Download Rpp Matematika Smp/Mts Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017/2018
Pelaksanaan pembelajaran sanggup berjalan dengan baik apabila guru merencanakannya dengan baik. Perencanaan pembelajaran ini dikenal dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP. Apabila guru menyusun RPP lengkap dan sistematis, maka pembelajaran sanggup berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana dibutuhkan pada Standar Proses.
Setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis. Di samping RPP, guru juga harus menyiapkan media dan sumber belajar, serta evaluasi pembelajaran yang dikembangkan baik secara individual maupun kelompok.
RPP merupakan taught curriculum yang berarti bahwa apa yang dirancang dalam kurikulum harus tertuang dalam RPP untuk mencapai hasil mencar ilmu siswa atau learned curriculum yang merupakan hasil pribadi dari pengalaman mencar ilmu yang dirancangkan dalam RPP. Agar impian ini sanggup tercapai dengan baik, maka guru harus menyusun perencanaan pembelajaran lengkap dan sistematis termasuk penilaiannya.
Prinsip-prinsip penyusunan RPP sebagai berikut.
- Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
- Partisipasi aktif siswa.
- Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan kegiatan proteksi umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi
Langkah penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Mengkaji silabus (dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka silabus dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada Permendikbud tersebut) (lihat Panduan Pengembangan Silabus).
- Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD dalam rangka merumuskan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan planning evaluasi sesuai dengan muatan KD. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4 (lihat Panduan Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD)
- Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan. Penentuan ini menurut hasil analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan diubahsuaikan dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan.
- Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan menurut KD dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Menyusun materi pembelajaran. Materi pembelajaran sanggup berasal dari buku teks pelajaran, buku panduan guru, sumber mencar ilmu lain berupa muatan lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran ini kemudian dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
- Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai.
- Menentukan media, alat, bahan yang dipakai dalam proses pembelajaran.
- Memastikan sumber mencar ilmu yang dijadikan acuan yang akan dipakai dalam langkah pembagian terstruktur mengenai proses pembelajaran.
- Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).
- Mengembangkan evaluasi proses dan hasil mencar ilmu meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran
Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Terintegrasi dengan pembelajaran:
- Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Literasi; keterampilan kurun 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
- HOTS (Higher Order Thinking Skill)
- RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru Tahun 2017 (Permendikbud nomor 24 tahun 2016)
- IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
- IPK disusun memakai kata kerja opresional yang sanggup diukur/dilakukan evaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
- IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
- IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan aneh dan/atau ketrampilan konkret
- RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran.
- Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Pendidikan matematika di sekolah dibutuhkan memperlihatkan bantuan dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah melalui pengalaman belajar, biar mampu:
- memahami konsep dan menerapkan mekanisme matematika dalam kehidupan sehari- hari;
- melakukan operasi matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada;
- melakukan daypikir matematis yang meliputi menciptakan generalisasi menurut pola, fakta, fenomena atau data yang ada, menciptakan dugaan dan memverifikasinya;
- memecahkan dilema dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah;
- menumbuhkan perilaku positif menyerupai perilaku logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak gampang mengalah dalam memecahkan masalah.
Pengembangan kompetensi matematika diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun penalaran, komunikasi, dan pemecahan dilema (problem solving). Selain itu, pengembangan kompetensi matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan memakai perangkat teknologi untuk melaksanakan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta pengembangan nilai, norma dan adat (soft skill).
Adapun ruang lingkup Matematika SMP/MTs mencakup:
- Bilangan,
- Aljabar,
- Geometri dan pengukuran,
- Statistika dan peluang.
Berikut ini yaitu materi pokok yang terdapat pada mata pelajaran Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas 8 Kurikulum 2013
Pola Bilangan
Pola konfigurasi objek
Bidang Kartesius
Koordinat suatu titik pada koordinat Kartesius
Posisi titik terhadap titik lain pada koordinat Kartesius
Relasi dan Fungsi
Relasi
Fungsi atau pemetaan
Ciri-ciri korelasi dan fungsi
Rumus fungsi
Grafik fungsi
Persamaan Garis Lurus
Kemiringan
Persamaan garis lurus
Titik potong garis
Kedudukan dua garis
Persamaan Linear Dua Variabel
Penyelesaian persamaan linear dua variabel
Model dan sistem persamaan linear dua variabel
Teorema Pythagoras
Hubungan antar panjang sisi pada segitiga siku-siku
Pemecahan dilema yang melibatkan teorema Pythagoras
Lingkaran
Unsur-unsur lingkaran
Hubungan sudut sentra dengan sudut keliling
Panjang busur
Luas juring
Garis singgung komplotan dalam dua lingkaran
Garis singgung komplotan luar dua lingkaran
Bangun Ruang Sisi Datar
Kubus, balok, prisma, dan limas
Jaring-jaring:
kubus, balok, prisma, dan limas
Luas permukaan: kubus, balok, prisma, dan limas
Volume: kubus, balok, prisma, dan limas
Menaksir volume bangkit ruang tak beraturan
Statistika:
Rata-rata, median, dan modus
Mengambil keputusan menurut analisis data
Membuat prediksi menurut analisis data
Peluang
Titik sampel
Ruang sampel
Kejadian
Peluang empirik
Peluang teoretik
Hubungan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
Sumber http://kamusedukasi.blogspot.com
0 Response to "Download Rpp Matematika Smp/Mts Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017/2018"
Posting Komentar