPP lengkap dan sistematis,  maka pembelajaran sanggup berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta menawarkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana diperlukan pada Standar Proses.

Setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis. Di samping RPP, guru juga harus menyiapkan media dan sumber belajar, serta evaluasi pembelajaran yang dikembangkan baik secara individual maupun kelompok.
RPP merupakan taught curriculum yang berarti bahwa apa yang dirancang dalam kurikulum harus tertuang dalam RPP untuk mencapai hasil mencar ilmu siswa atau learned curriculum yang merupakan hasil pribadi dari pengalaman mencar ilmu yang dirancangkan dalam RPP. Agar impian ini sanggup tercapai dengan baik, maka guru harus menyusun perencanaan pembelajaran lengkap dan sistematis termasuk penilaiannya.

Prinsip-prinsip penyusunan RPP sebagai berikut. 
  • Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual,  bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa. 
  • Partisipasi aktif siswa.
  • Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat,  kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
  • Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk  berbagi kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
  • Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan jadwal derma umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. 
  • Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar. 
  • Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.  
  • Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi 
Langkah penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • Mengkaji silabus (dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka silabus      dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada Permendikbud tersebut) (lihat Panduan Pengembangan Silabus).
  • Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD dalam rangka merumuskan IPK, materi pembelajaran, acara pembelajaran, dan planning evaluasi sesuai dengan muatan  KD. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4 (lihat Panduan Analisis  Keterkaitan SKL, KI, dan KD)
  • Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan. Penentuan ini menurut hasil analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan diubahsuaikan dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan.
  • Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan menurut KD dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur yang      mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Menyusun materi pembelajaran. Materi pembelajaran sanggup berasal dari buku teks  pelajaran, buku panduan guru, sumber mencar ilmu lain berupa muatan lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran ini kemudian dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
  • Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai.
  • Menentukan  media,  alat,  bahan  yang dipakai dalam proses pembelajaran. 
  • Memastikan sumber  mencar ilmu yang dijadikan rujukan yang akan dipakai dalam langkah pembagian terstruktur mengenai proses pembelajaran.
  • Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).
  • Mengembangkan evaluasi proses dan hasil mencar ilmu meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran
Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
  1. RPP Terintegrasi dengan pembelajaran:
    • Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
    • Literasi; keterampilan kala 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
    • HOTS (Higher Order Thinking Skill)
  2. RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru Tahun 2017 (Permendikbud nomor 24 tahun 2016)
  3. IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
  4. IPK disusun memakai kata kerja opresional yang sanggup diukur/dilakukan evaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
  5. IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
  6. IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abnormal dan/atau ketrampilan konkret
  7. RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  8. Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu yang diubahsuaikan dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran.
  9. Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Pendidikan matematika di sekolah diperlukan menawarkan bantuan dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah melalui pengalaman belajar, semoga mampu:
  1. memahami konsep dan menerapkan mekanisme matematika dalam kehidupan sehari- hari;
  2. melakukan operasi matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada;
  3. melakukan daypikir matematis yang meliputi menciptakan generalisasi menurut pola, fakta, fenomena atau data yang ada, menciptakan dugaan dan memverifikasinya;
  4. memecahkan duduk kasus dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah;
  5. menumbuhkan perilaku positif menyerupai perilaku logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak gampang mengalah dalam memecahkan masalah.
Pengembangan kompetensi matematika diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun penalaran, komunikasi, dan pemecahan duduk kasus (problem solving). Selain itu, pengembangan kompetensi matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan memakai perangkat teknologi untuk melaksanakan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta pengembangan nilai, norma dan adab (soft skill).

Adapun ruang lingkup Matematika SMP/MTs mencakup:
  1. Bilangan,
  2. Aljabar,
  3. Geometri dan pengukuran,
  4. Statistika dan peluang.
Berikut ini yaitu materi pokok yang terdapat pada mata pelajaran Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas 9 Kurikulum 2013

Baca Juga

Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
Bilangan berpangkat bilangan bundar (bilangan berpangkat bundar positif, sifat-sifat operasi bilangan berpangkat, sifat perpangkatan bilangan berpangkat)
Bilangan berpangkat bundar negatif dan nol (bilangan berpangkat bundar negatif, bilangan berpangkat nol Bentuk akar
Merasionalkan bentuk akar

Persamaan kuadrat
Pemfaktoran persamaan kuadrat
Akar persamaan kuadrat
Penyelesaian persamaan kuadrat
Pemecahan duduk kasus yang melibatkan persamaan kuadrat

Fungsi Kuadrat
Fungsi kuadrat dengan tabel, grafik, dan persamaan
Sifat-sifat fungsi kuadrat
Nilai maksimum
Nilai minimum
Pemecahan duduk kasus melibatkan sifat-sifat fungsi kuadrat

Transformasi
Translasi
Refleksi
Rotasi (perputaran)
Dilatasi

Kesebangunan dan Kekongruenan
Kesebangunan dua berdiri datar
Segitiga-segitiga sebangun
Segitiga-segitiga kongruen
Pemecahan duduk kasus yang melibatkan kesebangunan dan kekongruenan

Bangun Ruang Sisi Lengkung
Tabung
Kerucut
Bola
Luas permukaan: tabung,  kerucut, dan bola
Volume: tabung, kerucut dan bola
Download RPP Matematika SMP/Mts Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017/2018


Sumber http://kamusedukasi.blogspot.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Download Rpp Matematika Smp/Mts Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017/2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel